Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Senin, 29 April 2013

SOTO DAN INDONESIA

April 2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SOTO DAN INDONESIA
link : SOTO DAN INDONESIA

Baca juga


April 2013



Indonesia selain terkenal dengan Batiknya,juga terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang dimunculkan dari semua suku penghuni wilayah yang terangkum didalam negeri tercinta kita ini,dan yang paling menonjol pada saat ini adalah kulinernya,yang kalau kita disuruh untuk menghitungnya mungkin tidak akan terhitung jenis masakan yang ada di Indonesia,

Masing-masing daerah mempunyai makanan / masakan khas yang tidak
sama baik rupanya maupun rasanya,kalaupun sama mungkin itu hanya namanya saja,tapi soal rasa tetep daerah masing-masinglah penentunya iyakan bro hehehe,,,,,,

Menurut penelitian para ahli kuliner di Indonesia yang paling banyak di punyai di setiap wilayah,maksudnya yang setiap wilayah punya masakan yang namanya sama tapi rasanya berbeda adalah” SOTO “masakan yang satu ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu,dan sekarang sudah dikenal di beberapa negara besar di belahan dunia.huebatkan bro hehe,,,,

Lho ko soto sih,,,?? Yaiayalah masa suti sih hihi,,,ini sepengatahuan saya saja yah,yang namanya soto banyak banget deh ada :Soto Betawi.Soto Tangkar.Soto Mie Bogor.Soto Bandung.,Soto Madura,Soto Makasar.,Soto Padang.Soto Sulung.Soto Ambengan.Soto Kudus.Soto Malang.Soto Banjar.dan masih banyak soto-soto lainya yang mungkin belum sempat muncul kepermukaan jagat kuliner  iyakan bro hehehe,,,,

Hari ini ini saya akan berbagi resep soto yang mungkin berbeda dengan soto yang pernah anda coba sebelumnya,ini menurut pelanggan saya dan juga rekan-rekan yang sudah mencicipi soto ini,katanya soto Madura,namun saya tidak berani mengiyakan,masalhnya saya bukan orang Madura itu yang pertama,dan yang kedua,ini hanya mirip saja,sebab mungkin soto Madura yang asli rasanya tidak seperti yang saya buat ini.namun buat saya terserah mereka sajalah mau menyebutnya apa,yang penting bisa dinikmati iyakan bro hehehe,,,,

Okay kita mulai saja,bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto,,,,tapi soto apa yah namanya ???oh iya  sebut saja “Soto Indonesia” kerenkan bro hehehe,,,,,tapi kalau di tempat saya sekarang soto ini dikenal dengan nama “SOTO SAMUDERA” ( bukan promosi ) hahaha

A.Bahan utama:


  • 1 kg Daging sapi.1 kg Babat sapi


B.Bumbu yang dihaluskan:


  • 100 gr Bawang merah.50 gr Bawang putih.20 gr Ketumbar.5 gr Jinten.25 gm Kunyit.25 gr Kemiri


C.Bumbu dasar:


  • 5 btg Serai/ Sereh ( dikeperek).10 lbr Daun jeruk purut.10 lbr Daun Salam.100 gr Lengkoas / Laaos ( dikeprek )


D.Bumbu dasar utama:


  • Garam,Penyedap rasa, dan Gula pasir,Merica / Lada ( sesuai selera )


E.Bumbu pelengkap:

Daun seledri ( di iris seperti biasanya ).Tomat segar ( di iris sesuai serera ).Bawang goreng.jeruk nipis Sambal soto ( seperti biasanya )

Caranya: 

Rebus babat sapi sampai empuk,tapi,,,,,,,,,,,,,,,,,jerohan sapi yang satu ini aga-agak susah cara memasaknya,karena kalu kurang hati-hati aroma bawaan yang kurang sedap akan tercium disaat kita menyantapnya,jadi perlu trik khusus untuk menghilangkan aroma bawaan yang kurang sedap tersebut.
Caranya pertama-tama siapkan air hangat kemudian campurkan sedikit kapur sirih,biarkan beberapa menit,kemudian gilas ( seperti mencuci pakaian ) maka kotoran yang menempel di sela=sela babat akan rontok,kemudian bilas pada air yang mengalir ( air kran).

