Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Rabu, 29 Juni 2016

RESEP STEAK TEMPE SAUS NIKMAT SEDERHANA

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA TAHU TEMPE, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP STEAK TEMPE SAUS NIKMAT SEDERHANA
link : RESEP STEAK TEMPE SAUS NIKMAT SEDERHANA

Baca juga


Juni 2016

Resep Steak Tempe Saus Nikmat Sederhana
Variasi cara memasak tempe rumahan kali ini adalah resep steak tempe sederhana yang enaknya berasa daging meski tanpa daging, beserta siraman saus kental dari racikan saus tomat beserta kombinasi aneka bumbu praktis.
Cara Membuat Steak Tempe
Ada 2 cara dalam membuat steak tempe yang biasa kita olah di rumah, kali ini mengunakan tepung roti dimana nantinya digoreng dengan sedikit minyak sehingga ada sensasi krenyes. Bisa juga tanpa tepung roti, nantinya dapat dimasak dengan cara dipanggang agar lebih beraroma.

Kedua cara yang jelas sama-sama enak, selain tepung roti bahan dan cara membuatnya juga tetap sama, namun bisa menambah variasi dan cita rasa, apalagi jika anda memiliki banyak kreasi resep untuk sausnya tentu semakin beragam pula pilihan variasi steak tempe yang dapat dihidangkan.

RESEP STEAK TEMPE

  • 500 gram tempe
  • 1 buah bawang bombay, kupas & potong dadu
  • 5 sdm tepung roti/panir kasar
  • minyak untuk menggoreng
  • 1 butir telur dikocok lepas dan tepung roti kasar secukupnya untuk pelapis
  • wortel rebus, buncis rebus dan kentang goreng atau seuai selera untuk pelengkap
Bumbu halus :
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt pala
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt merica/lada butir
Bahan saus :
  • 3 sdm saus tiram
  • 6 sdm kecap manis
  • 5 sdm saus tomat
  • 1 buah bawang bombay, juga kupas & potong dadu
  • 1 sdt merica butir dihaluskan
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 2½ sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 700 ml air

CARA MEMBUAT STEAK TEMPE

  1. Potong-potong tempe kemudian kukus selama 15 menit, angkat dan haluskan. Campurkan tempe halus bersama bumbu halus, bawang bombay serta tepung roti, lalu uleni dengan tangan agar adonan benar-benar tercampur rata.
  2. Ambil segenggam adonan dan bentuk bulat pipih, lakukan hingga adonan habis. Celupkan masing-masingnya pada kocokan telur, selanjutnya gulingkan perlahan pada tepung roti hingga menempel merata.
  3. Panaskan wajan anti lengket dan beri minyak sedikit atau secukupnya, lalu goreng adonan steak tempe di atas api sedang serta bolak-balik hingga matang kecoklatan.
  4. Selanjutnya untuk saus, tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum. Tuang air dan masukkan semua bahan saus, masak hingga mendidih. Terakhir masukkan larutan tepung maizena, aduk hingga kuah mengental dan matang. Steak tempe sudah siap dishidangkan dengan siraman saus beserta pelengkap penyajiannya.

Resep Kacang METE Gurih, Renyah, dan Empuk - Resep Cemilan Favorit Lebaran 2016

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cemilan, Artikel Kue Lebaran, Artikel Makanan Ringan, Artikel Masakan Nusantara, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Kacang METE Gurih, Renyah, dan Empuk - Resep Cemilan Favorit Lebaran 2016
link : Resep Kacang METE Gurih, Renyah, dan Empuk - Resep Cemilan Favorit Lebaran 2016

Baca juga


Juni 2016

Resep Sajian Khas Lebaran - Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk. 

Biar nggak kelamaan, langsung simak aja yaa langkah demi langkah tutorial cara bikin cemilan kacang mete gurih renyahnya berikut ini bunda... :) 

Foto, Gambar Kacang Mete Gurih Renyah
Resep Kacang Mete Super Gurih Renyah
Bahan:
  • 1 kg kacang mete yang sudah dikupas
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 3 siung bawang putih, parut/haluskan
  • minyak goreng
  • 50 ml air


Cara Membuat:
  1. Campurkan bawang putih, garam, gula pasir, dan air lalu aduk sampai rata.
  2. Masukkan kacang mete dan aduk rata.
  3. Diamkan selama kurang lebih 1 jam agar bumbu meresap ke dalam kacang.
  4. Tiriskan kacang agar tidak basah.
  5. Panaskan minyak dan masukkan kacang.
  6. Goreng perlahan di atas api sampai kering dan berwarna kecoklatan,
  7. Angkat dan tiriskan.
  8. Tunggu sampai dingin dan simpan.
Gampang banget kan? Tunggu apa lagi, langsung di praktekin yaa.. Atau, di bookmark dulu buat nyimpen resepnya.. :) Happy cooking bunda..!

Selasa, 28 Juni 2016

Resep Kacang Bawang Renyah, Gurih dan Empuk - Edisi Spesial Lebaran 2016

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cemilan, Artikel Kue Lebaran, Artikel Masakan Nusantara, Artikel Ramadhan 2016, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Kacang Bawang Renyah, Gurih dan Empuk - Edisi Spesial Lebaran 2016
link : Resep Kacang Bawang Renyah, Gurih dan Empuk - Edisi Spesial Lebaran 2016

Baca juga


Juni 2016

Renyahnya Kacang Bawang Spesial - Nggak terasa sebentar lagi sudah mau lebaran ya bunda... Btw, udah nyiapin segala sesuatunya belum buat menyambut lebaran nanti, termasuk kue dan cemilan-cemilan lebaran lainya..? ^_^

Nah.. Soal cemilan buat sajian lebaran nanti, mbakmin punya saran nih.. Gimana kalo bikin kacang bawang aja.. Tapi kacang bawang yang satu ini beda, rasa gurihnya dan tekstur yang benar-benar renyah dan empuk bener-bener nendang lhoo. 

Gambar dan Foto Kacang Bawang Renyah dan Gurih
Kacang Bawang Renyah dan Gurih | (Foto via: IG @taste_of_cookies)

Caranya bikinya cukup sederhana banget kok, yang dipakai cuma bahan utama kacang tanah dan bumbu sederhana seperti garam dan bawang. Sebenarnya bunda pun bisa membuat kacang bawang sebagai sajian lebaran ini sendiri di rumah lho. Seperti apa cara membuatnya? Simak resepnya berikut ini yuukk.. 

