Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Sabtu, 30 April 2016

Resep Sayur Godog

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Sayur, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Sayur Godog
link : Resep Sayur Godog

Baca juga


April 2016





Bahan:
300 gr udang, kupas
2 sdm minyak goreng
150 gr cabai hijau, iris serong
50 gr cabai merah, iris serong
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
15 mata petai
750 ml santan
2 bh tomat, potong-potong
20 btr telur puyuh rebus, kupas

Haluskan:
5 bh bawang merah
3 siung bawang putih
4 btr kemiri
2 sdt garam
1 sdt gula merah
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukkan udang, aduk-aduk sampai udang berubah warna.
2. Masukkan cabai merah, cabai hijau, lengkuas, daun salam, petai, santan, dan tomat, masak sambil sekali-sekali diaduk agar santan tidak pecah.
3. Kecilkan api, masukkan telur puyuh, masak sampai matang dan bumbu meresap.


Ragam Kreasi Kerajinan Tangan Unik

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kerajinan Tangan Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ragam Kreasi Kerajinan Tangan Unik
link : Ragam Kreasi Kerajinan Tangan Unik

Baca juga


April 2016

Ragam Kreasi Kerajinan Tangan Unik - Ragam Kerajinan Tangan. Banyak ide yang bisa di tuangkan melalu kreasi kerajinan tangan mulai dari bahan yang cukup umum seperti botol bekas, kertas bekas, kardus bekas dan bahan umum yang sering di gunakan untuk kreasi kerajinan tangan. Pada artikel kali ini akan membahas beberapa contoh kerajinan tangan yang unik dan lucu. Mulai dari menggunakan bahan yang tidak biasa ternyata bisa menghasilkan suatu karya yang memiliki nilai seni tinggi. Yuks simak beberapa contohnya di bawah ini :

1. Kerajinan Tangan Unik Dari Barang Bekas Kunci


Jika anda memiliki banyak kunci bekas atau mungkin kunci cadangan yang tidak terpakai mungkin bisa anda manfaatkan untuk membuat beberapa kreasi seperti gambar berikut, mulai dari membuat botol sampai mangkuk unik 




Cukup unik dan kreatif bukan, bahkan jika anda pajang pada ruang tamu akan memberikan kesan unik dan menarik perhatian.

2. Kerajinan Tangan Unik Dari Jebakan Tikus


Untuk bahan kerajinan dari jebakan tikus ini harus menggunakan yang baru ya jangan menggunakan yang bekas menjebak tikus hehehe....Ternyata dari jebakan tikus juga bisa loh di kreasikan sebagai suatu kerajinan yang unik :


Cukup unik di gunakan sebagai media menyimpan kunci, meninggalkan pesen, list belanjaan juga untuk keperluan lainya di rumah.

3. Kerajinan Tangan Dari Sisa Korek Api


Masih punya atau bahkan masih menggunakan korek api kayu di rumah...sekarang anda bisa memanfaatkanya untuk membuat suatu kerajinan tangan yang sangat menarik dan mungkin bisa memiliki nilai jual Seperti pada gambar di bawah ini :


Dengan membuat dasarnya dahulu dari kardus kemudian anda susun pola tadi dengan menggunakan korek apa yang telah terbakar maka akan luar biasa hasilnya.

4. Kerajinan Tangan Unik Dari Mug


Mug atau gelas yang terbuat dari bahan kaleng bisa juga di manfaat sebagai hiasan rumah baik di dapur sebagai menyimpan bumbu, gula dan keperluan lainya atau sekedar di gunakan untuk menghias ruangan, seperti contoh kresi mug pada gambar berikut dengan penyajian yang unik dapat memberikan kesan yang berbeda


5. Kerajinan Tangan Unik Dari Keyboard Bekas


Buat anda yang memiliki PC atau komputer dengan keyboar yang sudah rusak jangan langsung di buang, jika kondisi fisik dan huruf dari keyboard masih bagus masih dapat kita manfaatkan untuk membuat berbagai kreasi kerajinan tangan dari tempat pensil, Hiasan cincin sampai hiasann kalung seperti pada gambar di bawah :


Demikianlah beberapa ide kreasi kerajinan tangan unik dari blog ragam kerajinan tangan, Yang dapat anda buat dari barang yang tidak biasa namun menghasilan nilai lebih. Semoga dengan artikel ini dapat menambah ide dan kreativitas anda.

Jumat, 29 April 2016

Resep Steak Kakap Pedas

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan, Artikel Steak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Steak Kakap Pedas
link : Resep Steak Kakap Pedas

Baca juga


April 2016





  • Bahan:
    500 gr fillet kakap, potong 5x4x2 cm
    Bahan perendam:
    2 sdm air jeruk nipis
    3 sdm saus cabai
    3 sdm kecap manis
    2 sdt margarin cair
    2 sdm saus tomat
  • Saus:
    3 sdm kecap manis
    1/2 btr bawang bombai, cincang
    1 buah cabai merah, cincang
    1 sdm air jeruk nipis
  • Pelengkap:
    mix vegetable, siap pakai
    pure kentang
  • Cara membuat:
    1. Lumuri ikan dengan campuran bumbu perendam, sisihkan 15 menit agar bumbu meresap.
    2. Panggang ikan di atas bara api sambil di bolak-balik sampai matang.
    3. Saus: campur kecap manis, bawang merah, cabai merah dan air jeruk nipis, aduk rata.
    4. Rebus mix vegetable hingga setengah lunak, angkat, tiriskan.
    5. Pure kentang : kukus kentang, haluskan, masak bersama susu, telur, lada dan garam hingga rata.
    6. Sajikan ikan kakap dengan saus dan pelengkapnya.

    Untuk 2 porsi

Resep Masakan Ayam Kuluyuk

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Masakan Ayam Kuluyuk
link : Resep Masakan Ayam Kuluyuk

Baca juga


April 2016


  • BAHAN :
    1 dada ayam, tanpa tulang potong 2x4 cm
    1/2 sendok teh garam, 1/4 sendok teh merica bubuk
    1 butir telur, 2 sendok makan air
    1/4 sendok teh garam
    5 sendok makan tepung maizena
    10 sendok makan tepung terigu
    1/4 sendok teh baking powder
    minyak untuk menggoreng

