Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Jumat, 28 Februari 2014

TELUR APA TELOR

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TELUR APA TELOR
link : TELUR APA TELOR

Baca juga


Februari 2014



TELOR ATAU TELUR
Assalamu’alaiku wr wb.Awalnya bingung mau nulis apa untuk dipostingkan hari ini,namun ketika diluar terdengar teriakan disusul suara tertawa dari rekan-rekan satu kerjaan,ternyata ada salahseorang  rekan ditempat kerja yang berulang tahun yang
kepalanya sudah dipenuhi pecahan telur/telor dan tepung,( tradisi lama ) telur / telor ???wah boleh juga nih untuk dijadikan bahan tulisan hehe..

Semua orang pasti sudah mengenal yang namanya telur / telor,juga pasti sobat blogger semuanya sudah mengetahui kegunaan serta manfaatnya,namun tidak ada salahnya kalau hari ini kita sharekan lagi,siapatahu ada yang lupa atau bahkan belum sempat membaca artikel mengenai telur karena disibukan oleh tugas utama sobat blogger  semua.

Telur/telor adalah zigot yang dihasilkan melalui fertilisasi sel telur/telor dan berfungsi memelihara serta menjaga embrio,telur-telur reptilia  dan burung diselimuti kerak pelindung yang memiliki lubang yang sangat kecil ( tidak terlihat oleh mata telanjang ) agar hewan yang belum lahir ini dapat bernapas.

Pada dasarnya semua jenis telur/telor dapat dimakan,namun hanya beberapa jenis telur/telor saja yang lazim untuk dimakan yaitu untuk dijadikan sebagai lauk-pauk atau bahkan dijadikan sebagai obat,telur/telor yang lazim dikonsumsi diantaranya adalah telur/telor yang berasal dari unggas seperti telur/telor bebek,telur/telor ayam atau telur/telor  burung puyuh dan telur burung unta .

Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang biasa dikonsumsi selain daging ikan dan susu ,juga bahan makanan yang mempunyai kandunga gizi lengkap seperti karbohidrat protein dan delapan macam asam amino sehingga sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita semua terutama  untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan,

Untuk semua sobat blogger yang suka akan bahan makanan yang satu ini terutama Ibu-ibu yang 90% tugasnya menyiapkan makanan ( hehehe ) ini ada sedikit tips siapatahu berguna ketika akan membeli telur,yang pertama perhatikan kondisi cangkang telur tidak retak,kemudia telur tidak terlalu kecil ukuranya dan tidak terlalu besar juga pastinya,bersih tidak ternoda,pastikan tekturkulitnya halus dan mulus,

Banyak cara untuk mengkonsumsi yang namanya telur,diantaranya seperti di rebus,digoreng ,dimakan setengah matang ,didadar,malahan ada yang dimakan mentah dengan cara ditelan langsung ( glek ) iihhh mengerikan hehehe……….

Selain itu telur juga  biasa diolah menjadi makan yang mengguah selera seperti Telur balado,telur semur,telur mata sapi,telur asin,telur pindang,dan masih banyak olahan telur yang biasa dijual di warung-warung bahkan di reastoran kelas menengah sampai restoran kelas atas.Untuk sobat blogger yang ingin mencoba membuat olahan sederhana dari yang namanya telur silahkan klik disini

Demikian sekilas info tentang telur,semoga ada guna dan manfaatnya untuk kita semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dimana saya hanyalah manusia bias yang tak luput dari kesalahan dan kekhilafan.

Terimakaisih
Dede Thea

Selasa, 25 Februari 2014

Cocoa Brownies

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel brownies, Artikel chocolate, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cocoa Brownies
link : Cocoa Brownies

Baca juga


Februari 2014


And the brownies quest goes on and on.... ;p
Kali ini saya penasaran pengen mencoba best cocoa brownies dari blognya madame Patricia. Tapi saya ingat masih punya sisa homemade sour cream di kulkas yang sudah hampir seminggu tersimpan. Akhirnya, saya coba combine resep tadi sama resep cocoa brownies nya madame Stephanie dari Joy of Baking (JoB). Ingredients yang dipakai sama persis sampe takarannya, kecuali 2 bahan. Resepnya  JoB pakai sour cream dan seuprit baking powder di adonannya. Awalnya saya takut brownies nanti jadi cakey karena penambahan baking powder ini meski sedikit. Tapi ternyata ngga lho..