Bahan

  • 1 kg kacang tanah (tanpa kulit)
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm bawang putih halus
  • Santan kelapa (secukupnya)
  • 6 siung bawang putih, iris tipis dan goreng
  • Minyak goreng (secukupnya)


Cara Membuat

  1. Siapkan wadah dan masukkan kacang tanang, garam, bawang putih halus dan santan di dalamnya.
  2. Rendam semua bahan kira-kira selama 3 sampai 4 jam. 
  3. Jika sudah, tiriskan kacang lalu goreng dengan minyak panas.
  4. Goreng sampai warna kacang menjadi kuning keemasan dan teksturnya kering.
  5. Jika kacang tanah sudah digoreng semua, dinginkan di atas wadah. Jika sudah dingin, campur dengan bawang putih yang diiris tipis dan digoreng sebelumnya.
  6. Kacang bawang pun sudah jadi dan siap untuk disimpan sebagai sajian lebaran.


Biar kacang bawang nantinya tetap renyah dan gurih, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan tertutup. Oh iya, biar kacang bawang tak mudah tengik, sebaiknya bunda memilih bahan-bahanya yang baik dan berkualitas yaa.. Selamat masak..!

SOTO BETAWI

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daily Menu, Artikel Masakan Tradisional, Artikel Soto, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SOTO BETAWI
link : SOTO BETAWI

Baca juga


Juni 2016



Bismillahirrohmanirrohim

23 Ramadhan 1437 H

Alhamdulillah postingan ke-1000. Memang bukan semuanya resep, banyak pula dokumentasi waktu saya masih aktif jualan dulu. Mulai nge-blog dengan menggunakan hape Nokia jadul, hingga sampai sekarang Alhamdulillah sudah memakai kamera. Proses belajar saya di dapur bisa dilihat di blog ini, dari awalnya sama sekali tidak terbiasa di dapur sampai sekarang saya menjadikan dapur menjadi salah satu tempat favorit di rumah. Sengaja postingan-postingan lama saya tidak akan dihapus, jadi bisa dilihat proses belajar saya seperti apa. Tidak ada sesuatu yang instan, bahkan sampai sekarang masih terus belajar. Belajar dari teman-teman saya, saudara dan keluarga, belajar dari komunitas di grup dan juga berbagai web yang inspiratif. Yang penting niat dan ikhlas memberikan yang terbaik untuk keluarga.

Masak apa untuk ifthar nanti? Kemarin lusa saya masak soto betawi untuk menu ifthar keluarga saya dan sampai sekarang masih kebayang-bayang enaknya. Haiyaa...puasa bund..puasa hihihi. Soto adalah salah satu menu khas Indonesia yang memiliki banyak varian dari berbagai daerah. Salah satu yang cukup populer adalah soto betawi. Soto betawi berbahan dasar daging dan jerohan sapi. Kuahnya menggunakan santan atau susu dan dipadukan dengan berbagai rempah-rempah yang membuatnya kaya rasa. Biasanya soto betawi disajikan dengan emping, air jeruk nipis dan ada pula yang memakai kentang goreng. 

Konon soto betawi yang menggunakan kuah susu rasanya lebih enak dan "tasty", tapi kali ini saya memakai santan aja karena memang masih punya kelapa di rumah. Lagian saya takut kalau saya yang masak masih ada aroma susunya hihihi, maklum ini pertama kali bikin soto betawi sendiri. Saya juga tidak memakai jerohan, hanya  memakai daging dan tetelan. Rempah-rempah yang digunakan cukup lengkap ya dan ini yang menjadikannya kaya rasa.




SOTO BETAWI

Bahan :
500 gr daging (saya pakai has dan tetelan)
1 liter kaldu (bekas merebus daging)
500 ml santan kental
3 helai daun salam
3 daun jeruk
5 butir cengkeh
2 butir kapulaga
2 batang serai, memarkan
1 batang kayu manis
2 ruas lengkuas, memarkan
2-3 sdt garam
1 sdm gula pasir
3 batang daun bawang, iris tipis
2 buah tomat, belah
2 sdm makan untuk menumis

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sdt merica butiran
1/2 sdt jintan
2 sdt ketumbar sangrai
1 ruas kencur
1 ruas jahe

Pelengkap :
Emping goreng
Soun
Jeruk nipis
Irisan tomat
Sambal rawit
Acar, bila suka
Bawang goreng

Cara Membuat :
1. Rebus daging dalam 1,5 liter hingga setengah empuk. Ambil 1 liter air kaldu dan potong-potong daging. Masak kembali.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas hingga matang kemudian masukkan ke dalam rebusan daging. Tambahkan kayu manis, cengkeh dan kapulaga dan bumbui garam serta gula pasir. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
3. Masukkan santan kental, masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. 
4. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang dan tomat.
5. Matikan api dan sajikan hangat dengan pelengkap.



Alhamdulillah keluarga sukaaa. Nikmat untuk sajian berbuka. Memang kalau berbuka, enak banget ya memakai menu kuah-kuah gini. Cobain bikin yuuuk

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Senin, 27 Juni 2016

RESEP SUP OYONG SOUN WORTEL BAKSO IKAN

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA SUP SOTO, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP SUP OYONG SOUN WORTEL BAKSO IKAN
link : RESEP SUP OYONG SOUN WORTEL BAKSO IKAN

Baca juga


Juni 2016

Resep Sup Oyong Bening
Masakan sayur dengan bumbu kuah bening yang sangat segar, resep sup oyong soun wartel campur bakso ikan terasa benar-benar sedap dan gurih. Tak ketinggalan jagung putren (jagung muda) sebagai bahan kombinasinya atau bisa anda tambahkan jamur kuping hitam (lember) jika ada.
Cara Membuat Sup Oyong Soun Wortel Bakso Ikan
Olahan oyong atau disebut juga gambas maupun kisik ini dimasak sayur selagi masih muda, jangan pilih yang tua karena akan semakin mengering dan tidak enak dimakan. Cara memasaknya cukup dengan pemakaian bumbu-bumbu sederhana, namun kita akan dapat merasakan masakan berkuah yang begitu segar.

RESEP SUP OYONG

  • 500 gram oyong, kupas kulit dan potong-potong
  • 100 gram wortel, kupas kulit dan potong-potong
  • 100 gram jagung putren, potong serong
  • 7 buah bakso ikan, potong sesuai selera
  • 1 bungkus sohun kaca
  • 1 batang daun bawang, potong-potong 3 cm
  • 1 buah tomat, potong 7 bagian
  • 3 cm jahe, cincang jasar
  • 3 siung bawang putih, cincang kasar
  • 1300 ml air
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • ½ sdt merica bubuk
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Bahan Sup Oyong

CARA MEMBUAT SUP OYONG

  1. Didihkan air dalam panci, sementara itu panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Setelah air rebusan mendidih, masukkan bumbu tumis tadi ke dalam panci.
  2. Masukkan juga wortel dan jagung putren, masak sebentar agar wortel empuk, selanjutnya masukkan bakso ikan, daun bawang dan oyong.
  3. Terakhir masukkan tomat dan soun, masak hingga mendidih kembali serta beri garam, gula, merica dan aduk rata. Setelah sounnya lunak dan semuanya matang, tuang dalam manguk saji dan sup oyong sudah siap disajikan.

Resep Takjil Ramadan, Es Buah yang Segarnya Bikin Nggak Nahan

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Es, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Takjil Ramadan, Es Buah yang Segarnya Bikin Nggak Nahan
link : Resep Takjil Ramadan, Es Buah yang Segarnya Bikin Nggak Nahan

Baca juga


Juni 2016

Resep Takjil Ramadan - Es Buah yang Segarnya Bikin Nggak Nahan, Seperti apa kira-kira resepnya es buah ini? Berikut resep dan cara bikinnya. 

Cara Bikin Es Es Buah Segar
Es Buah Segar | (foto by: IG @esteller58)


Bahan

  • 5 buah strawberry (masing-masing potong 2 atau 4 bagian)
  • 1 butir kelapa muda (kerok daging buahnya)
  • 2 buah alpukat (kerok daging buahnya menggunakan sendok)
  • 10 buah nangka (buang isi, potong dadu sesuai selera)
  • Buah melon (potong dadu secukupnya)
  • Buah semangka (potong dadu secukupnya)
  • 2 sdm sagu mutiara merah
  • 500 gram es serut
  • Susu kental manis (secukupnya)
  • Sirup cocopandan (secukupnya, sesuai selera)
  • 5 gelas air
  • 250 gram gula (larutkan bersama 1 batang daun pandan dan 1 gelas air, masak hingga mendidih)
  • 250 ml santan kelapa (pastikan air untuk membuat santan kelapa air matang)


Cara Membuat


  1. Siapkan gelas atau mangkok saji lalu susun buah-buahan juga sagu mutiara di dalam gelas.
  2. Jika sudah tersusun rapi, tambahkan es serut di atasnya.
  3. Tambahkan sedikit air lalu siram dengan air gula, sirup cocopandan, santan kelapa dan susu kental manis.
  4. Es buah siap untuk disajikan dan menjadi takjil puasa.

Tips seputar dunia dapur

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips seputar dunia dapur
link : Tips seputar dunia dapur

Baca juga


Juni 2016

Tips Keren Seputar Dunia Perdapuran.

1. Agar telur  rebus tidak susah dikupas, jangan lupa celupkan kedalam air es saat telur tersebut baru matang/masih panas.

2. Agar cabe tidak meletup-letup ketika digoreng, jangan lupa tusuk atau lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng.

3. Saat mencuci kangkung, arnong/selada air atau genjer serta tanaman air lainnya jangan lupa dibilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatan kecil yang mungkin hidup dibatang dan daunnya mati. Biasanya yang hobi nongkrong disitu lintah, keong, ulat dan cacing air (brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa pula gunakan cara ini).

4. Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan didalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan didalam kulkas. Insyaa Allah bisa tahan hingga 1 minggu.

5. Untuk mengetahui telur busuk atau tidak bisa gunakan tes apung air, jika mengapung diatas air itu tandanya telur sudah busuk.

6. Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang (bukan dingin karena baru keluar dari kulkas, hal ini bisa membuat adonan tidak mengembang).

7. Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan pakai tas plastik kresek, tapi gunakan koran dan atau majalah bekas. Sebab dengan cara ini bisa mencegah air embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

8. Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

9. Agar ikan tidak lengket dipenggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan diwajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti ikan goreng akan lengket dan hancur ketika dibalik, bisa juga olesi sedikit garam ke wajan sebelum dituangi minyak goreng.

10. Untuk menghilangkan rasa panas ditangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambal (kata orang jawa tangan wedhangen), bisa dilakukan dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian di lap, dan masukkan tangan kedalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar. Fiuuhhhf, dijamin rasa panas ditangan akan hilang.

11. Agar mata tidak pedih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam disamping talenan, dengan cara ini Insyaa Allah ampuh menghindarkan mata dari rasa pedih.

12. Agar beras tidak dikunjungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi. Jadi Insyaa Allah dia tidak akan berani datang ke beras.

13. Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan. Segera ambil sesendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda bisa diulang lagi.

14. Agar kembang kates, daun kates/pepaya dan pare tidak terlalu pahit ketika dimasak, baiknya sebelum ditumis di rebus sebentar di air rebusan daun jambu biji (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu hingga mendidih, masukkan daun jambu, tunggu +- 5 menit, masukkan kembang/daun pepaya/pare) diamkan sebentar, matikan api. Baru setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera (kalau daun pepayanya untuk kulupan, bisa direbus hingga matang bersama daun jambu biji).

15. Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan didekat garam.

16. Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiap kali masak dan simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah , sehingga ketika akan mengambil bisa ambil seperlunya saja.

SHARE ya Semoga bermanfa'at.

Resep Kastengel Renyah Tanpa Telur - Resep Favorit Lebaran 2016

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Kue, Artikel Kue Lebaran, Artikel Masakan Nusantara, Artikel Ramadhan 2016, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Kastengel Renyah Tanpa Telur - Resep Favorit Lebaran 2016
link : Resep Kastengel Renyah Tanpa Telur - Resep Favorit Lebaran 2016

Baca juga


Juni 2016

Resep Kue Lebaran Hari Ini - Demen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Cocok banget nih buat dijadiin cemilan lebaran nanti... Resepnya gampang banget kok, nggak pake ribet ini itu.. Selengkapnya tentang Resep cara membuat kue Kastengel ini bisa disimak di momylicious.com. Atau, yuk ikuti resepnya di bawah ini.