Masak air secukupnya,tambahkan lengkoas,jahe,daun salam,dan sereh,bubuhi sedikit garam,setelam mendidih masukan babat yang sudah dicuci tadi,dan rebus sampai matang dan empuk.Dengan cara seperti itu maka babat sapi akan bebas dari aroma bawaan yang kurang sedap tersebut.Kemudian angkat dan bilas lagi dengan air bersih,lalu potong-potong sesuai selera anda,atau sesuaikan dengan ukuran potongan untuk soto.

Potong daging sapi menurut selera anda ( di sesuaikan potongan untuk soto ) kemudian cuci bersih dan tiriskan,masak air ( 5 liter ) masukan bumbu dasar ( C )setelah mendidih maka masukan potongan daging yang sudah dicuci tadi.

Tumis bumbu (B) yang sudah dihaluskan tadi,hati-hati jangan sampai gosong yah hehehe,masak terus sampai harum dan matang,tandanya jika bumbu yang digoreng sudah mengeluakan minyak itu tandanya sudah matang,kalu tidak maka aroma kunyit mentah akan terasa ketika kita menyantapnya nanti.

Masukan babat yang yang sudah matang tadi kedalam rebusan daging,kemudian masukan juga tumisan bumbu yang sudah matang tadi,dan masukan juga bumbu dasar utama ( D ) aduk sampai rata,setelah semua dirasa cukup maka matikan apinya,selanjutnya tingal menghidangkanya di mangkok yang sudah disiapkan sebelumya,dan tambahkan bumbu pelengkap ( E ) di sesuaikan saja dengan porsi yang anda inginkan.

Dan sekarang jadilah sudah yang namanya “SOTO INDONESIA” yang enak dan gurih,anda ingin mencobanya,,? Silahkan saja namun agak ribed juga yah,?,hehe tapi hidup itu perlu perjuangan loh hahahahahahaha,,,Terimakasih dan selamat mencoba

 Dede Thea

 




Minggu, 21 April 2013

INDONESIAKU

April 2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : INDONESIAKU
link : INDONESIAKU

Baca juga


April 2013


Sebagai orang Indonesia kita patut bangga tentunya,karena selain ramah ( ini menurut  orang luar alias non indonesia ) Indonesia itu terdiri dari banyak suku,budaya,adat istiadat,namun tetap menjadi satu kesatuan dalam suatu wadah megah yang dikenal dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia, waoww kerenkan hehehe,,,,

Selain itu Indonesia juga memiliki makanan khas yang sangat dikenal di manca negara bahkan di dunia ,menurut berita yang pernah saya dengar bahwa ada tujuh makanan Indonesia yang sangat di kenal dunia,konon
makanan nomer satu terenak dari negara kita ini adalah :Rendang , dan  lainya seperti di bawah ini:

  1. Rendang
  2. Nasi Goreng
  3. Gado-gado / Pecel
  4. Bakso
  5. Gudek ( Gudhek )
  6. Satai ( Sate ayam &kambing )
  7. Soto Betawi


Tujuh makanan tersebut di atas mungkin bagi orang luar negeri rasanya adalah sama dimanapun mereka temukan,padahal bagi kita sebangai bangsa Indonesia sudah hapal betul bahwa masing-masing makanan tersebut punya rasa berbeda ,tergantung darimana makanan tersebut berasal,selain itu juga masing-masing dari makanan tersebut  terbagi lagi mejadi beberapa  rasa yang berbeda-beda seperti;Nasi Goreng ,dan ada beberapa macam pula seperti:

  • Nasi goreng kambing
  • Nasi goeng petai
  • Nasi goreng ikan asin
  • Nasi goreng jawa


Dan masih banyak lagi nasi goreng-nasi goreng lainya yang mungkin belum sempat kita ketahui,begitupun yang lain-lainya,baik itu rendang,gado-gado,satai,soto,dan lain sebagainya.