 Cocoa Brownies
Adapted from here and here

10 tablespoons (140g/1 ¼ sticks) unsalted butter
1 ¼ (250g) cups sugar - I used vanilla sugar
¾ cup + 2 tablespoons (80g) unsweetened cocoa powder (natural or Dutch-process)
¼ teaspoon salt
½ teaspoon pure vanilla extract
2 cold large eggs
½ cup (70g) all-purpose flour
1/4 cup (60 ml) sour cream
1/4 tsp baking powder

Position a rack in the middle of the oven and preheat the oven to 160°C/325°F. Line the bottom and sides of a 20cm (8in) square baking pan with parchment paper, leaving an overhang on two opposite sides.

In a medium heatproof bowl, add the butter and set on top of a large sauce pan with barely simmering water. Melt the butter, then add sugar and salt, and stir until well combined. Next add the cocoa powder and stir until mixture is smooth and hot enough that you want to remove your finger fairly quickly after dipping it in to test. Remove the bowl from the skillet and set aside briefly until the mixture is only warm, not hot.
Stir in the vanilla with a wooden spoon. Add the eggs one at a time, stirring vigorously after each one. When the batter looks thick, shiny, and well blended, add the flour and stir until you cannot see it any longer, then beat vigorously for 40 strokes with the wooden spoon or a rubber spatula. Spread evenly in the lined pan.
Bake until a toothpick plunged into the center emerges slightly moist with batter, 25 to 35 minutes. Let cool completely on a rack.
Lift up the ends of the parchment or foil liner, and transfer the brownies to a cutting board. Cut into 16 or 25 squares.

Saya tes dengan tusuk gigi ketika menit ke 25, masih battery dan basah adonan. Setelah saya tambah lagi kurleb 7-10 menit, tusuk gigi yang sudah saya masukkan ke brownies masih ada sedikiiit basah/lembab adonan disertai moist crumbs clinging on it. Kemudian saya dinginkan hingga benar-benar dingin baru saya masukkan kulkas. Menurut pecinta brownies, brownies jauh lebih enak setelah nginep di kulkas. Dan emang bener..yumm..



Lihat aja tuh, bagian dalamnya super moist, slightly wet..just perfect! Kayana chewy brownies kesukaan saya juga kalah nih. Hihihi.. Kak Aisyah sekali makan ga cukup satu.. kuraaang :D Hasna pun ikutan karena ngiler.
Dengan baking powder aja teksturnya dense begini ya..klo ga pake kaya gimana yaaah..penasaran. Kapan2 cobain resep best cocoa brownies yang ga pake modif aah >.<

Senin, 24 Februari 2014

Dragonfly Bento

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bento, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Dragonfly Bento
link : Dragonfly Bento

