Halaman

My Alexa

Rabu, 10 Juni 2015

Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam..

Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam.. - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam.., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel lontong, Artikel Sayur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam..
link : Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam..

Baca juga


Sayur Kohlrabi, gantinya Labu Siam..

Bismillah..
Yuhuuu...greeting from our homeland..! Alhamdulillah kami udah kembali ke tanah air.. Sejenak lupa sama acara masak-memasak, karena dimanjakan dengan masakan ibu mertua tertjintah, sampe-sampe keenakan dan lupa nikmatnya masak sendiri heheu... Dan imbasnya adalah blog masak pun makin terbengkalai, wkwkw..
Tapi seminggu ini udah rusuh di dapur lagi nih. Alhamdulillaaah... seneng banget, karena ternyata sayah sudah kangen berat acak-acak dapur. Meski rumah masih berantakaaan, kardus-kardus kiriman masih berdatangan, perlengkapan perang di dapur juga belom lengkap, tapi di kepala udah berseliweran resep-resep masakan dan cemilan yang pengen dicobain. Teteeup yah, wkwkwk..

Okeh, mari sekarang bicara resep. Sayur Kohlrabi ini sebenarnya saya masak pas masih di Belgia dulu. Uwooww, basi banget yak, hahah..
Tapi tetep wajib tayang. Kenapaa? Karena labu siam itu langka dan mihiiiil di negara bule sodara-sodara. Sedangkan masakan Indonesa yang nikmat-nikmat itu kan banyak banget yang pake labu siam. Mulai dari sayur asem, sayur lodeh, campuran siomay agar empuk, sampe lontong sayur kaya gini. Trus apa harus puasa makan yang enak-enak tadi? Alhamdulillah ngga yaa, pan ada Kohlrabi. Sayur kohlrabi ini lumrah di negeri empat musim, banyak ditemui di grocery store maupun di pasar. Termasuk jenis kol, dan biasa dijadikan salah satu bahan salad. Bentuknya kaya di bawah ini..

Sekilas dilihat kayanya berkulit tipis macem bengkoang, tapi ternyata kulitnya lumayan tebal. Teksturnya sendiri menurut saya juga mirip bengkoang saat mentah, tapi kalo mateng emang bener-bener mirip labu siam. Sayang banget saya telat banget kenal si kohlrabi ini. Tau gitu dari duluuu yak, mbikin lontong sayur pake kohlrabi :D
Btw ini saya lupa kenapa si lontong ga ikut kepoto.. Entah udah abis duluan apa belom mateng, heheu. Tapi dulu pernah saya posting resep lontong dimarih. Monggo diubek-ubek yah..

iishh.. kurang tajeem :( tapi teteup aja nampang, wkwkwk..
Sayur Kohlrabi/Sayur Labu Siam

Bahan
4 buah kohlrabi, potong korek api
100 gr udang kupas, cincang kasar
1 liter santan
1 batang sereh, keprek/memarkan
2 cm lengkuas, keprek /memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk

Bumbu halus
6 bawang merah
3 bawang putih
4 cabe merah besar (tambahkan rawit jika mau pedas)
3 butir kemiri, sangrai
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt terasi matang

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus bersama sereh, daun salam dan lengkuas serta daun jeruk hingga wangi dan matang. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan santan, didihkan sambil sesekali diaduk
2. Setelah mendidih, masukkan sayur kohlrabi. Tambahkan gula garam sesuai selera. Masak hingga sayuran matang. Cicipi, angkat

Taburi dengan bawang goreng dan sajikan dengan lontong. Mantaaab..

Selamat mencoba :)




0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami