Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Jumat, 27 Juni 2014

KOLEK / KOLAK PISANG

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KOLEK / KOLAK PISANG
link : KOLEK / KOLAK PISANG

Baca juga


Juni 2014

Assalamu’alaikukum wr wb.Siapasih yang tak kenal sama yang namanya kolak/kolek,di Indonesia yang namanya kolek sangat populer apalagi pada bulan Ramadhan,karena yang namanya kolek ini identik dengan buka puasa ( disebut makanan  Tak’jil ),dan saya yakin seyakin-yakinya bahwa sobat and sobit blogger semuanya pasti sudah tahu dan pernah makan makanan yang satu ini.
Sebenarnya kolek pisang ini sudah saya postingkan tahun lalu,dengan judul “MOHON MAAF “namun postingan tersebut cenderung lebih ke resepnya dan condimentnya saja ,untuk kali ini saya akan sharekan mungkin lebih ke tipsnya, disana di tulis bahwa pisangnya harus dikukus terlebih dahulu,pertanyaannya kenapa harus dikukus dulu ??kenapa nggak langsung saja dikupas dan diceburkan kedalam kuah kolek,bisa and boleh banget ko tapi.............................

Untuk menghasilkan sensasi rasa kolek pisang yang  enak dan lembut dimulut yaitu dengan cara pisang tersebut dikukus terlebihdahulu sampai matang ( jangan terlalu lembek ) pengukusan ini dimaksudkan untuk menghilangkan rasa sepat / sepet yang terdapat pada buah pisang.itulah alasanya kenapa harus dikukus dulu.Kemudian setelah matang  lalu angkat dan biarkan sampai dingin,baru kemudian dikupas dan dipotong-potong sesuai dengan selera anda.

BAHAN KOLEK PISANG:
  • 2 bj Pisang kepok / pisang candi atau sejenisnya
  • 100 gr Gula merah / gula aren ( sesuaikan dengan selera anda )
  • 2 sdm Gula pasir ( yang bersih )
  • 1 btr Kepapa parut ( ambil santanya ) jadi 4 gelas
  • 2 lmbr daun pandan
  • 1 sdt Tepung maizena / tepung kanji
  • 0,5 sdt garam halus yang bersih
  • 100 gr Kulang-kaleng

 Caraya:

Masak santan dengan api sedang,masukan daun pandan garam,masak sampai matang,namun jangan sampai pecah,kemudian cairkan gula merah dengan sedikit air kemudian masak sampai mencair ,masukan juga gula pasir yang sudah disiapkan tadi,aduk sampai rata,kemudian saring.

Campurkan santan  dan gula yang sudah disaring tadi kemudian masak lagi sambil diaduk-aduk perlahan.Kukuspisang sampai matang(  Jangan terlalu lama agar tidak lembek )kemudian angkat dan kupas ,lalu potong-potong sesuai selera anda,kemudian masukan kedalam santan yang sudah dicampur gula tadi,masak lagi dengan api kecil saja,masukan juga kulang-kalengnya,

Cairkan tepung maizena / tepung kanji dengan sedikit air,( Gunanya untuk memperlembut rasa kuah kolaknya )aduk rata lalu masukan kedalam kolak yang hampir jadi itu,aduk sampai rata.Setelah semua dirasa cukup maka matikan apinya dan angkat kolak yang sudah jadi itu,kemudian hidangkan di piring atau mangkuk yang sudah anda sediakan sebelumnya…..Selamat mencoba,,,,,,,,

Terimakasih
Dede Thea
.......................sambungan dari : JULUKAN
Balikpapan: Kota Beriman (Bersih, Indah, Aman, Nyaman), Kota Minyak.Banjarmasin: Kota Seribu Sungai, Bumi Antasari, Kota Bungas (Bersih, Unggul, Aman, Asri).Martapura: Kota Intan, Kota Serambi Makkah, Kota Santri.Bontang: Kota Taman.Mempawah: Kota Bestari.Ngabang: Kota Intan.Palangkaraya: Kota Cantik.Sampit: Kota Mentaya.Pontianak: Kota Khatulistiwa, Kota Bersinar, Kota Seribu Parit.Samarinda: Kota Tepian. Sendawar: Kota Beradat.Singkawang: Kota Amoi, Kota Seribu Kelenteng.Tarakan: Kota Paguntaka, Kota Singapura Kecil, Kota Bakau, Kota Makanan Laut.Tenggarong: Kota Raja


Senin, 23 Juni 2014

KERAMAS

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KERAMAS
link : KERAMAS

Baca juga


Juni 2014

MARI  KITA ( KERAMAS ) HATI DARI SEGALA DENGKI,MARI KITA ( KERAMAS ) JIWA DARI SEGALA DOSA ,
yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba 'alaykumu alshshiyaamu kamaakutiba 'alaa alladziina min qablikum la'allakum tattaquuna183.
“ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”,


Puasa Ramadhan yang diwajibkan Alloh kepada seluruh umat muslim adalah yang ditujukan untuk menghamba kepada Alloh,seperti yang tertera dalam Al Qur’an surah Al Baqarah 183,hikmah dari puasa ( Shaum ) itu sendiri adalah melatih manusia untuk bersabar dalam menjalani hidup,sabar dalam artian “ gigih dan ulet ketika melaksankan segala kewajibanya sebagai umat.

Menjelang bulan puasa biasanya ada ritual khusus  di daerah-daerah tertentu sesuai dengan tradisinya masing-masing,seperti  Megengan ( Surabaya Jawa Timur )Meugang ( Aceh Darussalam )Munggahan ( Jawa Barat )Nyadran ( Jawa )Nyorog  ( Betawi ).

Ketika saya kecil dulu ada ritual khusus yang dilakukan oleh keluarga yaitu “ Keramas “ untuk  membersihkan diri dari dosa dengan cara mandi keramas,dengan harapan segala dosa yang ada dalam diri larut terbawa air yang kita pakai untuk mandi tersebut.

Terlepas dari itu semua yang terpenting adalah niatnya,niat beribadah hanya karena Alloh semata.

Untuk itu sebelum melaksanakan Ibadah Shaum saya ingin berkeramas diri dengan cara “memohon maaf “ kepada semua sobat sobit blogger  barangkali ada dosa yang terasa maupun yang tidak terasa,mohon dimaafkan,mudah-mudahan amal Ibadah Puasa kita semua diterima oleh Alloh s w t ,amiin amiin Allohuma amiin.
……………Sambungan dari JULUKAN:
Sumatera:
Banda Aceh ( Kota Serambi Mekkah ) Binjai ( Kota Rambutan ) Padangsidempuan ( Kota Salak ) Bukitinggi ( Kota Tri Arga, Kota Jam Gadang, Kota Wisata, Paris Van Andalas)Dumai ( Kota Pelabuhan ) Lampung (Kota Kain Tapis, Kota Pisang ) Medan( Kota Melayu Deli ) Pekanbaru ( Kota Bertuah ) Padang Panjang ( Serambi Mekah ) Palembang ( Kota Pempek ) Tanjungpinang ( Kota Gurindam ) Tanjungbalai ( Kota Kerang ).

Terimakasih
Dede Thea


Sabtu, 21 Juni 2014

Asinan Buah tanpa Cuka (Repost)

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel asinan, Artikel fruit salad, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Asinan Buah tanpa Cuka (Repost)
link : Asinan Buah tanpa Cuka (Repost)

Baca juga


Juni 2014


Asinan buah lagii.. Dimakan dingin-dingin dari kulkas, pas cuaca lagi panas, syegeeerr.. Kali ini saya bikin buat acara syukuran temen. Resep dasarnya masih setia pake resep yang pernah saya posting duluu. Bedanya, kali ini pake cherry. Mumpung lagi musim dan murah meriah..
Oiya, resep ini saya adaptasi dari Asinan Buah tanpa Cuka by Mika di postingan Mba Camelia. Silahkan meluncur ke link tersebut untuk lihat resep aslinya yaa.. Klo yang versi saya udah diedit sedemikian rupa menyesuaikan selera dan kantong kami, hihihi.. Alhamdulillah temen-teman pada suka dan selalu laris maniiss

Berikut saya copykan dari postingan saya yang dulu

Asinan Buah Tanpa Cuka

3 cabai merah ukuran agak besar, buang bijinya (boleh ngga dibuang kalo mau lebih pedes)
300 gr gula pasir
3 buah lemon ukuran sedang-besar (bisa diganti jeruk nipis)
200 ml air
2 sdt garam
buah-buahan sesuai selera
>> biasanya saya pakai 1 mangga ukuran sedang-besar, 3-4 buah apel, 1/2 buah nanas dan 1 timun, kali ini plus cherry secukupnya
kacang kering untuk taburan