Untuk anda yang bosan dengan nasi goreng yang biasa-biasa saja,malam ini saya punya resep Nasi Goreng sederhana namun soal rasa yang ini adalah luarbiasa hehehe,dan menu ini adalah menu favorit di Tiger Cave Restaurant (Taman Safari IIPrigen Pasuruan.)

Bahanya:

  • 1 piring Nasi putih
  • 1 btr Telor
  • 1 sdt Mentega ( minyak goreng biasa juga bisa )
  • 1 btg Bawang daun ( ambil bagian putihnya saja di potong kasar)
  • 1 lbr Daun seledri ( dipotong halus )
  • 1 sdt Kecap manis
  • 1 sdt Saos tomat
  • ½ sdt Seasoning beef powder( Seasoning chicken)
  • merica dan garam secukupnya ( sesuai selera )

Caranya:

Panaskan mentega,kemudian masukan irisan daun bawang,tumis sampai harum,kemudian masukan nasi putih,aduk dengan cepat,masukan garam,merica,saos tomat,kecap manis,aduk lagi dengan cepat,terahir masukan irisan daun seledri,angkat dan hidangkan di piring saji yang sudah disiapkan sebelumnya.

Untuk mempercantik penampilannya anda boleh menambahkan udang goreng atau cumi goreng tepung,atau terserah anda ( sesuai selera masing-masing).dan yang wajib ada pada yng namanya nasi goreng biasanya :acar timun,telur dadar dan kerupuk.

Demikian yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini,kurang dan lebihnya saya mohon ma’af yang sebesar-besarnya,dimana saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan,semoga ada guna dan manfaatnya untuk anda semua.
Terimakasih
Dede Thea



Senin, 15 April 2013

MANFAAT CABAI HIJAU

April 2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MANFAAT CABAI HIJAU
link : MANFAAT CABAI HIJAU

Baca juga


April 2013

Ketika salahsatu assistant cook saya, terpekik dan pepmerlihatkan tanganya yang luka akibat teriris pisau dan mengeluakan darah,saya langsung menyuruh salaseorang untuk mengambil kotak P3K namun obat yang saya butuhkan tidak ada alias habis,waduh gimana nih,,,,tiba-taba saya teringat bahwa cabai bisa dijadikan obat penyembuh luka,dan kebetulan sudah ada stock bumbu yaitu tepung cabai yang biasa saya gunakan untuk bumbu ayam crispy.
Anda tahu apa yang terjadi setelah itu ??pendarahan langsung berhenti,dan rasa sakit langsung hilang,kok  bisa yah ?? ya bisa doonk karena yang namanya cabai menurut para peneliti mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker

Selain rasa pedas yang terdapat pada cabai ini  juga ada manfaat lain yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh misalnya :meredakan pilek dan hidung tersumbat,nyeri sendi,penyembuhkan luka,meningkatkan nafsu makan,dan juga dapat meredakan demam.

Sebagai contoh kecil saja,bila kita sedang pilek,hidung serasa tersumbat,kemudian makan cabai dengan cara di sambal dulu tentunya,dan makan seperti biasanya maka hidung yang tadinya terasa tersumbat akan berubah menjadi encer sehingga dengan mudah bisa dikeluarkan,namun saya menyarankan jangan makan sambal secara belebiha,karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Demikian sekilas info tentang cabe ( cabai ) untuk lebih jelasnya anda bisa tanya langsung tanya sama ahli percabaian atau baca buku yang berkaitan dengan yang namanya cabai,selanjutnya saya akan membahas makanan yang berhubungan dengan cabai.