    BAHAN SAUS:
    1 siung bawang putih, dimemarkan
    1 buah bawang bombay, potong2x2 cm
    1/2 buah nanas, potong 1x1 cm
    1 buah cabai merah tanpa biji, potong panjang
    1/2 buah ketimun, potong kotak
    1 batang daun bawang, potong 1 cm
    4 sendok makan saus tomat
    1/2 sendok teh garam, 2 sendok teh gula pasir
    1/4 sendok teh cuka, 350 ml kaldu
    2 sendok makan tepung kanji dilarutkan dalam 50 ml air
    2 sendok makan minyak goreng 
                    CARA MEMBUAT :
                    Rendam potongan ayam dalam 1/2 sdt garam dan merica lalu diamkan 20 menit. Aduk telur, 1/4 sdt garam, dan air lalu sisihkan. 
                    Celupkan potongan ayam dalam telur lalu gulingkan dalam campuran tepung terigu, baking powder, dan maizena yang telah diayak. Goreng ayam sampai matang, sisihkan. 
                    Buat saus, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. Tambahkan nanas, cabai merah, ketimun. Aduk sampai setengah layu. 
                    Bumbui saus tomat, garam, gula pasir, dan cuka. Aduk sebentar lalu masukkan gorengan ayam. Aduk rata. 
                    Tuang kaldu dan daun bawang, masak sampai mendidih lalu kentalkan dengan larutan kanji. 
                    untuk 5 porsi

RESEP PUDING UBI UNGU SUSU TANPA SANTAN

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Puding, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP PUDING UBI UNGU SUSU TANPA SANTAN
link : RESEP PUDING UBI UNGU SUSU TANPA SANTAN

Baca juga


April 2016

Resep puding ubi ungu
Olahan ubi ungu praktis dengan resep puding ubi ungu yang enak dan menyegarkan ini patut untuk dicoba. Cara membuat puding ubi ungu susu tanpa santan dan tanpa telur, memang sangat sederhana bahannya namun bisa menjadi menu dessert spesial.

Meskipun murah, ubi jalar atau ketela rambat memiliki warna yang unik dan cita rasa yang khas, serta kaya manfaatnya bagi kesehatan karena melimpahnya nilai gizi yang dikandungnya. Sehingga tak heran bila ubi ungu sering diolah menjadi aneka kudapan yang lezat.

Puding ubi ungu sangat digemari anak-anak, dewasa hingga orang tua, sehingga dapat menambah variasi hidangan yang tidak hanya sebagai menu makanan penutup, karena segar disantap kapan saja.

RESEP PUDING UBI UNGU

  • 1 bungkus agar-agar putih
  • 200 gram ubi ungu
  • 150 gram gula pasir
  • 800 ml susu cair
  • 1 bungkus (½ sdt) vanili bubuk
  • ½ sdt garam
Cara membuat puding ubi ungu

CARA MEMBUAT PUDING UBI UNGU

  1. Ubi ungu dikukus hingga matang dan empuk, kemudian haluskan ditekan-tekan pakai sendok, sisihkan.
  2. Campurkan agar-agar, gula pasir, vanili, garam dan susu cair, lalu aduk rata dan masak sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan ubi ungu yang telah dihaluskan, aduk-aduk hingga rata dan matang. Matikan api, lalu angkat adonan dan saring.
  3. Tuang ke dalam cetakan puding (sebelumnya basahi dulu cetakan agar nantinya puding mudah dikeluarkan), biarkan hingga dingin dan mengeras atau simpan dalam kulkas. Selanjutnya, keluarkan dari cetakan, potong-potong dan siap untuk disajikan.

TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jajanan Tradisional, Artikel Tahu / Tempe, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TAHU GEJROT BELIMBING WULUH
link : TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

Baca juga


April 2016



Bismillahirrohmanirrohim

Yang selalu jadi favorit saya dan pak suami adalah tahu gejrot. Tahu gejrot adalah makanan khas dari Cirebon. Berupa potongan tahu yang disiram dengan kuah gula merah yang diberi asam jawa dengan bumbu-bumbu yang diuleg kasar. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Rasanya manis, pedas dan asam...enaaak deh. 

Di daerah tempat tinggal saya kayanya gak ada deh yang jual tahu gejrot, padahal Kediri adalah kota tahu ya. Yang populer tentu saja adalah tahu petis yang memang jadi salah satu makanan khas Kediri. Jadinya kalau pengen tahu gejrot, ya harus bikin sendiri.

Biasanya kalau membuat tahu gejrot saya hanya memakai asam jawa. Naaah kebetulan di tukang sayur ada belimbing wuluh, langsung deh saya kebayang masak garang asem dan tahu gejrot ini. Walaupun sudah memakai belimbing wuluh, saya tetap memakai sedikit asam jawa. 






TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

Bahan :
4 kotak tahu, rendam dengan air garam dan goreng dengan minyak yang banyak agar kopong bagian dalamnya, potong-potong
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
300 ml air
3 belimbing wuluh, iris-iris
1 sdt asam jawa, siram dengan  2 sdm air panas, tekan-tekan dan ambil airnya
11/2 sdt garam
1 sdm kecap manis

Bumbu Uleg Kasar :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe rawit (saya pakai yang merah dan hijau)

Cara Membuat :
1. Rebus air, gula merah dan gula pasir, masukkan bumbu uleg kasar.
2. Tambahkan air asam jawa, garam dan kecap manis. Masak hingga mendidih kemudian masukkan belimbing wuluh. Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api.
3. Siapkan piring saji, letakkan potongan tahu dan siram dengan kuah gula merah beserta bumbunya. Sajikan

Pedasnya disesuaikan dengan selera aja ya, demikian juga dengan asam manisnya. Yang jelas tahu gejrot enaknya tuh pedaaaas.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

Kamis, 28 April 2016

Sate Kerang

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan, Artikel Ikan laut, Artikel sate, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sate Kerang
link : Sate Kerang

Baca juga


April 2016


  • Bahan :
    3 sdm minyak untuk menumis
    400 gr kerang darah, tanpa kulit
    1 sdm kecap manis
    100 ml air
    tusuk sate

  • Haluskan :
    4 buah cabai merah
    3 siung bawang putih
    1 sdt lada halus
    1 sdt garam
    3 sdm gula merah

    Cara membuat :
    1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daging kerang, aduk hingga rata. Tambahkan kecap dan air. Masak hingga kerang empuk dan air meresap.
    2. Tusuk setiap 10 ekor kerang dengan tusuk sate. Panggang diatas bara api hingga matang. Angkat, sajikan.

    Untuk 20 tusuk

Cara Membuat Kue Kering Bawang Bumbu Opor

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Makanan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Membuat Kue Kering Bawang Bumbu Opor
link : Cara Membuat Kue Kering Bawang Bumbu Opor

Baca juga


April 2016


Cara Membuat Kue Kering Bawang Bumbu Opor - Halo sahabat Rafi Gado, sudah lama saya tidak update di blog kesayangan ini, kali ini saya akan berbagi resep Cara Membuat Kue Kering Bawang Bumbu Opor. Langsung saja simak resepnya di bawah.