Gambar, Foto Resep Kastengel Gurih Renyah
Resep Kastengel Gurih Renyah | foto via: IG @echisofwan

Bahan-Bahan
  • 300 gram mentega
  • 350 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • 200 gram keju cheddar


Bahan Olesan
  • kunung telur, kocok lepas


Taburan
  • keju cheddar parut


Cara Membuat
  1. Ayak terigu, maizena, dan susu bubuk, lalu campurkan.
  2. Kocok mentega hingga lunak.
  3. Masukkan keju cheddar parut dan campuran terigu.
  4. Aduk hingga rata, sampai adonan mudah dibentuk.
  5. Gilas tipis adonan yang sudah jadi lalu cetak sesuai dengan selera.
  6. Tata adonan yang sudah dicetak dalam loyang yang sudah diolesi mentega.
  7. Olesi permukaan kastengel dengan kuning telur lalu taburi dengan keju cheddar parut.
  8. Panggang dalam oven hingga matang.
  9. Angkat, dinginkan, lalu simpan dalam stoples.

resep kastengel,resep kastengel keju,resep kastengel tanpa telur,kastengel tanpa telur,masak kastengel tanpa telur,kastengel garing,resep,kastengel,renyah,tanpa,telur,kuliner,b,vemale,com,bikin,yuk
Selamat sibuk masak-masak bunda..! 

Minggu, 26 Juni 2016

Resep Sup Krim Jagung

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sup, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Sup Krim Jagung
link : Resep Sup Krim Jagung

Baca juga


Juni 2016

Resep Sup Krim Jagung



BAHAN :

            1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
3 sendok makan margarin
100 gram daging ayam, potong kotak
2 sendok makan tepung terigu
100 ml susu cair
700 ml kaldu ayam
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
200 gram jagung manis pipil, tumbuk kasar

  • CARA MEMBUAT :

1.    Tumis bawang bombay, bawang putih hingga layu dengan margarin.

2.    Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna.

3.    Tambahkan tepung terigu sambil diaduk sampai menggumpal.

4.    Tuang kaldu sambil diaduk perlahan sampai jadi adonan licin. Masukkan jagung. Aduk rata.

5.    Bumbui garam, merica, dan pala. Aduk-aduk.

Tuang susu. Setelah mendidih, angkat lalu hidangkan panas

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kerajinan Tangan Tradisional, Artikel Kerajinan Tangan Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa
link : Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa

Baca juga


Juni 2016

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun KelapaRagam Kerajinan Tangan. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci yang ditunggu-tunggu umat muslim telah datang, umumnya ada suatu hal sebagai ciri khas tersendiri dalam orang-orang Indonesia menyambut lebaran, dalam hal ini yaitu ketupat. Ketupat lebaran umumnya jadi ikon yang umum terjadi pada bln. Ramadhan dihampir semua lokasi Indonesia. 

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa
Ketupat Lebaran



Ketupat lebaran merupakan termasuk suatu kerajinan tangan anyaman dari daun kelapa yang diisi beras yang kemudian bakal dimasak, disantap dengan lauk pauk, juga kita mengenal makanan pendamping ketupat yang paling populer di orang-orang Indonesia yaitu Opor ayam, tetapi banyak pula alternatif lain yang bisa di santap berbarengan dengan ketupat ini. 

Mengingat lebaran, maka teringat pula ketupat lebaran lengkap dengan opor ayamnya. Untungnya saat ini kita hidup di zaman internet, sehingga untuk mencari resep ketupat lebaran ataupun resep sayur ketupat lebaran menjadi lebih mudah sehingga dengannya kita bisa mendapatkan hasil ketupat lebaran dan opor ayam yang lezat.

Untuk membuat ketupat lebaran ini tidaklah susah, serta dalam blog ragam kerajinan tangan pada kesempatan ini, kita bakal bersama-sama untuk membuat ketupat lebaran dengan cara yang gampang, serta langkah - langkah gampang ini bakal dibarengi gambar yang fungsinya untuk memudahkan anda saat praktik membuat ketupat lebaran. 
Ketupat lebaran merupakan termasuk suatu kerajinan tangan anyaman dari daun kelapa yang diisi beras yang kemudian bakal dimasak, disantap dengan lauk pauk, juga kita mengenal makanan pendamping ketupat yang paling populer di orang-orang Indonesia yaitu Opor ayam


Tahapan Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa


Di bawah ini yaitu langkah - langkah gampang untuk membuat ketupat lebaran.

1 Sediakan 2 helai daun kelapa yang muda atau lebih sering kita sebut dengan nama janur. Jadi ingat film zaman dulu yang berjudul janur kuning yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah Belanda..

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




2 Buanglah batang daun kelapa yang disebut lidi (dapat anda kumpulkan untuk anda jadikan sapu lidi : D)

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa





3 Lalu anda akan memperoleh 2 helai daun kelapa yang telah tak mempunyai batang atau lidi.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




4 Lalu lilitkan satu helai daun kelapa pada telapak kanan tangan sampai 4 lilitan.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




5 Kesempatan ini lilitkan sehelai daun kelapa lagi pada telapak tangan kiri sejumlah 4 lilitan juga.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




6 Lantas cobalah anda pastikan bahwa arah lilitan daun pada tangan kiri serta tangan kanan anda mempunyai arah yang berlawanan.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




7 Saat ini pegang erat 2 lilitan pada tangan kanan serta kiri anda secara berdekatan, serta masukan ujung helai daun yang berlawanan seperti menganyam tikar.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




8 Teruskan anyaman ketupat lebaran tersebut.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




9 Lanjutkan anyaman dalam membuat ketupat lebaran ini.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa




10 Teruskan anyaman sampai lilitan yang ke 4. 
11 Jika tiap-tiap lilitan sudah usai di anyam semuanya, anda bakal mempunyai ujung helai daun yang kecil memiliki arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar. 


12 Lantas teruskan seperti menganyam tikar dengan cara tarik ujung helai daun yang kecil, serta ambillah ujung helai daun yang besar. 


13 Lalu lanjutkan anyaman pada ujung helai daun yang besar. 


14 Saat ini anda temukan kembali ujung helai daun yang kecil mempunyai arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar. 


15 Kemudian Anyam ujung helai daun yang kecil ke arah berlawanan dengan ujung helai daun yang besar. 


16 Jika anda ikuti tiap-tiap langkah di atas dengan benar, maka anda bakal mempunyai anyaman seperti di gambar, rapihkanlah anyaman dengan menarik sisi helai daun yang masih terlihat kendur. 


17 Nah sampai disini maka ketupat lebaran anda telah jadi.

Cara Membuat Ketupat Lebaran Dari Janur Daun Kelapa



Selain ketupat lebaran, biasanya yang dilakukan anak mudah zaman ini yaitu ucapan lebaran ataupun bisa dengan kartu ucapan lebaran. Selain berkirim ucapan lebaran via kantor pos, masyarakat saat ini sudah terbiasa juga untuk mengirimkan ucapan lebaran melalui SMS atau dengan bertelepon untuk menyambung tali silaturahim.