Cara membuat:
1. Blender cabai. Rebus bersama air dan gula hingga mendidih dan gula larut
2. Saring air rebusan cabai
3. Tambahkan garam dan air perasan jeruk lemon atau nipis.
4. Masukkan buah-buahan.
>> Inapkan di kulkas semalaman, air buah akan keluar dan kuah menjadi 2 hingga 3 kali lipat lebih banyak. Bisa ditambah air kalo kepedesan ato keasinan, tapi jadinya kurang kental airnya. Bisa juga ditambah perasan jeruk lagi kalo kurang asem
5. Sajikan dengan ditaburi kacang di atasnya (opsional)

Note:
-kalo bisa dapet bengkoang, kedondong atau pepaya mengkal lebih mantab lagi. di sini ga ada, klopun ada, mahaaal T_T
-feel free untuk mengurangi takaran gula, garam dan perasan jeruk. bisa disesuaikan selera masing-masing. resep di atas yang paling sedap menurut selera kami ^^
-bisa ditambah cabenya klo mau lebih merah lagi airnya ato mau lebih pedas

Kamis, 19 Juni 2014

JULUKAN

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : JULUKAN
link : JULUKAN

Baca juga


Juni 2014

Assalamu’alaikum war wb.Apa kabar sobat sobit blogger semuanya ? saya selalu berharap kalau pada saat ini sobat dan sobit blogger semuanya sedang dalam lindungan Alloh swt, serta dalam kondisi yang sehat wal’afiat tentunya.dan Alhamdulillah saya juga masih diberikan kesempatan untuk berselancar di alam maya ini sehingga bisa saling bergagi rasa, bertukar cerita saling memberi dan saling menerima pastinya hehehe……

Berawal dari sebuah pertanyaan seorang rekan kerja ( yg sedang mengisi TTS ) yang ada di koran bekas hehehe,pertanyaanya adalah “ Julukan Kota Martapura “ sepontan saya jawab “Kota Intan “ dan ternyata benar,nahhhh pertanyaan tersebut menginspirasi saya untuk memposting Julukan bagi kota-kota yang ada di Indonesia tercinta ini,wah oke juga nih hehehe,siapa tahu ada guna dan manfaatnya untuk kita semua hehe….

Sebelumnya mohon maaf apabila ada sebutan / julukan yang salah atau kurang tepat ini hanya yang saya tahu saja,juga apabila ada yang tidak saya tuliskan / terlewatkan ,silahkan sobat blogger bisa menambahkannya di kotak komentar yang ada dibawah.

Inilah julukan Daerah / Kota yang ada di Indonesia:

1.Pulau Jawa.
  • Cilegon Kota Baja.
  • Pandeglang Kota Badak the Sunset of Java Kota berkah
  • Serang Kota Santri
  • Bandung Kota Kembang / Paris Van Java / Kota Pramuka / Kota Zakat / Kota Mode
  • Bekasi Kota Patriot
  • Bogor Kota Hujan / Kota Petir
  • Cirebon Kota Udang / Kota Wali / Kota Berintan ( bersih,indah,tertib,aman )
  • Garut Kota Domba / Kota Dodol / Swiss van Java.
  • Indramayu Kota Mangga
  • Karawang Kota Pangkal Perjuangan / Kota Industri
  • Sumedang Kota Tahu
  • Tasik Kota Santri
  • Kuningan Kota Kuda
  • Brebes Kota Bawang / Kota Telur Asin / Bombay Van Java
  • Jepara Kota Ukir / The Beauty of Java / kota Durian
  • Kendal Kota Santri
  • Kudus Kota Kretek / The taste of Java / kota Semarak
  • Bantul Kota Geplak / kota seniman / kota Pasar Tradisional
  • Sleman Kota Salak Pondoh
  • Yogyakarta Kota Gudeg / Kota Pelajar / Kota seni dan budaya Kota Istimewa
  • Babat Kota Wingko
  • Batu Kota Wisata
  • Blitar Kota Proklamator
  • Bojonegoro Kota Tayub / Kota Jati
  • Nganjuk Kota angin
  • Kediri Kota Tahu
  • Lamongan Kota Soto
  • Situbondo Kota Burung / Afrika Van Java
  • Pasuruan Kota Santri
  • Ponorogo Kota Reog
  • Sampang Kota Sate
  • Sidoarjo Kota Udang
  • Sumenep Kota Garam
  • Surabaya Kota Pahlawan

Demikian Julukan sebahagian Kota-kota yang ada di Pulau Jawa,sebenarnya masih banyak kota yang tidak saya sebutkan disini insyaAlloh dilain kesempatan akan saya lanjutkan lagi,baik dari Pulau Jawa,Sumatera ,Kalimantan dan Pulau-pulau lainya yang ada di Nusantara tercinta ini.

Terimakaish
Dede Thea

Tumpeng Nasi Kuning & Step by step

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jualan, Artikel tumpeng, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tumpeng Nasi Kuning & Step by step
link : Tumpeng Nasi Kuning & Step by step

Baca juga


Juni 2014

Bikin pesenan nasi kuning komplit untuk 50 orang (plus tumpeng) adalah pekerjaan besar bagi tukang masak amatiran seperti kami. Jadi untuk memastikan selesai dengan lancar, kami bela-belain berepot-repot ria sejak H-2. Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu. Meski badan capek-capek dan mata pedess karena begadang, tapi langsung jadi segerrr setelah kami dihadiahi pujian tulus dari para tamu yang datang, baik dari yang kenal maupun yang ga kenal. Alhamdulillah, laba emang ga seberapa tapi ternyata apresiasinya ini lhooh yang jauh lebih berharga, buat saya.. :) :) :)
Oiya, selain jadi tukang masaknya, kami juga termasuk tamu undangan lho. Makanya kami bisa mendengar pujian langsung dari para tamu. Hihihi..
Sebagai amatir, pastinyaa kami masih tahap belajar. Tapi setidaknya pengalaman kemarin bisa menjadi acuan. Saya coba tuliskeun disini, untuk catatan dan evaluasi.. sapatauuu..ntar dapet orderan lagi :P ato bikin untuk syukuran sidang PhD suami sendiri yang insyaAllah ga lama lagi (semogaaa..aamiin). Semoga bisa bermanfaat juga buat temans sekaliyann..
Kami ngikutin step by step numpeng di website NCC. Bener-bener bermanfaat artikel ini. Terimakasih sekali lagi untuk Bu Fatmah dan timnya. Barakallahu fiihim..

Berikut list resep lauk pauk yang kami pakai kemarin yah..

1. Ayam Bakar Bumbu Rujak
Saya pernah share di blog. Silahkan klik disini untuk liat resepnya
the star, besides the yellow rice of course ;)
Testimoni para tamu, ayamnya enak banget. Ada yang bilang, mengingatkan pada 'Sederhana' (resto). Aih, jadi geer deh yang masak ;P
Alhamdulillah tamu yang bule juga pada suka banget. Boleh nih ikutan order. Silahkan hubungi bu manejer yak, hihihi..

2. Kering Tempe
Meski bundo bilang ini masakan mah ngga bundo banget karena citarasanya yang dominan maniss, tapi alhamdulillah tamunya suka. Bisa bangett bikin garing kriuk-kriuk katanya. Ya iyya laah..bikinan si bundo gitu lhoh, hihihi

Resepnya kami pakai dari NCC. Tapi untuk tipsnya supaya bisa garing bin kriuk-kriuk, nantikan artikelnya di blog si bundo yahh ;)

3. Perkedel Kentang
Kalo yang ini favoritnya bule eropah. Mungkin karena rasanya mirip mashed potato kali ya *ngarang*
Silahkan klik di sini  untuk resepnya.


4. Urap Sayur
Resep menyusul yah, foto dulu *piss*
bonus tahu isi dari bundo dori
5. Sambel goreng tomat
Resep menyusul ^^v

6. Telur dadar rawis
Ini mah kaya bikin telur dadar biasa trus diiris-iris. Ga perlu resep kyana yaa :D

Nhaah sekarang, mari kita runut urutan kerjanya..
1. H-2, belanjaa.. Rinci resep dan list belanjaan sebelum blanja supaya ga bolak-balik keluar rumah.
2. H-2 dan H-1 pagi, racik bumbu kemudian simpan di kulkas hingga dipakai
3. H-2, masak kering tempe. Simpan di wadah kedap udara setelah benar-benar dingin supaya tetap renyah.
4. H-1 pagi, ungkep ayam. Dibakar hari H pagi.
5. H-1, membuat adonan perkedel dan dibentuk bulat-bulat. Simpan di kulkas untuk digoreng di hari H
6. H-1, menyiapkan tampah dan alas daun pisang beserta hiasan kerucut di pinggirannya. Olesi daun pisang dengan minyak supaya lebih awet segernya. Bisa sekalian menyiapkan hiasannya (bunga cabe, wortel dll)
7. H-1 malam, membuat telur dadar rawis
8. H, membuat nasi kuning, sambil membakar ayam dan atau menggoreng perkedel.
9. H, membuat urap sayur. Ini lauk yang terakhir, setelah bakar ayam dan goreng perkedel supaya sayuran masih seger saat dikonsumsi siangnya
10. The most fun part, menyusun tumpeng. Silahkan keluarkan semua jurus dan citarasa seni yang tersimpan dalam diri anda, xixixi..