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram tepung kanji
  • 10 lembar daun jeruk, di buang tulangnya
  •  1 sendok teh bumbu opor instan
Cara Membuat :
  1. Kocok telur sampai kental.
  2. Tambahkan kaldu ayam instan dan garam. Kocok rata.
  3. Tambahkan tepung terigu dan tepung kanji sambil diayak dan diaduk rata.
  4. Tambahkan daun jeruk dan bumbu opor. Aduk rata.
  5. Giling adonan dengan gilingan mie setebal 1 mm. Potong-potong.
  6. Goreng sampai renyah.
Nb : Adonan tidak perlu diuleni sampai kalis. Masukkan saja dalam giling mie dengan ukuran gilingan paling besar. Lakukan 2 sampai 3 kali sampai licin. Setelah itu kecilkan ukuran gilingan. Giling lagi 2 sampai 3 kali. Begitu seterusnya makin kecil, makin kecil sampai di peroleh ketebalan yang dikehendaki.

Mungkin pada hari ini saya hanya membagikan artikel tentang Cara Membuat Kue Kering Bawang Bumbu Opor, sampai jumpa di waktu dan resep lainnya yaa... Terima Kasih

Rabu, 27 April 2016

SOTO AYAM LAMONGAN

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daily Menu, Artikel Masakan Tradisional, Artikel Soto, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SOTO AYAM LAMONGAN
link : SOTO AYAM LAMONGAN

Baca juga


April 2016



Bismillahirrohmanirrohim

Punten...postingan tentang soto ayam lagi euy. Kali ini adalah soto ayam lamongan. Udah pada tau kan kalau salah satu yang terkenal dari kota Lamongan ya sotonya ini. Soto lamongan mempunyai kuah bening karena memang menggunakan kemiri serta tidak memakai santan. Yang khas adalah penggunaan koya sebagai pelengkap. Koya adalah krupuk udang yang dihaluskan dengan bawang putih goreng. Enak deh bikin tambah gurih kuah sotonya.

Ini adalah pertama kalinya saya masak soto lamongan. Gimana gak males bikin soto lamongan, lha di dekat rumah ada beberapa penjual soto lamongan yang enak. Bahkan di sebelah rumah mama ada penjual soto lamongan yang tidak pernah sepi pembelinya. Kalau lagi gak sempat masak yang ujung-ujungnya beli soto lamongan itu hihihi. Akhirnya penasaran lah saya pengen bikin juga soto lamongan ala-ala saya. Eh yaaa fotonya gak banget deh ya, ampun deeeh gak konsen banget mau foto. Akhirnya dari sekitar 25 jepretan akhirnya cuma ada 3 ini yang dianggap lumayan. Naaah lumayannya ini juga aneh banget menurut saya huhuhu.




SOTO AYAM LAMONGAN

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong-potong
2 liter air
2 helai daun salam
5 helai daun jeruk
2 batang serai, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 batang daun bawang
1 ikat kecil seledri, simpulkan
2 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cm kunyit
2 cm jahe
1/4 sdt merica butiran
5 butir kemiri sangrai

Pelengkap :
Soun, seduh air panas
Kol, iris halus
Telur rebus
Seledri dan daun bawang, iris halus
Jeruk nipis
Bawang goreng
Koya
Sambal

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dalam air mendidih, masukan seledri, masak hingga ayam empuk.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai hingga harum dan matang, kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam. Masak dengan api kecil hingga mendidih.
3. Angkat ayam, goreng sebentar bila suka dan suwir-suwir. Sisihkan.
4. Bumbui kuah dengan garam dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai dengan selera.
5. Menjelang diangkat, masukkan irisan daun bawang. Matikan api.
6. Sajikan dengan pelengkap.

Notes :
- Cara membuat koya : iris tipis bawang putih dan goreng kemudian tumbuk dengan krupuk udang goreng hingga halus
- Cara membuat sambal : cabe dan bawang putih direbus, haluskan dengan garam dan gula pasir kemudian tambahkan sedikit kuah soto.




Kalau di penjual soto ayam lamongan, biasanya ayam tidak digoreng terlebih dahulu. Mungkin biar teksturnya gak keras ya, jadi kalau suka, ntar gorengnya gak usah lama-lama ya. Biasanya abang-abang penjual soto lamongan itu akan memasukkan kembali tulang-tulang ayam ke dalam kuah sotonya. Hmmm..kayanya itu juga yang bikin tambah gurih yaa.

Happy cooking...selamat mencoba ^^

Ayam Bumbu Ketumbar

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ayam Bumbu Ketumbar
link : Ayam Bumbu Ketumbar

Baca juga


April 2016

  • BAHAN  :
    6 buah paha ayam 
    1/2 buah bawang bombay, dicincang halus 
    1 siung bawang putih, dicincang halus 
    2 cm jahe, dicincang halus 
    2 sendok makan kecap asin 
    3 akar daun ketumbar, dicincang halus 
    1/4 sendok teh garam 
    1/2 sendok teh merica bubuk 
    3 sendok makan kecap manis 
    200 ml kaldu ayam 

  • CARA MEMBUAT :
    1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, masukkan jahe sambil diaduk. Setelah harum, masukkan paha ayam, aduk sampai berubah warna. 
    2. Tambahkan kecap asin, akar daun ketumbar, garam, merica, dan kecap manis. Aduk hingga ayam terbalut bumbu. 
    3. Tuang kaldu lalu didihkan sambil diaduk.

                    Untuk 6 porsi

    

Selasa, 26 April 2016

TAUTO AYAM

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daily Menu, Artikel Masakan Tradisional, Artikel Soto, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TAUTO AYAM
link : TAUTO AYAM

Baca juga


April 2016



 Bismillahirrohmanirrohim

Salah satu makanan favorit saya sejak kecil adalah tauto. Tauto adalah salah satu jenis soto yang berasal dari Pekalongan Jawa Tengah. Berbeda dengan soto lainnya yang pada umumnya berkuah kuning, maka kuah tauto ini berwarna coklat kemerahan. Rasanya unik karena memakai tauco dan juga cabe merah yang dihaluskan. Gurih-gurih dengan sedikit pedas gitu. Biasanya tauto dimasak dengan memakai bahan daging sapi, tapi ternyata tauto ayam juga enak lho.

Mama dan alm. Papa saya berasal dari Pekalongan, maka tidak heran kalau saya sangat familiar dengan tauto sejak saya masih kecil. Masih ingat banget kalau saya dan kakak adek saya selalu "happy" kalau Mama sudah masak tauto ini. Saya suka sekali dengan tauto yang memakai jantung sapi, jadi dulu irisan daging dan jantung sapi itu saya tata di tepi piring dan dimakan terakhir hahaha. Jadi nasi dimakan dengan kuah tauto, soun dan kerupuk saja, dagingnya belakangan. Aaaah...malah jadi ingat alm. Papa nih, karena beliau juga senang sekali dengan tauto.



Kali ini saya membuat tauto ayam yang tidak kalah enaknya apabila dibandingkan dengan tauto sapi. Saya memakai ayam kampung agar tidak terlalu berlemak dan rasanya lebih gurih. Kalau gak ada ayam kampung, boleh aja kok pakai ayam broiler biasa. Untuk pelengkapnya biasanya memakai soun atau bihun, tauge, irisan daun bawang, bawang goreng dan sambal atau cabe rawit yang sudah direbus. Kali ini saya gak pakai tauge karena lupa belinya hihihi. Eh ya irisan daun bawang untuk taburan kalau bisa jangan diskip ya, karena menurut saya ini bikin tambah enak. Masih terasa "kriuk" daun bawangnya ketika kita menikmatinya. Jadi daun bawang selain dimasukkan saat dimasak, juga ditaburkan di atas mangkok saji ya. Ketika saya masih kecil dulu, mama selalu membuang biji cabe merah yang dipakai agar kami tidak kepedasan. Cabe rawit yang sudah direbus disediakan untuk Papa yang suka makan tauto pedas. Naaah...sampai sekarang pun saya juga selalu membuang biji cabe merahnya karena anak-anak saya pun suka dengan tauto ini. Silahkan yang ingin mencoba resepnya ya

TAUTO AYAM

Bahan :
1 ekor ayam kampung, potong sesuai selera
2 liter air
1 ruas lengkuas, memarkan
2 helai daun salam
3 sdm kecap manis
2 sdm tauco
2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 cabe merah (bisa juga pakai cabe keriting atau ditambahkan cabe rawit bila suka pedas)

Pelengkap :
Soun / bihun 
Tauge yang disiram air panas / direbus sebentar
Seledri dan daun bawang, iris
Bawang goreng
Cabe rawit, direbus atau sambal
Lontong atau nasi

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dalam air mendidih, masukkan cabe merah yang akan dihaluskan. Rebus hingga cabe merah layu dan angkat, teruskan merebus ayam hingga 1/2 empuk.
2. Haluskan cabe merah bersama bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan tauco. Uleg kasar.
3. Panaskan minyak, tumis bumbu hingga matang dan harum kemudian masukkan ke dalam rebusan ayam.
4. Masukkan kecap manis, garam, merica dan gula pasir. Kecilkan api dan teruskan memasak hingga ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap. Jangan lupa test rasa hingga sesuai selera ya.  
5. Menjelang diangkat masukkan irisan daun bawang.
6. Matikan api, ambil potongan ayam dan suwir-suwir. Sajikan hangat dengan pelengkap.






Saya suka sekali menikmati semangkok tauto dengan menggunakan lontong. Resikonya yaaa...cepat lapar lagi hihihi. Gini ini nih perut lokal banget, kalau belum makan nasi ya ngakunya belum makan >_<  Untuk yang biasanya mudik via jalur Pantura, jangan lupa mampir makan tauto saat lewat Pekalongan ya, sapa tau ntar bisa ketemu saya yang lagi jajan tauto hahaha.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

RESEP IKAN ASIN GABUS BALADO

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA IKAN SEAFOOD, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP IKAN ASIN GABUS BALADO
link : RESEP IKAN ASIN GABUS BALADO

Baca juga


April 2016

Resep Ikan Asin Gabus Balado
Cara memasak dengan resep ikan asin gabus balado adalah salah satu variasi menu olahan ikan asin yang enak dan praktis. Lumuran sambal goreng pedas serta sedap di lidah ini, sangat ampuh untuk meningkatkan selera makan apalagi bagi pencinta ikan asin dan rasa pedas.

Menyantap ikan asin, sambal beserta aneka lalapan sayur merupakan menu turun temurun yang sangat nikmat disantap bersama nasi putih pulen yang hangat. Meski sederhana, tetapi centong nasi terus bergerak seolah-olah tidak membiarkan piring menjadi kosong.

RESEP ASIN GABUS BALADO

  • 250 gram ikan gabus asin
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 3 cm jahe diiris tipis
  • 1/2 sdt kaldu bubuk atau penyedap
  • 150 ml air
  • secukupnya minyak goreng
Haluskan :
  • 15 buah cabe keriting merah
  • 5 buah cabe rawit merah setan atau sesuai selera
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
Cara Memasak Ikan Asin gabus

CARA MEMBUAT ASIN GABUS BALADO

  1. Potong-potong ikan asin sesuai selera dan cuci dengan air panas, lalu goreng hingga matang/kering, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus dan jahe hingga harum. Masukkan air, aduk-aduk rata serta beri garam, gula dan penyedap.
  3. Terakhir masukkan ikan asin gabus yang sudah digoreng, aduk rata dan masak hingga kuah meresap dan hampir kering. Matikan api, angkat dan siap untuk disajikan.

Senin, 25 April 2016

Download Film Ya Di Ryemovies Aja

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Review Blog, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Download Film Ya Di Ryemovies Aja
link : Download Film Ya Di Ryemovies Aja

Baca juga


April 2016



Download Film Ya Di Ryemovies Aja - Selamat datang kembali ke Rafi Gado. Kali ini saya akan berbagi tempat atau website untuk Download Film. Penasaran kan? Langsung saja simak.

Di tahun 2015 – 2016 ini banyak sekali bermunculan Film-Film yang sudah ditunggu oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Namun banyak orang yang sibuk atau tidak sempat untuk menonton filmnya. Sehingga akan memakan uang banyak untuk membeli kaset atau DVD film. Kenapa harus mahal kalau mau menonton film? Kalau ada cara murah untuk menonton film selain membeli kaset bajakan. Kita juga bisa mendownloadnya. Downloadnya dimana? Simak dibawah ini.

Ini membuat banyak website atau blog untuk mendownload film atau sekedar menampilkan sinopsis film. Tapi yang saya akan bahas adalah website atau blog yang untuk mendownload film. Dimanakah website atau blog untuk mendownload film tersebut? Simak lanjutannya di bawah.

Tempat yang saya maksud dari tadi adalah Ryemovies. Ya kenapa sih kak harus download film di Ryemovies? Kenapa gak di tempat yang lain? Apa keunggulannya kak? Keunggulan dari Ryemovies adalah loadingnya yang ringan, tampilan yang ringan, tanpa iklan, admin yang ramah, irit kuota, bisa request,  tersedia synopsis, dan masih banyak lagi keunggulannya. Penasaran kan? Untuk kelanjutannya akan saya jelaskan nanti dibawah.