Cabe sangat di gemari dan sering sekali dimanfaatkan sebagai bumbu maupun sambal dalam masakan. rasa cabe yang gurih dan pedas telah memikat lidah kita semua untuk mencobanya. kebanyakan orang menyukai hidangan makanan yang pedas terutama sambal yang dibuat secara modern maupun sambal yang dibuat secara tradisional ( diulek )

Dan sekarang saya akan berbagi cara membuat sambal hijau,walaupun saya yakin bahwa pemirsa sudah tahu benar cara membuatnya,namun tidak salahnya  dan tidak berdosa  (hehe ) kalau saya hari ini share recep yang satu ini,karena yang ini beda banget dengan yang anda pernah rasakan sebelumnya hahaha,,,,,

Bahanya:
  • 200 gr Cabai Rawit Hijau
  • 100 gr Cabai hijau besar
  • 150 gr Tomat hijau ( yang dipakai haya bagian luarnya saja )
  • 100 gr Bawang merah ( diiiris tipis )
  • 10 Lmbr Daun jeruk ( dicincang halus )
  • 1 lbr Daun kunyit ( dicincang halus )
  • 50 gr Gula pasir
  • Garam secukupnya saja 
Caranya :

 Tumbuk semua bahan kecuali daun jeruk dan daun Kunyit ( hanya di cincang halus ) atau di blender tapi jangan terlalu halus,setelah itu tempatkan dalam wadah yang bagian alasnya seperti saringan agar airnya turun semua ,biarkan sampai airnya kering .

 Siapkan wajan dan minyak goreng lalu panaskan masukan semua bahan sambal tadi,masak jangan terlalu lama,agar warna dan rasa tetap terjaga,jangan lupa masukan juga garam,
gula pasir dan penyedap rasa secukupnya setelah semua dieasa cukup kemudian angkat 
dan siap untuk di sajikan,,,,,,,mudahkan??

 Mungkin anda mengira ini adalah sambal hijau Padang,bukan sekali lagi ini buka sambal hijau padang,ini hanya sambal rekaan saya saja namun kebetulan mirip saja,karena kalau sambal yang ada di restoran padang mungkin jauh lebih enak karena rasa dan aroma khas yang dimiliki oleh sambal tersebut.

 Demikian bahasan kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya,kurang dan lebihnya saya mohon maaf,karena hanya inilah yang dapat saya bagikan di hari ini,terimakasih dan selamat mencoba,


 



Kamis, 11 April 2013

Resep Masakan Udang Bumbu Kare

April 2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Udang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Masakan Udang Bumbu Kare
link : Resep Masakan Udang Bumbu Kare

Baca juga


April 2013




Resep Masakan Udang Bumbu Kare



Untuk santap malam sekali-sekali sajikan hidangan istimewa, seperti udang. Yang ini sangat mudah dibuat. Udang berbumbu kare Jawa yang wangi dengan tambahan cabai yang pedas. Enak disuap dengan nasi hangat!

Bahan:

500 g udang segar ukuran sedang, buang sungutnya
2 sdm air jeruk nipis
minyak goreng
2 sdm minyak sayur
5 butir bawang merah, iris kasar
2 buah

Selasa, 09 April 2013

CILOK ( ACI DICOLOK )

April 2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CILOK ( ACI DICOLOK )
link : CILOK ( ACI DICOLOK )

Baca juga


April 2013



Entah darimana dan siapa yang pertama membuat makanan yang punya nama “ CILOK “ ( aci dicolok) dari Jawa Barat sampai Jawa Timur namanya sama yaitu Cilok,beda dengan makanan lainya seperti :Gado-gado,Lotek,( di Jawa Barat ) Pecel ( di Jawa Timur ) dan makan lainya yang punya nama berbeda di masing-masing daerah.

Dulu cilok merukan makanan sederhana,yang hanya di jajakan di
halaman sekolah,( SD ) di pinggir jalan dan di warung-warung pedesaan,harganyapun sangat murah,karena sasaran utamanya kebanyakan anak-anak,walaupun tidak sedikit orang dewasapun juga banyak yang menyukai makanan yang satu ini,

Sekarangjaman semakin maju,semakin banyak orang-orang kreatif yang mencoba memodifikasi makanan sederhana menjadi makanan luarbiasa,baik dari rasanya,bumbunya,dan tampilanya,sehingga sudah banyak makanan yang tadinya hanya di jajakan dipinggir jalan ( kakilima ) tapi sekarang sudah menempati buku menu restoran –restoran  besar,termasuk yang namanya Cilok ini tentunya.