Baca juga


Februari 2014


'Wooww..capuung', komentar kak Aisyah. 'Asiiik ada sosiiis', komentar Hasna. Beda anak beda fokus, hihihi.. 
Tema bento kali ini adalah dragonfly alias capung, setelah terinspirasi dari hasil browsing bento kreasi mbak Tata. Begitu lihat bento ini langsung deh bentuk si capung nempel di kepala karena pembuatannya yang (sepertinya) super simpel tapi cantik dan memang si capung ini benar2 stands out di bento mbak Tata dengan simplicitynya. Monggo deh, lihat kreasi mbak Tata, pastilah langsung jatuh cinta. Hihihi.. 
Dan pastinya, akan terlihat jelas lah skill photography saya yang super ecek-ecek ini. Jauuuh dari pict mbak Tata yang flawless, bright, seger deh pokoknya. Kalo foto bento saya pasti lah burem, karena harus dipoto pagi2 sebelum jam 8.30 sedangkan hanya mengandalkan lampu dapur seadanya. Matahari pun belum nongol meski udah jam 8 pagi kalo lagi musim winter gini T_T Dan boro-boro mau cari angle yang bagus, keburu anak-anak telat nungguin bekalnya masuk tas, hehehe.. 
Plus, saya hanya pake kamera smartphone pulak.. :p
Untuk membuat capung, saya pakai wortel untuk badannya, irisan tipis buncis untuk sayapnya dan bulatan keju + nori untuk matanya. Simpel bukaan..? ^^
Untuk lauknya, saya pakai yang lagi ada saja di rumah. Sosis goreng, imitation crab, sama telor dadar yang digulung bentuk bunga. Untuk seratnya, saya susun tomat dan apel. Voila! Jadi deh 2 bento capung kembar untuk kak Aisyah dan Hasna ^^ 

Jumat, 21 Februari 2014

MANFAAT BUAH PISANG

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MANFAAT BUAH PISANG
link : MANFAAT BUAH PISANG

Baca juga


Februari 2014



MANFAAT BUAH PISANG
Assalamu’alaikum wr wb.Hampir semua orang di Indonesia bahkan di Dunia sudah mengetahui keberadaan buah “Pisang” namun  yang mengetahui secara detail tentang buah yang satu ini saya rasa masih sedikit sekali,terbukti ketika saya melakukan survey kecil-kecilan kepada teman-teman satu kerjaan ( sekitar 100 Orang )  tentang buah pisang dengan pertanyaan sederhana yaitu “ Apasih buah pisang itu? Apa saja sih yang terkandung dalam buah pisang itu ? “ 99 % mereka
 menjawab “ tidak tahu 

Tapi saya yakin teman-teman bloger semua dimanapun anda berada pasti sudah pada tahu,kalaupun ada yang belum tahu saya rasa hanya sedikit saja hehe,ma’af bukan berarti saya sok tahu tentang hal ini,sama sih awalnya saya juga tidak tahu hehe,namun setelah baca-baca dan Tanya-tanya sama orang yang lebih ahli dalam perpisangan ahirnya tahu juga,dan pengetahuan ( walau sedikit ) tersebut ingin saya bagikan lagi melaului tulisan di blog sederhana ini,siapatahu ada guna dan manfaatnya untuk kita semua.

Pisang ( bahasa Indonesia ) Cau ( baha sunda ) dan orang Jawa Timur menyebutnya “Gedang”adalah nama umum yang diberikan kepada tumbuhan terna besar  yang berdau lebar raksasa ini,dan menghasikan buah konsumsi yang dinamakan Pisang,buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok tersusun menjari yang disebut sisir.

Buah pisang adalah bahan makanan yang merupakan sumber energy ( karbohidrat ) dan mineral serta kalium,perlu kita ketahui bahwa tida semua pisang menghasilkan buah konsumsi seperti yang kita lihat sehari-hari,tapi ada jenis lainya ( yang tidak menghasilkan buah ) yaitu pisang abaka,pisang hias,dan pisang kipas.

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia ( Asia Tenggara,Papua dan Australia ) pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis,tumbuhan yang satu ini sangat menyukai iklim tropis panas dan lembab,terutama di dataran rendah,atau di daerah hujan merata sepanjang tahun , dan buah pisang ini dalam produksinya tidak mengenal musim,yaitu dapat berbuah sepanjang tahun.

Pisang adalah merupakan buah tropis yang menjadi buah favorit untuk sebahagian orang ( masih ada lho yang nggak doyan pisang )  selain rasanya yang aduhai dan manis buah ini juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi,boleh dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu seperti dibuat pisang goreng,pisang bakar atau bahkan dijadikan kue serta roti pisang.