Keunggulan Keunggulan Ryemovies


1. Loading Ringan
Yap, salah satu keunggulan dari Ryemovies adalah loading-nya yang ringan. Kenapa loadingnya ringan? Loading-nya ringan karena tampilan yang tidak banyak widget atau iklan. Ini adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh admin Ryemovies.

2. Tampilan Ringan
Keunggulan yang kedua dari Ryemovies adalah tampilannya yang ringan. Tampilan yang ringan juga mempengaruhi kenyamanan anda ketika ingin mendownload film. Kenapa dikatakan tampilannya ringan? Karena di Rymovies ini adminnya sangat memberi kemudahan bagi para pengunjung Rymovies.  Kurang apa lagi? Masih kurang? Oke akan saya lanjutkan.

3. Tanpa Iklan
Keunggulan yang ketiga juga tidak kalah berguna dari keunggulan pertama maupun kedua. Keunggulan ketiga adalah tanpa iklan. Tanpa iklan juga mempengaruhi mood pengunjung yang ingin mendownload. Nah, admin Ryemovies juga ingin membangun mood para pengunjung yang datang dengan cara tanpa iklan.

4. Admin Yang Ramah
Keunggulan yang keempat adalah admin yang ramah. Admin di Ryemovies ini sangat ramah, mungkin berbeda dari blog yang lain. Kenapa adminnya dikatakan ramah? Karena admin Ryemovies itu tamvan, ehh salah karena admin Ryemovies sering membantu para pengunjung atau pendownload film yang kesulitan mendownload di Ryemovies.

5. Irit kuota
Sudah saya jelaskan tadi keunggulan Ryemovies yang pertama dan kedua adalah loading ringan, dan tampilannya yang ringan. Ini juga mempengaruhi kuota anda untuk masuk ke blog Ryemovies. Ini adalah keunggulan yang tidak kalah berguna juga. Wahh.. Kurang baik apa coba adminnya.

6. Bisa Request
Keunggulan yang diberikan oleh Ryemovies yang ke enam adalah bisa request. Mungkin film di Ryemovies masih kurang untuk anda? Anda bisa merequestnya. Dan mungkin akan segera di tanggapi oleh adminnya.

7. Tersedia Sinopsis
Di blog Ryemovies tidak hanya tersedia link download filmnya. Tetapi juga disediakan sinopsisnya. Keunggulan ini juga sangat berguna bagi pengunjung. Jika anda tidak tahu isi ceritanya, anda bisa membaca sinopsisnya terlebih dahulu.

Yap, itu adalah beberapa keunggulan dari Ryemovies. Masih belum ketemu blog untuk download film? Download Film Ya Di Ryemovies Aja. Terima Kasih.

Minggu, 24 April 2016

Seri Lampu Hias dari Barang Bekas : Tutup Lampu Tidur Dari Botol Bekas

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Barang Bekas, Artikel lampu hias, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Seri Lampu Hias dari Barang Bekas : Tutup Lampu Tidur Dari Botol Bekas
link : Seri Lampu Hias dari Barang Bekas : Tutup Lampu Tidur Dari Botol Bekas

Baca juga


April 2016

Lampu Hias Dari Barang Bekas  -  Ragam Kerajinan Tangan. Langkah dalam membuat lampu tidur atau lampu hias dari botol bekas, terutama Botol Plastik bekas yang pastinya sering kita temui dimana-mana terlebih bila botol plastik itu telah menjadi sampah. bila tak kita siasati, pasti hal semacam ini menjadi begitu tak nyaman untuk dilihat. Dikarenakan selain begitu mengganggu kebersihan lingkungan. sampah dari botol plastik itu dapat juga menyebabkan pemanasan global yang berkelanjutan, namun dengan sediikit kreasi kerajinan tangan kita mampu mengubahnya menjadi lampu hias unik dari barang bekas.

Lampu Hias dari Barang Bekas -  Tutup Lampu Tidur Dari Botol Bekas


Sesungguhnya, permasalahan botol plastic bekas ini telah dapat kita siasati satu diantara langkah nya yakni dengan mengubahnya menjadi beragam jenis kerajinan tangan. seperti membuat lampu tidur hias berbahan botol plastic yang tentunya akan menjadikannya sebagai lampu hias unik dari barang bekas.

Seri Lampu Hias dari Barang Bekas - Tutup Lampu Tidur Dari Botol Bekas :


Bahan Lampu Hias Dari Botol Bekas

Cara Membuat Lampu Hias Sederhana



Sebelumnya mulai berkreasi membuat lampu hias dari barang bekas, bahan serta alat yang kita butuhkan untuk kerajinan dari barang bekas ini yaitu :

1 Botol Plastik Bekas (jenis bisa disesuaikan dengan selera kita, bersihkan terlebih dulu sebelum digunakan. Siapa tahu isinya bekas orang buang air kecil he..he..he..) 

2 Kabel listrik 

3 Lampu kecil (lampu cabai beserta cupnya, bisa juga lampu led) 

4 Colokan lampu 

5 Cutter yang tajam 

6 Lem plastik 

7 Cat semprot. 

Sesudah semua bahan serta perlengkapan telah siap untuk diubah menjadi lampu hias dari barang bekas, langkah setelah itu langsung saja kita eksekusi cara membuat lampu tidur hias dengan botol plastik ini :


Lampu Hias dari Barang Bekas -  Tutup Lampu Tidur Dari Botol Bekas
Cara Membuat Lampu Hias Sederhana


1 Potong sisi bawah botol plastik itu ikuti bentuk memakai cutter yang tajam. (saksikan gambar no 1) Bila memiliki bentuk bergelombang kita ikuti saja menurut bentuknya tersebut. Sisi bawah botol itu bakal kita jadikan untuk kaki lampu tidur kita. 

2 Lubangi di bagian tengah dari bawah botol plastik yang sudah kita potong (saksikan gambar no 2), untuk lubang kabel. Buat juga lubang yang sama dibagian tutup botol. 

3 Rekatkan sisi bawah botol plastik yang sudah dipotong itu kebagian tutup botol dengan memakai lem. (saksikan gambar no 3) Cocokkan letaknya dengan lubang yang sudah kita buat, tutup botol itu (dapat pula lubang di buat sesudah tutup botol serta sisi bawah lubang di rekatkan yang menurut kita gampang saja ya) 

4 Sesudah sambungan itu menjadi kering serta kuat. Kita dapat memberi warna lampu tidur hias dari botol plastik itu memakai cat semprot (dapat memakai cat semprot dalam paket kaleng (pilok) atau dapat pula memakai cat minyak yang disemprotkan memakai semprotan nyamuk. (kreativitas anda sangat diperlukan pada step ini)

5 Sesudah cat kering, kita lanjut menempatkan lampu serta kabel. Rekatkan cup lampu memakai lem di bagian dalam tutup botol supaya lebih kuat. 