Sabtu, 25 Juni 2016

REPOST CHOCOLATE STICK COOKIES

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel coklat, Artikel Cookies, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : REPOST CHOCOLATE STICK COOKIES
link : REPOST CHOCOLATE STICK COOKIES

Baca juga


Juni 2016



Bismillahirrohimanirrohim

20 Ramadhan 1437 H

Kali ini saya repost lagi ya resep chocolate stick cookies. Duluuu udah pernah posting dan postingan kali ini juga masih pakai resep yang sama. Banyak sekali yang menanyakan tentang chocolate stick yang dipakai dan saat itu saya gak bisa fotoin karena memang udah gak punya lagi hehehe. Naah sekarang mumpung lagi bikin saya fotoin chocolate stick-nya. Ini diaaa...




Setau saya chocolate stick yang banyak beredar di pasaran ada 2 merk, yaitu Colatta dan Tulip. Selama ini saya hanya pernah memakai merk Colatta karena memang hanya itu yang tersedia di TBK di dekat saya. Menurut teman-teman saya, kalau merk Tulip coklatnya lebih kokoh dengan rasa yang lebih pahit. Waaah...cocok banget nih buat choco lovers yang suka rasa coklat yang dominan pahit-pahitnya. Chocolate stick ini tersedia dalam kemasan dengan berat kurang lebih 1 kg, namun sekarang sudah banyak TBK yang menyediakan versi repack-nya sehingga kita gak perlu beli dengan kemasan 1 kg. 

Untuk membuat chocolate stick cookies ini sebenarnya bisa pakai adonan cookies favorit kita. Bisa pakai resep butter cookies atau bahkan nastar. Dulu waktu masih jualan, bikin cookies ini rasanya udah ngerasa 'hopeless' aja deh, karena harus telateeen. Untungnya sekarang sih bikinnya cukup 1 resep aja karena untuk konsumsi sendiri hihihi. 

Bisa dibandingkan cookies yang saya buat ini tidak secantik yang dulu pernah saya posting ya. Kalau dulu coklatnya bisa mulus sedangkan yang ini coklatnya gak mulus sama sekali hiiiks. Saya kira karena overbaked atau suhu oven yang kepanasan, ada pula teman yang bilang kalau dia pakai merk Tulip selalu mulus, sedangkan saya pakai merk Colatta. Barusan saya dapat info dari salah seorang teman, katanya untuk mendapatkan hasil yang mulus, coklat stick bisa diangin-anginkan dulu kurang lebih 3 hari. Pantesan dulu saya bisa bikin mulus ya, karena dulu bikin dalam jumlah besar, biasanya coklat stick sudah saya siapkan di loyang besar, kan sama dengan diangin-anginkan tuh hihihi. Biarpun kali ini bikinan saya gak mulus gini, Alhamdulillah masih tetap jadi favorit keluarga.




Resepnya sama dengan yang dulu, saya tuliskan lagi yaaa

CHOCOLATE STICK COOKIES

Bahan A :
200 gr butter
100 gr margarin
2 kuning telur
1 telur utuh
1/2 sdt vanilla (saya pakai vanilla susu L'arome)

Bahan B :
450 gr tepung terigu protein sedang / rendah
40 gr susu bubuk full cream
4 sdm gula pasir 
 ----> campur dan aduk rata bahan B

Bahan C
275-300 gr chocolate stick atau secukupnya, potong jadi 2 atau 3 bagian

Bahan D (olesan) :
1 kuning telur
3 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Campur dan kocok bahan A hingga asal rata saja.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu.
3. Ambil adonan, gulung dengan ketebalan sekitar 5 mm kemudian potong dengan ukuran sebesar coklat stik.
4. Letakkan coklat stik di atasnya, beri adonan sebagai pemanis di atasnya (optional aja ya, bentuknya pun juga sesuai selera). Tata di atas loyang yang dialas silpat atau dioles margarin. 
5. Panggang dengan suhu 150'C selama kurang lebih 20 menit kemudian turunkan suhu menjadi 100'C selama 20 menit. Waktu pemanggangan tergantung oven masing-masing ya.
6. Angkat dan pindahkan di atas cooling rack. Masukkan cookies ke dalam wadah kedap udara ketika sudah benar-benar dingin.



Cantik yaa untuk sajian di hari Lebaran nanti. Ketika dalam keadaan panas, sesaat setelah diangkat, coklat akan terasa lembek ya. It's oke, nanti akan mengeras dengan sendirinya. Sebenarnya kalau coklat stick dibagi 3 hasilnya lucu lho, cookiesnya jadi imut gitu. Tapi karena saya mah gak telaten, jadi bagi 2 aja biar cepat selesai hihihi.

Happy baking...semoga bermanfaat ^^

Jumat, 24 Juni 2016

BANANA CAKE - JULIE HASSON

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cake, Artikel pisang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BANANA CAKE - JULIE HASSON
link : BANANA CAKE - JULIE HASSON

Baca juga


Juni 2016



Bismillahirrohmanirrohim

19 Ramadhan 1437H
Lamaa banget gak bikin banana cake, padahal ini cake favorit banget ya. Karena kebetulan saya punya pisang ambon yang sudah terlalu matang, jadi diniatin lah bikin banana cake. Kali ini saya memakai resep dari Julie Hasson. Konon bagi yang pernah mencoba, banana cake ala Julie Hasson ini enak banget. Kalau bagi saya yang penggemar banana cake, sebagian besar banana cake itu ya pasti enaaak hihihi.

Salah banget ya kayanya bikin banana cake siang-siang karena aromanya langsung membahana ke seluruh penjuru rumah heuheuheu. Selain memang aromanya sedap banget, itu mah karena rumah saya memang seuprit hihihi. Makanya tiap bebikinan aromanya langsung muter-muter ke seluruh rumah. Banana cake ini lumayan mengenyangkan. Kalau tidak terbiasa makan nasi saat maghrib, mungkin banana cake ini bisa jadi salah 1 alternatif.

Resep banana cake ini saya sesuaikan takaran gulanya ya. Di resep asli gulanya hampir 1/2 kg euy, tepatnya 450 gr. Saya memakai 225 gr saja karena kebetulan pisangnya juga cukup manis. Alhamdulillah rasanya sudah pas menurut selera keluarga saya. Baking powder juga saya kurangi takarannya menjadi 1 sdt saja, aslinya memakai 2 sdt. Banana cake ini bisa dipadukan dengan kacang-kacangan atau chocochips. Nuruti request anak-anak, saya pakai chocochips, bahkan itu kakak Naira yang masukin chocochipnya sebagai topping. Harap maklum kalau jadinya heboh gitu ya hihihi. Dari 1 resep berikut bisa jadi 2 loyang loaf ukuran 20x10 cm. Kalau mau bikin seloyang, tinggal dibagi 2 aja ya resepnya.