Taraaa..kelaar deh kerjaan. Karena pesenannya banyak, sebagian nasi kuning dan lauk pauk disajikan di piring saji terpisah diluar tumpeng.. Jangan lupa ditutup plastik sebelum dianter yaa

Numpeng yuuuk ^^

Fish n Dips

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan, Artikel masakan, Artikel seafood, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Fish n Dips
link : Fish n Dips

Baca juga


Juni 2014


Setelah beberapa hari kemaren (sok) sibuk nyiapin tumpeng pesenan, akhernyaa skrg bisa ngeblog lagiii :D
Kali ini saya mo sharing resep berbahan dasar ikan, fillet ikan putih pangasius tepatnya. Sebenernya kemaren saya sempet mati gaya pas mo mengolah ikan ini, bingung mo diapain. Terus kok kepikiran dibikin ikan goreng crispy dengan resep ayam goreng tepung ini. Hasilnya ternyata ga mengecewakan sodara-sodara. Anak-anak doyan banget. Malah sampe digadoin. Kalo ga distop itu lauk bisa abis dicemilin doang. Yaa..gapapa sih sebenernya..toh makanan sehat ini..masalahnya emaknya ini masih males masak lagi. Jatah masaknya kan cuman sekali seharii, hihihi
Mari kita sebut masakan ini dengan nama Fish n Dips, plesetan dari Fish n Chips. Kenapa fish n dips, karena yang asli mah pake chips nhah yang plesetan ini cuma crispy fish nya aja yang kemudian makannya dicelup (dip) ke saos atau mayonaise, jadilah fish n dips *maksaaa deeh*

Fish n Dips (Ikan Goreng Crispy)

Bahan:
500 gr fillet ikan putih (saya pake pangasius), potong-potong
60 gr terigu serbaguna
30 gr maizena
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 butir telur, kocok lepas
1 bawang putih, haluskan
minyak goreng

Cara membuat
1. Lumuri ikan dengan bawang putih dan sedikit garam. Diamkan kurang lebih 15 menit (sambil menyiapkan adonan tepung
2. Campurkan terigu dan maizena dengan garam dan merica bubuk
3. Celupkan ikan ke dalam kocokan telur kemudian masukkan ke campuran tepung sambil ditekan-tekan supaya tepung menempel. Ulangi 2 kali untuk hasil kulit crispy yang lebih tebal.
4. Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan dan kulit tepungnya mengeras
Sajikan dengan saos sambal atau mayonaise

Selamat mencoba..semoga bermanfaat ^^



Senin, 09 Juni 2014

Mie Goreng

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel masakan, Artikel Mie, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mie Goreng
link : Mie Goreng

Baca juga


Juni 2014

 
Menu andalan nih kalo Hasna lagi susah makan. Meskipun anak satu ini picky banget urusan makanan, tapi kalo untuk mie, pasta dan sejenisnya hampir ga pernah Hasna ga doyan. Terutama masakan yang satu ini. Manis gurih bumbunya bikin nambah lagi nambah lagi. Bikinnya simpel dan gampang pula. Biasanya untuk pelengkapnya, saya bikin acar favorit ayah. Tapi karena keburu pada lapeeer..kali ini pake pelengkapnya cabe ijo sama tomat mini aja :P

Mie Goreng 
ala Mama Aisyah

Bahan
1 pak mie kuning, rebus sesuai keterangan di kemasan, tiriskan
1 bok coy (atau sawi)
1 buah wortel, potong korek api
1 butir telur
1 sdm saos tiram
kecap secukupnya
1 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica
minyak goreng untuk menumis
air secukupnya

Bumbu halus
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 kemiri

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan telur, orak arik sebentar. Tambahkam wortel, tumis sebentar. Tambahkan air, biarkan wortel agak lunak
2. Masukkan mie, saos tiram, kecap dan gula-garam-merica secukupnya. Aduk rata. Masak sebentar hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan


Selamat mencoba^^

OTAK-OTAK UDANG

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : OTAK-OTAK UDANG
link : OTAK-OTAK UDANG

Baca juga


Juni 2014

Assalamu’alaikum wr wb.Kebetulan hari ini lagi libur dari kesibukan rutin harian ( Kerja ) jadi ada kesempatan untuk berbagi dengan sobat sobit blogger semuanya,oh ya apa kabar sobat sobit blogger semua….seperti biasa saya selalu berharap bahwa hari ini kita semua sedang berada dalam lindungan Alloh swt,amiin Allohuma amiin.