6 Berikan sebagian ornament/hiasan sesuai kreativitas dan selera anda. (lagi lagi kreativitas anda begitu diperlukan di sini) 


Yup.. akhirnya jadi juga lampu hias dari barang bekas kita! Gampang bukan Langkah Membuat Lampu Tidur Dari Botol Plastik? cuma dengan sedikit kreatifitas kita dapat menyulap satu botol plastik bekas yang telah menjadi sampah atau tak bermanfaat sekalipun menjadi hiasan lampu kamar yang cantik, lucu serta unik yang mempunyai nilai kreativitas serta seni yang tinggi serta diluar itu faedah yang lain dapat juga untuk mengurangi pemanasan global.


Reff :
cara-terindah.blogspot.co.id

KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Minuman, Artikel Puding, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL
link : KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL

Baca juga


April 2016



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo apa kabar? Alhamdulillah setelah beberapa waktu lalu keluarga saya sakit bergantian, sekarang sudah berangsur membaik dan sembuh. Aktivitas saya juga sudah mulai normal seperti sedia kala dan anak-anak juga sudah bisa masuk sekolah lagi. Alhamdulillah ya Allah.

Tahwa atau kembang tahu dikenal sebagai salah satu minuman yang mendapatkan pengaruh dari kuliner peranakan. Menurut Wikipedia, tauhue atau yang di Indonesia lebih umum dikenal dengan nama kembang tahu adalah sebuah penganan tradisional Tionghoa. Pembuatan tauhue mirip dengan cara pembuatan tahu. Kacang kedelai yang sudah direndam akan diperas untuk menghasilkan susu kedelai dan kemudian ditambahkan sedikit gipsum untuk menghasilkan bentuk yang padat tetapi lembut. Mirip dengan tahu sutra ya. Tauhue sangat populer di kawasan Tiongkok bagian selatan dan biasanya dihidangkan dengan air gula, sedangkan di Taiwan biasanya dihidangkan dengan kacang merah dan air jeruk nipis. Di Indonesia biasanya kembang tahu disajikan dengan kuah jahe atau bahasa jawanya wedang jahe. Cocok disajikan di saat dingin, kan butuh kehangatan tuh yaa hihihi.

Di daerah Malang dan sekitarnya (termasuk daerah saya hihihi), kembang tahu ini disebut tahwa. Kalau di Malang sana, kita bisa dengan mudah menemukan penjual tahwa, sedangkan di tempat saya agak susah juga nyarinya. Cuma ada 1 penjual tahwa keliling di tempat saya. Harganya juga cukup terjangkau yaitu Rp 4500 per mangkok. Biasanya tahwa disajikan juga dengan menambahkan bubur kacang hijau putih dan taburan kacang. Kalau saya sih lebih senang yang tanpa bubur kacang hijau. 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, untuk membuat tahwa dibutuhkan "gipsum" untuk merubah tekstur susu kedelai menjadi padat namun lembut. Gipsum tersebut berupa Glucono Delta Lactone (GDL), duuuh..susah amat ya namanya. Kalau saya biasa menyebutnya dengan batu tahu. Batu tahu ini ada yang berupa bongkahan warna putih bening dan ada juga yang sudah berupa bubuk. Pada beberapa resep disebutkan bahwa batu tahu ini dicampurkan dengan larutan maizena untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan, tapi ada pula yang langsung dilarutkan dengan air biasa. Proses pembentukan biasanya selama 30 menit saja.

Naaah...kembang tahu yang saya buat ini sebenarnya adalah versi abal-abal alias versi KW >_<  Gimana gak abal-abal karena saya gak membuat kembang tahu dengan cara yang saya tulis di atas melainkan dengan membuat puding sutra. Hiiikss...mohon dimaklumi ya, karena saya gak bisa nemu batu tahu dan seperti biasanya, saya mah pengennya bikin yang simpel aja tetapi mendekati aslinya. Siapa tau ada yang seperti saya, ngidam kembang tahu tapi males nguprek lama-lama di dapur hahaha. Itu mah saya aja kali ya. Puding sutra adalah puding yang memiliki tekstur padat tetapi lembut. Untuk menikmati puding sutra kita harus menggunakan sendok dan tidak bisa diiris karena sangat lembut. Beda lagi dengan silky pudding yang beberapa waktu lalu saya posting ya, padahal namanya sama-sama sutra hehehe. Puding sutra yang saya maksud disini masih memakai "perekat" berupa agar-agar bubuk sehingga teksturnya lebih padat dibanding puding sutra / silky pudding yang hanya memakai susu dan maizena.

 





Untuk mendapatkan aroma kedelai, saya memakai susu kedelai untuk bahan puding sutranya. Takaran gula bisa disesuaikan dengan selera atau manis atau tidaknya susu kedelai yang kita pakai ya. Kebetulan saya pakai susu kedelai yang sudah manis, jadi pakai gula sedikit aja. Untuk kuah jahenya, saya tambahkan serai agar aromanya lebih sedap, silahkan diskip kalau kurang suka ya. Gunakan gula merah yang warnanya tidak terlalu gelap agar kuah jahenya cantik dan tidak terlalu gelap warnanya. 

KEMBANG TAHU / TAHWA NAN SIMPEL

Bahan Puding Sutra Kedelai : 
1 bungkus (7 gr) agar-gar bubuk
1400 ml susu kedelai
50 gr gula pasir
2 helai daun pandan, simpulkan
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli

Cara Membuat :
1. Campur agar-agar bubuk, gula pasir, vanilli, garam, daun pandan dan susu kedelai.
2. Masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api dan biarkan dingin.
3. Setelah set dan padat, sendokkan ke mangkok saji dan sajikan dengan kuah jahe hangat. 

Bahan Wedang Jahe :
1 liter air
100 gr jahe, cuci bersih, bakar dan memarkan
150 gr gula merah
3-5 sdm gula pasir atau sesuai selera
1 batang serai (optional)

Cara Membuat :
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe, serai, gula merah dan gula pasir. Test rasa hingga sesuai selera dan biarkan mendidih lagi.
2. Saring dan tuang panas-panas ke kembang tahu.

Kalau suka dengan wedang jahe yang pedas, bisa memakai jahe merah ya atau jahenya diparut. Waah..beneran mantap deh. Saya sukanya yang biasa-biasa aja gak terlalu pedas, karena anak saya ikut minum juga wedang jahenya. 



Alhamdulillah...lumayan sekali buat "tombo pengen". Aromanya sih mirip dengan tahwa beneran karena memang memakai susu kedelai hehehe. Enak dinikmati saat sore-sore pas hujan nih, bikin hangat di badan.