BANANA CAKE ALA JULIE HASSON

Bahan :
225 ml minyak sayur
225 gr gula pasir
1 sdt vanilla
4 butir telur
425 gr pisang, haluskan dengan garpu (saya pakai pisang ambon)
350 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
Chocochips atau kacang-kacangan secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 180'C, siapkan 2 loyang loaf 20x10 cm, alasi kertas roti. Sisihkan.
2. Kocok minyak sayur dan gula hingga rata, masukkan vanila.
3. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
4. Masukkan pisang, kocok rata dan matikan mixer.
5. Masukkan campuran terigu dan baking powder yang sudah diayak sambil diaduk dengan spatula. Asal tercampur rata aja ya, jangan overmix.
6. Masukkan chocochips, aduk asal rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, beri topping sesuai selera. Panggang hingga matang selama kurang lebih 40 menit atau tergantung masing-masing oven ya. Lakukan test tusuk.
8. Angkat dan biarkan hangat.




Alhamdulillah...lumayan banget untuk tombo kangen maem banana cake ^^

Happy baking...semoga bermanfaat ya

Kamis, 23 Juni 2016

LASAGNA

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel pasta, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : LASAGNA
link : LASAGNA

Baca juga


Juni 2016



Bismillahirrohmanirrohim

18 Ramadhan 1437 H

Spesial request suami saya minggu lalu adalah minta dibuatkan lasagna. Memang lama banget saya gak bikin pepastaan gini, sejak Ramadhan baru ini deh bikin pasta. Biasanya sih sering banget, mungkin jadi pada kangen ya hihihi. Kebetulan semua bahan lengkap, jadilah saya nguprek di dapur bikin lasagna. Sebenarnya cepat aja kok karena saya punya stok homemade saus bolognese di kulkas, jadi saya tinggal bikin saus putihnya aja. Kalau yang males bikin bisa kok pakai yang siap pakai, tinggal beli di minimarket. Tapi...pastinya lebih enak yang bikin sendiri donk ya ^^

Resepnya sebenarnya sudah pernah saya posting duluuu banget. Ntar saya tuliskan lagi aja ya. Lasagna ini memang lumayan mengenyangkan. Kalau buat saya sudah bisa jadi menu utama saat berbuka, tuh...gaya ya menu utama gak pakai nasi tapi pakai pasta hihihi. Bisa juga dinikmati setelah selesai trawih, tapi jangan banyak-banyak makannya ya ntar mau tidur masih kekenyangan donk.







Resep yang saya posting ini menggunakan saus merah yang dibuat memakai pasta tomat. Kalau ingin membuat yang memakai tomat segar juga boleh banget. Silahkan resepnya bisa dilihat disini ya, tinggal mengganti tunanya dengan daging giling.

LASAGNA

Bahan :
200 gr pasta lasagna
1 liter air
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng 
(didihkan air bersama garam dan minyak goreng, rebus lasagna hingga al dente)

Bahan Saus Merah :
200 gr daging giling
1 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 kaleng kecil pasta tomat
2 sdm saus tomat
1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air
400 ml air (bisa juga pakai kaldu)
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt garam
1 sdt oregano
2 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus Putih  :
1/2 bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
25 gr margarin
25 gr tepung terigu serbaguna
400 ml susu cair
1/4 sdt merica
75 gr keju cheddar parut 

Topping :
keju mozarella secukupnya

Cara Membuat Saus Merah :
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan pasta tomat dan saus tomat, bumbui dengan merica, garam dan gula. Aduk rata.
4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk dan dimasak hingga mendidih.
5. Tuang larutan maizena sedikit demi sedikit, masak hingga mengental.
6. Menjelang diangkat, masukkan oregano. Aduk rata.
7. Angkat dan sisihkan.

Cara Membuat Saus Putih :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
3. Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin, bumbui dengan merica.
4. Masukkan keju parut dan masak hingga mengental dan meletup-letup.
5. Angkat dan sisihkan.

Penyelesaian :
1. Siapkan pinggan tahan panas (bisa juga pakai alufoil cup), oles dengan margarin.
2. Ambil  pasta lasagna letakkan di pinggan hingga menutup dasarnya, tuang  saus merah secukupnya, tutup dengan pasta lasagna lainnya, tuang kembali saus merah. Lakukan hingga beberapa lapis.
3. Pada bagian atas, tutup dengan pasta lasagna, tuang saus putih dan ratakan. 
4. Taburi dengan keju mozarella parut.
5. Panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 30-35 menit.


6. Angkat dan sajikan hangat.




Anyone? Bikin yuuuk, bisa puas makannya. Kalau beli di resto waralaba itu memang enak, tapi pasti kurang puas kan makannya, karena porsinya kecil hihihi.

Semoga bermanfaat yaa ^^

Rabu, 22 Juni 2016

Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat, Telur Balado Sambal Tomat Spesial

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lauk Pauk, Artikel Masakan Nusantara, Artikel Menu Buka Puasa, Artikel Ramadhan 2016, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat, Telur Balado Sambal Tomat Spesial
link : Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat, Telur Balado Sambal Tomat Spesial

Baca juga


Juni 2016

Resep Hari Ini: Pilihan Praktis Masakan Untuk Sahur - Hai buntik... Pasti bunda sering merasa bingung mau menyajikan menu masakan apa untuk santap sahur nanti. Hemm, nggah usah bingung sih bun.. Bikin menu sahur yang sederhana saja tapi haruslah yang menggugah selera sekaligus super praktis dan nggak ribet. Seperti misalnya menu masakan untuk sahur yang praktis, mudah dan nggak ribet adalah Telur Balado Sambal, resep ini gampang banget bikinnya.. Berikut resep yang bisa bunda coba..

Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat
Resep Masakan Untuk Sahur Mudah dan Cepat: Telur Balado Sambal Tomat Spesial

Bahan dan Bumbu:
  • 6 butir telur rebus
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 cabai rawit merah
  • 5 cabai merah keriting
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt penyedap rasa (opsional)
  • 1 sdm gula pasir
  • minyak goreng secukupnya untuk menumis


Cara Membuat Telur Balado Sambal Tomat:
  1. Goreng telur rebus (ini sesuai selera, jika tak suka digoreng bisa dimasak langsung)
  2. Blender semua bahan bumbu halus kecuali garam, gula, dan penyedap rasa.
  3. Tumis bumbu halus dan masukkan garam, gula, dan penyedap rasa.
  4. Masak sampai harum.
  5. Masukkan telur rebus dan tumis sampai matang dan bumbu meresap.