Karena buah pisang ini  sangat kaya akan nutrisi yang dikandungnya maka tidak ada salahnya kalau buah yang satu ini dimasukan kedalam daftar menu dessert( makanan pencuci mulut ) harian yang wajib di konsumsi setiap harinya,dan perlu anda ketahui bahwa satu buah pisang mengandung 110 kalori dan buah pisang ini merupakan buah yang bebas lemak dan kolestrol.

Pisang sangat terkenal akan kandungan potasiumnya,dengan kadar potassium hampir mencapai 400 mg untuk pisang berukuran sedang,lha bagaimana kalau pisangnya sebesar Tugu Monas berapa juta potasium yang ada didalamnya hahaha ( guyon ) dan potassium tersebut berguna untuk menjaga kesehatan jantung kita,selain itu potassium juga sangat baik untuk fungsi otot dan saraf serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sama seperti buah lainya Pisang juga kaya akan vitamin” C” rata-rata satu buah pisang berukuran sedang mengandung 10mg vitamin C atau sekitar 15 % dari rekomendasi vitamin C harian ,selain vitamin C pisang juga mengandung vitamin B6 ( lho ko bisa ? bukankah vitamin B6 itu dari product hewani ? ) itulah kehebatan pisang yaitu vitamin B6 yang disebut pyridoxine,satu buah pisang mengandung 35% dari rekomendasi vitamin B6 harian,gunanya untuk menumbuhkan sel-sel baru dalam tubuh kita.

Pisang juga mengandung “Mangan”mangan adalah mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk tulang yang sehat dan metabolisme,satu buah pisang beukuran sedang mengandung sekitar 3mg mangan untuk mencukupi kebutuhan harian.
Serat yang terkandung dalam buah yang satu ini sekitar 3 gram dari sebuah pisang berukuran sedang ,serat selain untuk menyehatkan pencernaan juga serat ini kita butuhkan untuk menjaga perut agar terasa kenyang lebih lama.

Nutrisi lain yang terkandung dalam buah pisang ( walupun ukuranya sedikit ) tapi sangat membantu untuk kesehatan tubuh kita yaitu: Magnesium.Kalsium.Fosfor.Vitamin A dan E .folat .Karoten serta asam amino.

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energy utama,makanlah pisang terutama setelah berolahraga untuk mengembalikan energy yang hilang,makan satu buah pisang direkomendasikan setelah sarapan gunanya untuk menjaga pasokan energy supaya tetap bertahan sampai waktunya makan siang ( Lunch )

Pisang adalah salahsatu buah-buahan yang mudah dicerna saat anda menderita gangguan pencernaan,pisang juga sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan anda bekerja keras,bahkan pisang yang dihaluskan ( dilumat )  sering dipakai sebagai makanan padat yang diperuntukan bagi bayi.

Demikian sekilas tentang buah pisang ,semoga ada guna dan manfaatnya untuk anda semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya ,dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari kekhilafan serta kesalahan,oh yah untuk anda yang ingin membuat olahan pisang sederhana resepnya bisa anda lihat disini.

Terimakaish
Dede Thea

Kamis, 20 Februari 2014

Resep Tongseng Kambing

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kambing, Artikel masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Tongseng Kambing
link : Resep Tongseng Kambing

Baca juga


Februari 2014

Pertama kali makan dan doyan tongseng kambing adalah ketika diajak teman kos saya makan tongseng di kawasan jatinegara. Lupa apa nama warungnya, tapi deket sama pasar maester. Bener kata temen saya ini, kuah tongsengnya seger, dagingnya empuk dan bumbunya berasa..
Keluarga besar saya di jogja bukan pecinta masakan berbahan kambing, jadi memang jarang ada masakan ini di rumah. Sedangkan hubby, dia dan keluarganya doyan banget sama yang namanya daging embek ini. Tapi setahu saya juga ga pernah bikin tongseng di rumah. Lebih sering dimasak rabek (yang juga enak..slurp!). Nah, ketika saya mencoba bikin sendiri masakan tongseng ini, suami suka beraat. Anak-anak juga. Apalagi kalau makan yang bagian ada tulangnya, nikmaat.. Meski pedes-pedes dan harus bolak-balik minum di tengah-tengah-tengah makan, tetep aja mereka doyan. Tapi supaya anak-anak ga terlalu kepedesan, sekarang biasanya takaran cabai saya kurangi..atau kadang diganti pakai cabai merah besar yang dibuang bijinya.




Beberapa kali kalau ada acara kumpul-kumpul sama teman-teman indonesia di rumah, saya masakin tongseng ini. Saya potong kecil-kecil dagingnya, banyakin kuahnya, biar jadi banyak, semua kebagian, hihihi.. Kata teman-teman, nendaaang rasanya. Aseli indonesah. Ya iyalah..bikinnya pake resep indonesah, hihihi..


Tongseng Kambing

Bahan-bahan:
500 gr daging kambing, potong-potong
1 batang sereh, digeprek
2 lembar daun salam
1 buah tomat besar, potong-potong
bbrp lembar daun kol, potong-potong
2 cm jahe, digeprek
5 sdm kecap manis
3 cabai merah, iris serong  tipis
700 ml santan
1 sdm air jeruk nipis

Bumbu halus:

1 buah shallot (4 butir bawang merah)
4 siung bawang putih
3 kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt kunyit
2 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus, sereh, daun salam dan jahe hingga wangi dan matang. 
2. Masukkan daging kambing, aduk hingga berubah warna. Masukkan santan dan kecap. Didihkan perlahan sambil sesekali diaduk.
3. Masukkan tomat, kol sesaat sebelum diangkat. Berikan perasan jeruk nipis. Siap dihidangkan

Saya jarang menggunakan kol dalam masakan tongseng saya. Bukan apa-apa, karena kol disini gede-gedee ukurannya..ga bisa beli setengah atau seperempatnya aja gtuh..Kan kalo beli sayang abisnya lama dan kadang keburu jamuran, hehe

Nah, ijo-ijonya saya pake acar aja. Biasanya saya bikin acar wortel mentimun yang tidak dimasak tapi hanya diguyur air panas saja dan tanpa cuka. Kalau pas bikin nanti saya posting insyaAllah..

MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel daging sapi, Artikel masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning
link : MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning

Baca juga


Februari 2014




Stok daging giling di kulkas masih ada sekilo. Tapi belum lama kemarin baru saja mbakso dan bikin perkedel daging. Pengen masak yang berbeda tapi males ribet. Kemudian ingat pernah lihat video tutorial meatloaf dari allrecipes.com, yang menurut saya sih super simpel dan gampang. Bahannya minimalis dan minim kerja (itu yang dicari.. :P)
Meatloaf ini masakan homey-nya orang amerika. Katanya sih udah resep turun temurun. Mungkin kalau di indonesah ya macem opor ayam gitu kali ya (sok tahu, hehe)
Singkat cerita, saya bikin itu meatloaf dengan loyang pirex yang saya punya. Mudah dan ga ribet. Baru saja saya angkat dari oven, eh ada tamu datang. Paaass..banget, untung masakan udah jadi. Langsung aja saya minta cicipi sekalian makan siang di rumah. Katanya enaak sodara-sodara. Mengingatkan pada rolade daging versi indonesia yang digulung pake telor tea.. Padahal saya sendiri malah belum pernah coba bikin rolade daging yang versi itu :p


Yuk mari, saya bagi resepnya.. Ini versi yang saya sudah modif ya


Ingredients:

1/4 cup (55 gram) packed brown sugar
1/2 cup (120 ml) ketchup
1/2 cup (120 ml) milk
1 1/2 pound (650 gram) ground beef
2 eggs
1 1/2 tsp salt
1/4 tsp ground black pepper
1 small onion, chopped and sauteed
3/4 cup breadcrumbs

Direction:

  1. Preheat oven to 350 degrees F (175 degrees C). Lightly grease a 5x9 inch loaf pan.
  2. Mix ketchup with brown sugar. Set aside
  3. In a mixing bowl, mix thoroughly all remaining ingredients and shape into a loaf. Pour the ketchup mixture on top of it.
  4. Bake in preheated oven for 1 hour or until juices are clear

Saya mengikuti saran dari para reviewer yang sudah mencoba resep ini, yaitu dengan menuangkan saus bukan di bawah loyang tapi di atasnya. Hasilnya seperti di foto, sausnya ada di atas. Lebih enak dan lebih cantik. Dan onion bisa diganti dengan bawang merah saja kemudian ditumis dulu sbelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
Dan karena saya orang indonesah tulen, teteup makannya harus pake nasi. Untuk pendampingnya saya bikin acar kuning. Segeerr.. Menurut saya, ini perpaduan yang mantab :D
Untuk acar kuningnya, saya pakai resep yang sering saya pakai sehari-hari.

Bahan-bahan:
2 buah wortel, potong-potong panjang
3/4 buah mentimun panjang, buang bagian dalam, potong-potong panjang
1 butir shallot* (4 butir bawang merah)
2 siung bawang putih 
2 butir kemiri
1/4 std kunyit bubuk
100 ml santan
1/2 lemon, peras airnya
gula dan garam secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan shallot, bawang putih dan kemiri
2. Tumis bumbu halus dan kunyit hingga wangi, masukkan wortel. Tumis sebentar kemudian masukkan santan.
3. Setelah wortel agak matang, masukkan mentimun. Aduk sebentar. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Masukkan perasan lemon. Angkat

Selamat mencoba ^^

Hello Kitty Bento & Little Girl Bento

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel bento, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hello Kitty Bento & Little Girl Bento
link : Hello Kitty Bento & Little Girl Bento

Baca juga


Februari 2014




Pertama kali tertarik dengan bento karena lihat salah satu channel di youtube yang mempraktekkan bento hello kitty. Lucuu banget. Jadi pengen sesekali bikin bento untuk bekal anak-anak ke sekolah. Akhirnya saya niatin bikin bento pertama untuk bekal kak Aisyah ke sekolah. Saya buat onigiri snowman. Woww..dia seneng banget. Dan ternyata teman-teman Aisyah juga tertarik. Bahkan kotak bekalnya pun sampai difoto sama salah satu gurunya. Hihihi..jadi senyum-senyum sendiri. Sayang waktu itu belum difoto :p 
Sejak itu, saya jadi suka menyempatkan bikin bento untuk bekal anak-anak kalau sedang tidak repot. Toh bawa bekal cuman 1-2 kali seminggu :)

Saya nemu satu blog bento yang keren abiss. Ga cuman bentonya yang lucu & artistik, fotografinya juga oke. Bisa lamaa kalo menikmati blog ini. Gambarnya bagus-baguuus >.<
Ini alamatnya bonitofood
Have a nice day ^^

Tartine's Brownies

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel brownies, Artikel chocolate, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tartine's Brownies
link : Tartine's Brownies

Baca juga


Februari 2014


Browniiiies..can't get enough of them. Meski udah dapet resep brownies yang chewy, yummy dan pas ama selera saya, ternyata tetep aja ga bisa menahan diri untuk mencoba resep-resep brownies yang lain. Teruus eksplor dari satu blog ke blog lain, dari satu resep ke resep lain. Apalagi kalau foto penampakannya menggoda dan comment nya banyaak. Salah satunya ya brownies yang satu ini. Dari fotonya terlihat brownies dengan tekstur khasnya yang padat, crisp di luarnya tampak renyah sedangkan bagian dalamnya tampak sangat nyoklat, chewy dan gooey. Just like my favorite!
Oiya, saya sebenarnya suka juga dengan brownies kukus seperti yang terkenal di Bandung ituh. Tapi menurut saya itu bukan brownies, lebih pas disebut cake karena teksturnya yang memang seperti cake. Untuk brownies, yang saya cari ya tekstur yang padat seperti ini. Anyway, it's all about your preference, right?
Hal lain yang membuat resep ini menarik adalah cara membuatnya yang dengan mengocok adonan basah (mentega, gula, telur) hingga mengembang, tapi kok penampakannya tetep dense dan goey. Sama sekali ga cakey.
Yak, lagi-lagi saya pakai resep dari blognya madam patricia. Disini linknya.