Sobat and sobit blogger pasti sudah tahu atau paling tidak pernah mendengar  yang namanya “ Otak- otak “ ,makanan yang satu ini bahan bakunya adalah ikan tenggiri,bentuknya sangat sederhana namun soal rasa tidak kalah dengan makanan yang ada resto besar dan megah,untuk sobat blogger yang tinggal di Jakarta pasti sudah mengenal  makan sederhana  yang satu ini,
Otak-otakawalnya adalah dari Malaysia dan Singapura ,tapi ada juga yang mengatakan makanan asli Indonesia ( belum jelas ) di Indonesia sendiri makann yang satu ini banyak dijumpai di beberapa daerah sekitar jalur Pantura atau daerah pesisir.

Biasanya yang namanya otak-otak ini berbahan dasar ikan tenggiri,namun yang akan saya sharekan kepada sobat sobit blogger kali ini adalah otak-otak  dengan menggunakan bahan dasar udang,inspirasi ini saya dapatkan ketika membuat Siomay Udang,nah lho,,,,iya dong kalau waktu itu saya bisa membuat siomay dari udang kenapa tidak bisa kalau otak-otak juga memakai bahan dasar udang hehe…

Untu sobat sobit blogger yang ingin mencoba membuat otak-otak udang silahkan sedot saja resepnya dibawah ini,caranya sederhana dan sangat mudah,apalagi kalau sobat and sobit blogger yang hobi diam di dapur hehe

Bahanya :

  • 1/2 kg Udang kupas ( segar ) dihaluskan.
  • 200 ml Santan
  • 150 gr Tepung tapioka
  • 2 butir bawang putih, haluskan
  • 1 butr putih telur
  • Merica, garam, gula ( secukupnya )
  • Daun Bawang diiris tipis ( secukupnya )
  • Daun Pisang untuk membungkus


Caranya:

Campur semua bahan yang sudah di siapkan sebelumnya,kemudian aduk perlahan sampai semua bahan tersebut tercampur rata dan kalis,kemudian bungkus menggunakan daun pisang,untuk ukuran besar dan kecilnya otak-otak tersebut disesuaikan dengan selera sobat masing-masing,namun saran saya sih jangan terlalu tebal atau besar karena akan sulit membakarnya,maksudnya bagian dalamnya sulit untuk matang.

Siapkan bakaran khusus seperti wajan yang terbuat dari tanah liat  ( sangrayan ) kemudian bakar otak-otak tersebut sampai daun pembungkusnya berwarna kecoklatan dan dalamnya matang tentunya .

Saos kacang:

  • Cabe merah ( dihaluskan )
  • Kacang goring ( dihaluskan )
  • Saos sambal
  • Garam,gula.Cuka


Tumis cabai yang sudah dihaluskan tadi,kemudian masukan kacang gilingnya,juga garam,gula dan cukanya,tambahkan sedikit air,masak terus ( api kecil ) kalau semua dirasa sudah cukup ,angkatlah ,dan sekarang tinggal menyajikanya,

Demikian sekilas tentang cara sederhana membuat makanan yang disebut otak-otak udang ,semoga ada guna dan manfaatnya untuk kita semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf saja,dimana sebagai manusia biasa tentunya tidak pernah luput dari kealfaan serta kekhilafan.

Terimakasih
Dede Thea
  

Minggu, 08 Juni 2014

Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cake, Artikel pisang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer
link : Moist Banana Cake (no mixer!)/ Bolu Pisang Moist Tanpa Mixer

Baca juga


Juni 2014


Paling seneeeng kalo utak atik resep demi memanfaatkan bahan di dapur, eh jadinya enaak melebihi ekspektasi. Soalnya kadang bikin cake dengan ngikutin plek resep aja kadang ga jadi. Bantat lah..seretlah.. (yang hasilnya begini mah ga tampil di blog yah :P). Tapi yang jelas nggak sama yang satu ini. Cake satu ini lembuut, moist dan berasa banget manis legit pisangnya. Rasanya legit manis enakk dan suka bingiit ama teksturnya. Light, yet moist. Light karena mengunakan minyak instead of butter/mentega. Dan yang paling okeh dari resep ini adalah ga perlu nyuci mikser :D  Tinggal cemplang cemplung di satu baskom/wadah, aduk pake whisk, kelar! Ga punya whisk? Pake garpu juga ga masalah, karena kocoknya juga asal rata.. Biarkan bahan pengembang yang melakukan tugasnya ;)

penampakan remahnya..light dan moist..
Light & Moist Banana Cake 
inspired from Yammie's Noshery