Selamat mencoba...semoga menginspirasi ya ^^

Jumat, 22 April 2016

RESEP KUE LUMPUR SANTAN LABU KUNING

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Kue Basah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP KUE LUMPUR SANTAN LABU KUNING
link : RESEP KUE LUMPUR SANTAN LABU KUNING

Baca juga


April 2016

Resep Kue Lumpur Labu Kuning
Kue basah populer resep kue lumpur labu kuning dapat menjadi variasi dalam cara membuat kue lumpur panggang tanpa kentang yang enak, serta bertekstur empuk dan lembut. Aneka olahan makanan dari bahan labu kuning (waluh/labu parang) biasa menghasilkan hidangan yang lezat-lezat.

Selain rasa manis, kue lumpur juga ada rasa gurihnya, karena salah satu bahan utama kue lumpur adalah pemakaian santan. Santan juga dapat diganti pakai susu, baca Resep Kue Lumpur Susu dan ciri khas kue ini umumnya menggunakan kentang, lihat Resep Kue Lumpur Kentang.

RESEP KUE LUMPUR 20 BUAH

  • 500 gram labu kuning, kupas, kukus lalu haluskan
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3 butir telur ayam
  • ½ sdt vanili bubuk
  • ½ sdt garam
  • seperlunya kismis untuk topping
Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning

CARA MEMBUAT KUE LUMPUR

  1. Siapkan ½ kg labu kuning, kupas kulitnya lalu cuci bersih. Kukus hingga empuk, angkat dan haluskan.
  2. Kocok telur, gula pasir, vanili dan garam menggunakan mixer speed tinggi hingga mengembang. Turunkan kecepatan mixer menjadi sedang, tuang santan perlahan hingga habis, selanjutnya secara berurutan masukkan labu kuning, terigu, terakhir margarin cair, setelah rata matikan mixer, lalu saring.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur, gunakan api kecil supaya tidak cepat gosong serta matang merata. Tuang adonan dengan isi 3/4 cetakan, tutup dan panggang hingga setengah matang, letakkan kismis di atasnya kemudian tutup kembali serta panggang hingga matang.

Kamis, 21 April 2016

RESEP TAPE SINGKONG GORENG KUE BOLA BOLA

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA GORENGAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP TAPE SINGKONG GORENG KUE BOLA BOLA
link : RESEP TAPE SINGKONG GORENG KUE BOLA BOLA

Baca juga


April 2016

Resep Tape Singkong Goreng Kue Bola Bola
Kue peuyeum ball atau resep tape singkong goreng tepung berbentuk bola-bola yang enak, empuk dan renyah, bisa kita olah secara mudah untuk cemilan sederhana yang praktis. Keju parut sebagai toppingnya, atau taburan gula halus jika suka yang lebih manis.

Meski sudah cukup enak tanpa isi, sebenarnya cara mudah membuat tape singkong goreng ini dapat kita kreasikan dengan aneka isi, seperti coklat, meises, keju atau mungkin yang lainnya untuk menambah sensasi cita rasanya.

Tapai atau tape singkong yang juga disebut peuyeum bagi orang Sunda, memiliki khas rasa bahkan tekstur yang berbeda-beda tergantung pembuatnya. Peyeum Bandung terkenal dengan tekstur yang lembut dan rasaya yang manis, oleh karenanya takaran gula pasir tinggal kita atur sesuai selera.

RESEP TAPE GORENG

  • 500 gram tape singkong (peuyeum bandung)
  • 200 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 100 ml susu cair
  • ½ sdt vanili
  • keju cheddar diparut atau gula halus untuk topping
  • minyak untuk menggoreng
Cara Membuat Tape Singkong Goreng
Cemilan enak lainnya, lihat Resep Oreo Goreng

CARA MEMBUAT TAPE GORENG

  1. Haluskan tape singkong menggunakan tangan, pakai sarung tangan plastik biar lebih higienis.
  2. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan garam, aduk rata kemudian tuang susu cair serta masukkan tape singkong, uleni adonan hingga kalis dan bisa dibentuk.
  3. Panaskan minyak, gunakan api kecil agar nanti hasilnya tidak gosong dan matang merata.
  4. Siapkan 2 buah sendok makan, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan penuh, lalu bulat-bulatkan dengan bantuan 1 buah sendok makan lainnya secara bergantian (kalau mau bulat sempurna, bulatkan menggunakan tangan saja). Goreng dalam minyak yang sudah panas hingga matang kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  5. Hidangkan dalam piring saji, taburi dengan parutan keju di atasnya atau guling-gulingkan pada gula halus.

Abon Ayam Suwir

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Abon Ayam Suwir
link : Abon Ayam Suwir

Baca juga


April 2016

  • Bahan:
    500 gr daging ayam tanpa tulang
    2 lbr daun salam
    2 cm lengkuas
    1 btg serai bagian yang putih, memarkan
    500 ml air kelapa
    3 lbr daun jeruk, iris halus
    150 ml santan kental
    minyak untuk menggoreng

  • Haluskan:
    1 sdm ketumbar
    6 bh bawang merah
    3 siung bawang putih
    1 sdt garam
    100 gr gula merah
    2 sdt air asam jawa
    2 cm lengkuas
    6 bh cabai merah

    Cara membuat:
    1. Rebus ayam bersama daun salam, lengkuas, serai, air kelapa hingga empuk, angkat, tiriskan, suwir-suwir mengikuti seratnya. Sisihkan.
    2. Campur santan bersama bumbu halus dan sisa air perebus ayam, masukkan ayam suwir dan daun salam. Aduk hingga cairannya habis, kemudian kecilkan apinya.
    3. Tambahkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan, aduk rata, masak hingga daging kering. Kalau daging belum kering, taruh dalam loyang, ratakkan, panggang dalam oven hingga abon kering.
    4. Setelah abon kering masukkan bawang putih goreng, bawang merah goreng aduk rata. Simpan dalam toples.

    Untuk 400 gr

Rabu, 20 April 2016

Kue Getas

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel jajanan indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kue Getas
link : Kue Getas

Baca juga


April 2016

Bismillah..
Beberapa waktu yang lalu, seorang teman pembaca meminta untuk dibuatkan artikel resep getas. Udah sering sih baca-baca resepnya yang berseliweran di blog temen-temen.. tapi jujur waktu itu hampir lupa ama rasanya getas.. Maklum, uda luamaaa banget ga makan. Terakhir kali itu pas masih kecil deh.. Kalo sekarang kan udah tua.. *ngaku😝✌
Setelah cari-cari dan pilah-pilih resep, akhirnya jatuhlah pilihan ke resep getas nya mba Diah Didi. Simpel, gampang dan ditambahi tips & trick pula. Sekali nyoba langsung berhasil, yess! Dan rasanya eunaak... gurih.. legit.. manis.. teksturnya kenyal tapi ga alot, pas lah. Akhirnya inget juga gimana rasanya getas, hehe.. alhamdulillah :)

Getas adalah cemilan kue yang banyak beredar di Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah tepung ketan dan kelapa dan proses memasaknya dengan digoreng. Setelah digoreng kemudian getas dibalut dengan besta gula pasir. Kalau di Depok sini, saya sering liatnya gemblong. Mirip sama getas, tapi bestanya pake gula jawa.. 