Berikut saya copykan resepnya yahh..

¾ cup (170g) unsalted butter
455g (1 pound) bittersweet chocolate, coarsely chopped – I used 70% cocoa solids
5 large eggs
2 cups (350g) light brown sugar, packed*
½ teaspoon salt
1 teaspoon vanilla extract
1 cup + 2 tablespoons (125g) all purpose flour

Preheat the oven to 180°C/350°F. Butter a 23x33cm (9x13in) glass baking dish with foil and butter the foil as well.
In a small saucepan or a microwaveable bowl, melt the butter over low heat. Remove from the heat/microwave and stir in the chocolate. If it's not fully melted, return over low heat for 10 seconds or microwave on low power for 15 second-intervals, stirring in between, until it is melted. Cool completely.
In the large bowl of an electric mixer, combine the eggs, sugar, salt, and vanilla. Beat on high speed for about 4-5 minutes, after which the batter will fall from the whisk in thick ribbons that slowly sinks into the surface. Fold the chocolate into the eggs with a rubber spatula. Sift the flour over the surface and fold in gently. Pour into the dish and smooth the top. Bake for 25 minutes (the top will slightly crack-- a cake tester won't be accurate for this one).
Let cool completely before cutting.


Saya buat 2/3 resep dengan loyang 20x20 cm, dengan suhu 175 C dan menambahkan 10-15 menit (karena pada menit 25 di tengah kue masih basah). Hasilnya? Persis seperti dibilang di blognya Madam Patricia, saat dimakan memang 'like biting into foam'. Hal ini tentunya dikarenakan pengocokan adonan basah hingga mengembang tadi. Teksturnya jelas berbeda dari chewy brownies favorit saya, tapi yang ini juga spesial, in a different way.
Sayangnya, dalam keadaan dingin (setelah masuk kulkas), sensasi biting into foamnya kok hilang. Teksturnya jadi mengeras (karena mengandung butter), jadi saya harus menghangatkan ulang di microwave sebelum dimakan. Sebenarnya enak juga sih, dimakan langsung dari kulkas..tapi ya jadinya ga spesial lagi dan seperti brownies biasa. Karena menurut saya brownies ini lebih sedep karena sensasi foamynya.
Tertarik? Monggo dicoba ^^

(almost) Red Velvet Cake

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cake, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : (almost) Red Velvet Cake
link : (almost) Red Velvet Cake

Baca juga


Februari 2014


Kenapa almost red? Karena memang belum merah warnanya, masih merah marun alias merah kecoklatan :p .Pengennya merah yang dramatic kaya yang di Joy of Baking. Tapi apa daya, pewarna merahnya di dapur cuman ada sebotol kecil. Sedangkan udah penasaran banget bikin (plus males lagi belanja keluar rumah, hehe). Gapapa, yang penting rasanya tetep mantaaab. 

Meski lemaknya didapat dari butter (beberapa resep velvet cake lain memakai minyak), tapi hasil cakenya ternyata lembut dan moist juga light menurut saya. Ditambah dengan cheese cream frosting yang super rich dan ngeju, cake ini langsung jadi favorit di rumah. Pantas saja cake ini sangat populer, karena selain penampilannya yang dramatis, rasanya pun enakk. Cream cheese frostingnya manis, cheesy, sama sekali ga eneg. Saya pakai resep dari Allrecipes.com. Ini link nya. 