Bahan:
130 gr tepung terigu
3/4 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
>> campur 3 bahan di atas, aduk rata
4 buah pisang yang sudah benar-benar matang
200 gr gula pasir (bisa dikurangi jadi 150gr klo ga suka terlalu manis)
2 butir telur
120 ml minyak sayur
1 sdt vanilla bubuk (bisa diganti cair)

Cara membuat:
Panaskan oven suhu 190 C. Olesi loyang kotak 30x15 cm dengan mentega/margarin dan alasi dengan kertas roti (opsional)
1. Lumatkan pisang dengan garpu. Sisihkan (gambar 1)

2. Kocok telur dan gula hingga rata dengan whisk atau garpu, ga perlu sampe mengembang (gambar 2) 
3. Masukkan minyak sayur, kocok lagi hingga rata (gambar 3)
4. Tambahkan campuran tepung dan vanilla, aduk hingga rata. Jangan lama-lama ya, kalau sudah terlihat rata hentikan mengaduk. (gambar 4)
5. Terakhir, tambahkan pisang yang sudah dilumatkan (gambar 5). Aduk hingga rata. 
6. Tuang ke loyang (gambar 6). Panggang selama 40-45 menit. Lakukan tes tusuk. Kalau tusuk gigi/lidi yang ditusukkan di tengah cake masih basah, tambah waktu pemanggangan 5-10 menit lagi.

Cake juga bisa dikukus, setelah 40-45 menit lakukan tes tusuk. Jika tusuk gigi keluar bersih atau dengan sedikiit remah lembab yang menempel, artinya cake sudah matang.

Dinginkan cake di atas rak kawat (diangin-angin) sebelum dipindahkan ke piring saji, supaya bagian bawah cake tidak lembek basah karena uap panas yang keluar dari bagian bawah cake. 

Pas saya manggang cake yang di foto ini, saya lupa ga tengok-tengok oven. Jadilah bagian atasnya agak legam karena manggangnya sampe 45 menitan. Untunglah ada gula bubuk, tinggal ditaburi  di atasnya, jadi ga keliatan legamnya deh. Hihihi...
Oiya..saya pernah juga bikin di cetakan muffin. Bisa jadi 12 cup dan dipanggang kurang lebih 20 menit. Itu juga saya taburi gula bubuk..karena legam juga atasnya. hihihi..legam takpapa yg penting enaaak



Selamat mencoba ^^

Jumat, 06 Juni 2014

Sop Buntut

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel daging sapi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sop Buntut
link : Sop Buntut

Baca juga


Juni 2014

photographer amatiran..kelamaan njepret sampe keburu dingin dan lemak sop pun timbul ke permukaan :P :D
Sluuurp...! Siapa coba yang ga ngiler sama masakan satu ini. Nikmat, gurih, sedap, satisfying lah pokoknya. Tapi disaat bersamaan juga selain ngiler juga ngeriii. Karena sedapnya itu juga disumbang dari kolesterol yang tinggi. Hohoho.. Tapi buat sekali-sekali, bolehlah. Asal ga seminggu sekali yah :P Untuk menu acara makan-makan, ato buat dinikmati sendiri bersama keluarga di rumah. Nyam..nyamm..

Karena masakan ini very..very..very..sinful, it's better to be super delicious! Jadi supaya sebanding gituh dengan pengorbanan menelan kolesterol dengan pasrah :P Kalau tereman sekalian mau bikin sendiri di rumah, mari perhatikan dengan seksama resep berikut ini demi mencapai hasil yang seenak-enaknya. Hihihi..