RESEP KOLAK PISANG NANGKA MUTIARA

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA BUBUR KOLAK, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP KOLAK PISANG NANGKA MUTIARA
link : RESEP KOLAK PISANG NANGKA MUTIARA

Baca juga


Juni 2016

Resep Kolak Pisang
Pisang nangka termasuk jenis pisang yang enak untuk dibikin kolak, karena rasanya yang manis sedikit asam dan aromanya harum. Variasi kali ini, resep membuat kolak pisang nangka sagu mutiara dengan kuah kental, disajikan bersama saus santan yang gurih secara terpisah.
Cara Membuat Kolak Pisang Nangka Mutiara
Kolak pisang masih menjadi menu favorit untuk berbuka puasa hingga bulan ramadhan tahun ini. Membuat kolak dengan santan terpisah, merupakan tips agar kolak tidak mudah basi, sehingga bila bersisa bisa menjadi menu buka untuk esok hari, sedangkan saus santan bisa dibikin dadakan saat akan disajikan.

Kolak pisang nangka bukan campur nangka, namun boleh juga jika ingin menambahkan potongan nangka sehingga cita rasanya semakin bervariasi. Pacar cina, biji delima, biji salak dan sebagainya juga dapat menjadi alternatif sagu mutiara maupun memperkaya kombinasinya.

RESEP KOLAK PISANG

  • 5 buah pisang nangka, kupas lalu potong 3 bagian secara menyerong
  • 250 gram sagu mutiara merah
  • 200 gram gula merah, sisir
  • 1 sachet (1/2 sdt) vanili bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 800 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 250 ml santan dari 1 butir kelapa
Bahan Membuat Kolak Pisang

CARA MEMBUAT KOLAK PISANG

  1. Cuci sagu mutiara kemudian rendam dengan air bersih secukupnya selama 1 jam, buang air rendamannya dan tiriskan.
  2. Masak air, 1 lembar daun pandan, gula merah, vanili dan garam hingga mendidih dan larut, saring kuah gula merah lalu didihkan kembali.
  3. Masukkan pisang kemudian masak hingga pisangnya matang. Selanjutnya masukkan sagu mutiara, aduk rata dan masukkan juga larutan tepung maizena, aduk hingga kuah mengental dan matang.
  4. Untuk saus santan, masak santan bersama daun pandan sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih dan matang.
  5. Tuang kolak pisang nangka mutiara dalam mangkuk saji, kemudian sajikan dengan siraman saus santan.

Takjil Buka Puasa Segar, Es Mangga Campur Kelapa Muda.. Yummi!

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Es, Artikel Menu Buka Puasa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Takjil Buka Puasa Segar, Es Mangga Campur Kelapa Muda.. Yummi!
link : Takjil Buka Puasa Segar, Es Mangga Campur Kelapa Muda.. Yummi!

Baca juga


Juni 2016

Resep Hari Ini: Sajian Menu Takjil Buka Puasa - Setelah seharian penuh berpuasa menahan haus dan laper, akan terasa sangat nikmat jika saat berbuka puasa nanti dimanjakan dengan sajian menu takjil buka puasa yang segar, manis dan sehat. Apalagi, jika menu takjil ini sangat kaya vitamin dan bisa meningkatkan staminamu dengan baik. Kalau ngomongin soal menu takjil apa yang segar, manis dan sehat, kali ini mbakmin punya resep takjil segar Andalan nihh, Mau??. Takjil spesial ini adalah " Es Mangga Campur Kelapa Muda". Hemmm.. Nyam.. Nyammm..! Penasaran kira-kira seperti apa resepnya? Intip resep yang mbakmin bagiin ini yaaa... 

Gambar, Instagram, Foto Es Mangga Campur Kelapa Muda
Resep Cara Membuat Es Mangga Campur Kelapa Muda Yang Enak dan Segar

Bahan-Bahan:

  • 2 buah mangga (ambil daging buahnya, potong dadu sesuai selera)
  • 1 buah kelapa muda (kerok sesuai selera)
  • 50 gram gula 
  • Sirup rasa jeruk atau mangga (secukupnya)
  • Susu kental manis (secukupnya) 
  • Air (secukupnya) 
  • Es serut (secukupnya)


Cara Membuat:

  1. Panaskan air lalu rebus buah mangga bersama gula pasir hingga gula larut dan air mendidih.
  2. Jika sudah mendidih, diamkan hingga dingin atau letakkan di dalam lemari pendingin sebentar saja. 
  3. Siapkan gelas lalu susun kelapa muda di dalam gelas. 
  4. Tambahkan buah mangga yang sudah direbus, tambahkan sirup dan susu kental manis. 
  5. Terakhir, masukkan es serut secukupnya (sesuai selera). 
  6. Es mangga campur kelapa muda sudah jadi dan siap dinikmati sebagai menu buka puasa.

Resep Lauk Pauk: Udang Mentega Pedas Spesial

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Lauk Pauk, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Lauk Pauk: Udang Mentega Pedas Spesial
link : Resep Lauk Pauk: Udang Mentega Pedas Spesial

Baca juga


Juni 2016

Resep Hari Ini: Edisi Masakan Lauk Pauk - Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih  resepnya.

Gambar, Instagram , Foto Masakan Udang Mentega Pedas
Resep Cara Membuat Masakan Udang Mentega Pedas

Bahan dan Bumbu Udang Mentega Pedas:

  • 500 gram udang
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 30 gram mentega
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt cabai kering bubuk (atau sesuai selera)
  • 2 sdm air perasan jeruk lemon
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt lada bubuk
  • daun parsley cincang (secukupnya)



  1. Kuliti udang, sisihkan.
  2. Panaskan minyak zaitun dan mentega di wajan.
  3. Tumis bawang putih dan cabai kering bubuk.
  4. Masukkan udang dan tumis selama sekitar 3 menit.
  5. Tambahkan air perasan jeruk lemon, garam, dan lada bubuk.
  6. Masukkan daun parsley cincang.
  7. Aduk rata dan masak hingga matang.
Selamat masak ya bunda...! Nyam.. Nyammm

Resep Cake Kurma NO Telur

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Kue, Artikel Ramadhan 2016, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Cake Kurma NO Telur
link : Resep Cake Kurma NO Telur

Baca juga


Juni 2016

Resep Hari IniCake Kurma Tanpa Telur - Nuansa Ramadhan tidak lengkap jika tidak ada buah yang satu ini.. Yups, buah kurma yang notabene buah khas Ramadhan yang memiliki rasa legit dan mengenyangkan. 