Berikut yah saya copykan resepnya (males ngetik :p)

Ingredients:
2 1/2 cups (250 grams) sifted cake flour
1/2 teaspoon salt
2 tablespoons (15 grams) regular or Dutch-processed cocoa powder
1/2 cup (113 grams) unsaltedbutter, at room temperature
1 1/2 cups (300 grams) granulated whitesugar
2 largeeggs
1 teaspoon purevanillaextract
1 cup (240 ml) buttermilk
2 tablespoons liquid red food coloring
1 teaspoon white distilled vinegar
1 teaspoon baking soda

Directions:
1. Preheat oven to 350 degrees F (175 degrees C) and place rack in center of oven. Butter two - 9 inch (23 cm) round cake pans and line the bottoms of the pans with parchment paper. Set aside.
2. In a mixing bowlsifttogether the flour, salt, and cocoa powder. Set aside.
3. In bowl of your electric mixer, or with a hand mixer, beat the butter until soft (about 1-2 minutes). Add the sugar and beat until light and fluffy (about 2-3 minutes). Add the eggs, one at a time, beating well after each addition. Scrape downthe sides of the bowl.Add the vanilla extract and beat until combined.
4. In a measuring cup whisk the buttermilk with the red food coloring. With the mixer on low speed, alternately add the flour mixture and buttermilk to the butter mixture, in three additions, beginning and ending with the flour.
In a small cup combine the vinegar and baking soda. Allow the mixture to fizz and then quickly fold into the cake batter. 
Working quickly, divide the batter evenly between the two prepared pans and smooth the tops with an offset spatula or the back of a spoon.
5. Bake in the preheated oven for approximately 25 -30 minutes, or until a toothpick inserted in the center of the cakes comes out clean. 
Cool the cakes in their pans on a wire rack for 10 minutes. Place a wire rack on top of the cake pan and invert, lifting off the pan. Once the cakes have completely cooled, wrap in plastic and place the cake layers in the refrigerator for at least an hour (or overnight). (This is done to make filling and frosting the cakes easier.)


Saya hanya buat setengah resep (hanya 1 layer), dan menggunakan loyang kotak 20x20cm. Maklum, belom punya loyanh bulat. Ihiks..
Saya potong 4x4 menjadi 16 kotak kecil seperti di atas. Jadinya mirip potongan brownies yah, hehe..gapapa lah yg penting rasanya dapet. Puaaas deh pokonya..sama rasanya, kata hubby cakenya lembut dan enak :) 
Tertarik? Yuk ah, dicoba ^^

Rabu, 19 Februari 2014

Jangan (Sayur) Tempe Buncis

Februari 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Februari 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel buncis, Artikel masakan, Artikel Sayur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jangan (Sayur) Tempe Buncis
link : Jangan (Sayur) Tempe Buncis

Baca juga


Februari 2014


Kalau di jogja, sayur jenis ini lebih populer dengan nama jangan tempe lombok ijo. Agak berbeda memang, kuah santannya aslinya putih. Isinya juga hanya tempe dan irisian lombok ijo (cabai hijau besar). Tapi saya lebih suka ditambah blenderan cabai merah, supaya warnanya ga pucat dan lebih 'mengundang'. Hehe.. Dan supaya judulnya beneran 'sayur', saya tambahin deh sayur buncis. Enak lho..
Dihidangkan dengan nasi putih anget mengepul, hmm..yumm! Atau pakai lontong juga enak lho, jadi deh menu sarapan pagi. Sluurp!

Bahan-bahan:
1/2 papan tempe, potong dadu, goreng sebentar untuk menghilangkan bau langu tempe
150 gram buncis, potong serong tipis
3 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih, iris tipis,
3 cabai merah besar, haluskan
1 lt santan sedang
gula & garam secukupnya

Cara:
1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai. Masak hingga matang kurang lebih 5 menit
2. Masukkan santan, didihkan. Masukkan tempe dan buncis, juga gula dan garam. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Cicipi, sesuaikan gula dann garam sesuai selera.

Gampang dan simpel bukaan? Kalau gamau pedas, cabai merah bisa diskip atau dibuang bijinya. Selamat mencoba ^^



Tentang Kami