Kue Getas
source: Diah Didi's Kitchen

Bahan
125 gr tepung ketan 
50 gr tepung beras
150 gr kelapa parut kasar (saya pake kelapa parut kering)
3/4 sdt garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pake santan instan kara)

Bahan Besta(balutan)
75 gr gula pasir
35 ml air
1/2 sdt garam

Cara membuat
1. Aduk rata tepung ketan dan tepung beras, kelapa parut dan garam. Tuang santan sedikit-sedikit. Aduk rata. Bentuk bulat pipih
2. Goreng dalam minyak yang dipanaskan dengan api sedang

Besta
Rebus gula, air dan garam sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue getas, aduk rata. Matikan api, teruskan aduk sampai kering

Tips 
* Supaya warna besta bisa putih, buat besta dengan api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut, baru masukkan getasnya. Aduk aduk dan matikan api, gula akan mengkristal dengan sendirinya
* Buat getas dengan ukuran tidak terlalu besar, supaya cepat matang sampai ke dalam. Kalau kelamaan digoreng, getas dikhawatirkan pada mbledos :)


Selamat mencoba 😊

RESEP TAHU BALADO BUMBU PRAKTIS

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA TAHU TEMPE, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP TAHU BALADO BUMBU PRAKTIS
link : RESEP TAHU BALADO BUMBU PRAKTIS

Baca juga


April 2016

Resep Tahu Balado
Praktisnya resep tahu balado bisa menambah variasi menu sehari-hari yang sangat mudah untuk kita coba di rumah. Cita rasa tumisan sambal pedas dari bumbu balado padang memang cocok diterapkan pada berbagai bahan makanan, tak terkecual pada tahu yang diklaim cukup kaya akan gizi dan protein ini

Menu berbahan tahu yang dimasak dengan lumuran sambal sederhana ini, enak disantap bersama nasi putih hangat, sehingga kita tidak perlu lagi membuat sambal untuk pelengkap di meja makan.

RESEP TAHU BALADO

  • 10 buah tahu kuning atau putih ukuran sedang (4x4 cm)
  • 1 sdt gula merah
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk atau sesuai selera
  • 150 ml air
  • minyak seperlunya untuk menggoreng dan menumis
Bumbu halus :
  • 15 buah cabe merah keriting
  • ½ buah tomat ukuran besar
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah

CARA MEMBUAT TAHU BALADO

  1. Potong-potong tahu berbentuk dadu, kemudian goreng hingga matang, angkat dan tiriskan dari minyak.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus dan aduk-aduk hingga harum. Masukkan air, garam, kaldu bubuk dan gula merah, aduk rata.
  3. Setelah bumbu mengental, masukkan tahu yang sudah digoreng tadi, aduk rata dan masak hingga bumbu mengering dan menyerap. Matikan api, angkat tahu balado dan tuang dalam piring saji.

Resep Membuat Mie Goreng Jawa Enak

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Membuat Mie Goreng Jawa Enak
link : Resep Membuat Mie Goreng Jawa Enak

Baca juga


April 2016




ResepMie Goreng Jawa ini sangat populer karena citarasanya yang begitu khas Jawa, lezat dan nikmat dengan campuran bumbu Kecap Bango Manis Pedas Gurih. Membuatnya pun begitu mudah! Tinggal tumis dan sreng-sreng, jadilah si Mie Goreng Jawa!

Bahan
  • 1 bungkus (2 potong) mie telur kering, rebus hingga matang lalu tiriskan dan tambahkan 1 sendok makan minyak goreng, aduk rata
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok makan Kecap Bango Manis Pedas Gurih
  • 1/4 sendok teh lada putih bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 5 butir bakso sapi, potong
  • 100 gram udang pancet atau udang galah kupas
  • 200 gram kol, potong
  • 200 gram sawi hijau / caisim, potong-potong
  • 2 tangkai daun bawang, potong bulat 1 cm
  • 1 tangkai daun seledri, potong kasar
  • 1 bungkus Royco sapi
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 5 sendok makan minyak goreng
Cara memasak
  • Tumis bumbu halus hingga harum dan matang betul, kemudian masukkan bakso, udang, tumis hingga berubah warna lalu tambahkan telur. Setelah telur matang, masukkan sayuran, Royko, garam, dan gula.
  • Tambahkan mie dan kecap. Aduk hingga bumbu merata dengan mie.

Resep Membuat Semur Ayam Yang Menggugah Selera

April 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Membuat Semur Ayam Yang Menggugah Selera
link : Resep Membuat Semur Ayam Yang Menggugah Selera

Baca juga


April 2016

lezatnya daging ayam empuk dan kentang yang disemur, bumbu-bumbu manisnya telah meresap ke dalam daging ayam dan ke dalam potongan kentang. Citarasanya khas Indonesia. Resep Semur Ayam ini mudah, praktis dan kaya citarasa rempah-rempah khas kuliner Indonesia.







Bahan
•    500 gram (kira-kira 1/2 ekor) ayam, potong menjadi 6 bagian, goreng sebentar hingga setengah matang
•    300 gram (kira-kira 3 buah) kentang, potong agak besar, goreng hingga matang
•    1000 ml (1 liter) air
•    100 ml Kecap Manis Bango (kira-kira setengah gelas minum kecil)
•    1 bungkus kaldu ayam Royco
•    1/4 sendok teh garam
•    1/2 butir pala, diparut halus
•    1/2 sendok teh lada putih bubuk
•    2 sendok makan bawang merah goring
•    3 sendok makan minyak untuk menumis
•    1 batang serai, dimemarkan

Bumbu halus
•    5 siung bawang putih
•    5 butir bawang merah
•    2 cm jahe

Cara memasak
  1. Tumis bumbu halus bersama serai sampai harum.
  2. Masukkan ayam, masak hingga menyatu dengan bumbu.
  3. Tambahkan kentang, Kecap Manis Bango, air, Royco, garam, gula, lada dan pala, masak dengan api kecil hingga air agak mengental.
  4. Tambahkan bawang merah goreng, aduk, masak sebentar lalu angkat dan sajikan.
Untuk 4 porsi

Tentang Kami