Ngomong-ngomong, selain dikonsumsi langsung, pernah tidak bunda membuat kreasi makanan dari buah kurma? Buah kurma bisa juga lho dibuat kue yang lezat dan nikmat. Nggak perlu telur, dan cukup sedikit gula saja sudah manis. Penasaran mau coba? biar nggak penasaran langsung action aja deh yuuu...

Gambar, Photo, Instagram Resep Cake Kurma Tanpa Telur
Resep Cake Kurma Tanpa Telur | (Photo via: IG @tintinrayner)

Bahan:

  • 18 buah kurma
  • 120 ml minyak sayur
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm kacang-kacangan dihancurkan
  • 170 ml susu
  • 75 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu serbaguna



  1. Rendam kurma dalam air hangat semalaman. Tiriskan, ambil dagingnya saja. Tambah gula dan giling hingga menjadi pasta. Beri sedikit susu dan minyak, kemudian campur hingga menyatu.
  2. Ayak tepung dan baking soda, campurkan. Tambahkan kacang yang sudah dicincang dan aduk rata. Campur dengan pasta kurma, aduk kembali hingga merata.
  3. Panaskan oven pada 176 derajat Celcius. Sementara itu, masukkan adonan pada loyang yang sudah diolesi minyak. Diamkan 5 menit agar adonan merata permukaannya.
  4. Panggang cake selama 35-40 menit sampai matang. Tes dengan menggunakan garpu atau pisau. Bila ditusuk dan tak ada sisa adonan yang melekat, tandanya cake sudah matang.
  5. Hias cake dengan butter cream, gula halus, karamel atau buah-buahan.

KUE MASUBA

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel KUE PANGGANG, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KUE MASUBA
link : KUE MASUBA

Baca juga


Juni 2016

Kue masuba atau maksuba merupakan kue tradisional khas dari kota Palembang. Sekilas kue ini memiliki kemiripan dengan kue lapis legit yang sering menjadi suguhan istimewa dalam berbagai acara kekeluargaan dan sosial, termasuk di hari raya Idul Fitri.

Namun, jika dilihat lebih dekat dan detail, nampak perbedaan antara kedua kue ini, yakni garis-garis lapisan pada kue lapis legit terlihat jelas dan tertata rapi, namun pada kue masuba, garis-garis lapisan kue tersebut terlihat tidak rapi dan tidak rata. Begitu juga perbedaan pada tekstur kuenya, di mana tekstur kue lapis legit terlihat lembut dan halus, sementara pada kue masuba, tekstur kuenya agak kasar dan berminyak.

Sama seperti halnya kue lapis legit, kue masuba tergolong kue yang rumit dalam pembuatannya sehingga juga termasuk kue nusantara yang bernilai ekonomis cukup tinggi.

KUE MASUBA

BAHAN :
12 butir telur ayam
450 gr gula pasir
50 gr margarin, lelehkan bersama 250 ml air mendidih
400 ml fanta orange
2 kaleng susu kental manis
3 sdm sirup sunquick
500 ml air
1 bungkus agar-agar

CARA MEMBUAT :
1. Kocok telur bersama gula pasir sampai gula hancur. Saring. Tuangkan fanta orange, susu kental manis, sunquick, dan campuran margarin. Sisihkan.
2. Masak air bersama agar-agar. Setelah dingin, tuangkan ke campuran nomor 1.
3. Olesi mentega dan alasi kertas roti cetakan segi empat ukuran 24 cm. Tuang 3 sendok sayur adonan. Oven dengan menggunakan api bawah hingga kecokelatan. Kini tuang kembali 3 sendok sayur adonan. Oven kembali dengan api atas hingga kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
4. Oven kembali kue selama 30 menit dengan menggunakan api bawah.

Selasa, 21 Juni 2016

RESEP ASINAN SAYUR BETAWI BUMBU KACANG

Juni 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA SAYUR MAYUR, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP ASINAN SAYUR BETAWI BUMBU KACANG
link : RESEP ASINAN SAYUR BETAWI BUMBU KACANG

Baca juga


Juni 2016

Resep Asinan Sayur Betawi
Terbuat dari aneka sayuran disiram bumbu kacang yang khas, membuat asinan Betawi (Jakarta) asli benar-benar enak dan segar. Saus atau kuah resep asinan sayur adalah penentu utama kelezatannya, perpadauan rasa asam, asin, manis, dan pedas memang sangat mantap di lidah.
Bahan dan Cara Membuat Asinan Sayur Betawi
Pada dasarnya bahan bumbu kacang dan cara membuat asinan sayur khas Betawi ini amat sederhana. Rasa asam bisa didapat dari pemakaian cuka atau asam jawa maupun kombinasinya, sayuran yang digunakan merupakan sayuran mentah yang masih segar.

Ciri khas lainnya ialah kerupuk mie dan kerupuk merah sebagai pelengkap penyajiannya yang tentu saja semakin menambah selera. Variasi kuah asinan yang tak kalah populer, coba juga Resep Asinan Buah Bogor Kuah Segar.

RESEP ASINAN SAYUR

  • 100 gram toge, buang ekor
  • 150 gram kol, iris tipis
  • 250 gram timun, belah dua lalu potong-potong agak tipis
  • 5 lembar selada bokor, potong menurut selera
  • 5 buah tahu kuning, rebus lalu potong-potong dadu
  • 100 gram gula merah, sisir
  • 1 sdm asam jawa dilarutkan dengan 100 ml air
  • 2 sdm garam
  • 650 ml air
  • secukupnya kacang tanah goreng, kerupuk mie kuning dan kerupuk merah untuk pelengkap penyajian
Bumbu halus :
  • 5 buah cabe keriting merah
  • 6 buah cabe rawit merah
  • 3 buah cabe merah besar
  • 60 gram kacang tanah goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 5 gram ebi, rendam air panas

CARA MEMBUAT ASINAN SAYUR

  1. Bumbu halus bisa diulek atau diblender sampai halus dengan air secukupnya (100 ml).
  2. Didihkan sisa air (550 ml) air bersama gula merah dan garam hingga gula larut, masukkan bumbu halus dan air asam jawa, lalu masak hingga mendidih kembali dan biarkan sejenak hingga matang.
  3. Tata semua potongan sayuran mentah dan tahu dalam piring saji, kemudian siram dengan kuah kacang. Tunggu hingga bumbu kuah meresap, lalu lengkapi penyajian asinan sayur betawi dengan taburan kacang goreng dan kerupuk.

Tentang Kami