Sop Buntut
sumber: Sajian Sedap

Bahan:
700 gr buntut sapi
3 liter air
200 gr wortel, potong bulat
200 gr kentang, potong kotak
1/2 sdt pala bubuk
3 cm kayumanis
3 butir cengkeh
2 1/2 sdm garam (atau sesuai selera)
1 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
2 batang daun bawang, dipotong 1 cm
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt merica butiran

Pelengkap:
bawang goreng
tomat
sambal

Cara membuat:
1. Presto buntut sapi dalam air sampai empuk (saya presto +/- 45 menit). Saya tambahkan 1 sdm garam dan 2 cm jahe dikeprek saat dipresto. Tiriskan daging, ambil air kaldunya 2,5 liter. Didihkan lagi, tambahkan dagingnya
2. Tumis bumbu halus, pala, kayu manis dan cengkeh hingga harum. Masukkan ke rebusan kaldu. Tambahkan garam dan gula pasir
3. Masukkan wortel dan kentang, masak hingga matang. Tambahkan daun bawang, aduk sebentar kemudian matikan api.
Sajikan dengan pelengkapnya

Selamat mencoba ^^

Senin, 02 Juni 2014

PENGARUH WARNA

Juni 2014 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Juni 2014, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PENGARUH WARNA
link : PENGARUH WARNA

Baca juga


Juni 2014

Assalamu’alaikum wr wb.Senang rasanya setelah sekian lamanya tidak up date di blog super sederhana ini,berbagai macam alasan ( klise ) yang takmungkin ditulis di templat gratisan ini hehe,dikarenakan sudah dipat dipastikan alasan-alasan ( sibuk dsb ) tersebut rata-rata mirip dengan alasan sobat and sobit lainya ( maaf ini hanya menebak-nebak saja ) hehehe

Sobat and sobit blogger dimanapun berada,ternyata selera makan kita bukan hanya ditentukan oleh makanan yang hendak kita makan saja,namun ada factor lain yang sangat memnpengaruhi selera makan tersebut ,yaitu Warna disekitar tempat dimana kita akan melakukan makan  baik itu dirumah ataupun di Restoran tertentu.

Apa hubunganya  warna dengan selera makan……( sangat aneh )….Warna memainkan peranan penting dalam kehidupan ,ya benar…..karena warna dapat mempengaruhi bagaimana cara orang berfikir,bertindak,bereaksi, meningkatkan tekanan darah dan bahkan mempengaruhi selera makan.

Ada sejumlah penelitian para ahli bahwa persepsi rasa dipengaruhi oleh warna,penelitian menyimpulkan bahwa orang belajar dan menjadi akrab dengan kombinasi warna dan selra,saat memadupadankan makanan yang berwarna akan membangkitkan neuron di hipotalamus sehingga kita yakin sebelum makan makanan tersebut kita coba.

Warna bukan hanya membangkitkan selera makan kita yang terbentuk dalam makananya itu sendiri,tetapi juga warna sekeliling tempat ( ruangan makan ) sangat menetuka bangkit atau tidaknya selera makan kita,itulah sebabnya para pengusaha Rumah Makan atau Restoran selalu menggunakan warna yang hamper mirip dari satu Restoran dengan Restoran lainya,dengan harapan para pengunjungnya akan lahap sehingga banyak menghabiskan daganganya.

Warna yang dominan dipakai oleh para pengusaha Rumah Makan adalah warna Kekuningan  ( kuning )dan warna kemerahan ( merah ),kedua warna tersebut diyakini akan mempengaruhi selerara makan para pengunjung yang datang ketempat tersebut,sehingga bisa menghabiskan makanan lebihbanyak  agar keuntungan yang didapat bisa berlipat hehehe,,,,bisa saja tuh dasar mata duitan hehehe……….

Efek warna terhadap selera makan.

Merah.Merah adalah warna yang menunjukan sangat emosional dan energik warna yang satu ini meningkatkatkan laju respirasi dan meningkatkan tekanan darah,namun juga mampu merangsang nafsu makan ,warna merah ini sering digunakan  Restoran ,dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk ruangan makan di rumah.

Orange .( kekuningan ) warna  yang hangat ,menyambut ,sehingga orang akan merasa nyaman ,warna ini meningkatkan suplay oksigen ke otak sehingga menghasilkan efek menyegarkan dan menstimulasi aktivitas mental ,sebagai warna buah jeruk oranye  sering dikaitkan dengan makanan sehat dan merangsang nafsu makan.maka tidak heran kalau hamper disetiap restoran sering menggunakan warna ini.

Demikian sekilas info mengenai pengaruh warnaterhadap selera makan kita,kurang dan lebihnya saya mohon maaf saja ,karena ini semua tidak ada maksud lain kecuali hanya ingin berbagi pengetahuan saja,dengan harapan bisa berguna serta bermanfaat bagi kita semua .

Terimakaish 

Dede Thea

Tentang Kami