Dan tadi pagi saya tercengang  dan takjub ketika assistant cook di tempat saya kerja ,yang biasa di panggil ” mbak “ Yanti ( Dwi Andini Yanti ) membuat Cilok dengan rasa yang beda dan tampilanyapun sangat menggugah selera,wow luarbiasa enak,gurih and manyooz pastinya,ini jauh lebih enak dengan yang pernah saya makan sebelumnya di sebuah rumah makan sewaktu saya di perjalanan pulang dari Jawa Barat menuju Jawa timur.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat “ Cilok special “ bisa mengkopas resepnya dibawah ini,caranya sangat sederhana,bahanyapun gampang dicari,yang penting ada kemauan saja dan juga keyakinan penuh bahwa apa yang anda kerjakan adalah benar hehehe,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Bahanya:


  • 100 gr Daging sapi ( tetelan,atau daging lamusir sapi ) di cincang atau di giling
  • 250 gr Tepung kanji
  • 200 gr Tepung terigu
  •   50 gr Beef seasoning ( atau semacamnya )
  •     3 btd Seledri ( di iris halus )
  •     5 siung Bawang putih ( dicincang halus )
  •     Garam dan gula secukupnya
Caranya:

Campurkan semua bahan tadi kemudian tambahkan sedikit air matang dingin,aduk sampai rata dan hasil ahir adonan sama seperti adonan untuk bakso.Masak air bubuhi sedikit garam dan sebatang seledri masak sampai mendidih,kemudian kecilkan apinya,agar air rebusan panasnya tetap terjaga.

Anda pernah melihat cara membuat bakso ?? anggap saja pernah yah hehehe,proses selanjutnya sama seperti membuat bakso,yatu tangan kiri mengepal adonan,sedangkan tangan kanan memegang sendok,ketika kepalan tangan kiri diperkuat maka adonan cilok akan keluar,dan sendok di tangan kanan siap mengambil cilok yang sudah terbentuk kemudian memasukanya ke air rebusan tadi,terus lakukan seperti itu sampai adonan habis.

Selanjutnya anda perhatikan adonan yang ada di air rebusan tadi akan muncul kepermukaan,dan itu tandanya cilok sudah matang,kemudian angkat dan tiriskan,usahakan taruh disatu wadah yang bagian bawahnya seperti saringan,agar airnya turun 

Bahan untuk saos:


  • 100 gr Kacang tanah,di sangrai/goreng,kemudian haluskan,dengan cara di ulek atau di blender
  •     4 sdm Saos tomat dan 4 sdm saos sambal ( capurkan jadi satu )
  •     Garam dan gula pasir secukupnya ( sesuai selera )

Caranya ;

Panaskan sedikit minyak kemudian tumis sedikit bawang putih untuk membuat aroma,lalu masukan sedikit air panas kemudian masukan semua bahan di atas tadi,aduk sampai rata,hasil ahir bumbu tersebut mirip dengan bumbu siomay,tahu donk bumbu siomay ?? anggap saja tahu yah hehehe

Susun” Cilok “ yang sudah jadi tadi di piring saji yang sudah disiapka sebelumnya ( susun sedemikian rupa agar tampilanya lebih menarik ),kemudian siram dengan bumbu kacang,jika anda suka tambahkan sedikit kecap manis agar rasanya lebih maknyooz,selanjutnya terserah anda,mau dimakan dengan cara dicolok dulu atau,,,,,,,,,terserah dech hahaha,,,,

Demikian sekilas info tentang cilok,kurang dan lebihnya saya mohon maaf karena hanya inilah yang bisa saya bagikan saat ini,semoga ada manfaatnya untuk anda semua,

Terimakasih
Dede Thea
 

Kamis, 04 April 2013

GURAMI SAOS TELOR ASIN

April 2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul April 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GURAMI SAOS TELOR ASIN
link : GURAMI SAOS TELOR ASIN

Baca juga


April 2013

Penghuni air tawar yang punya julukan “Osporonemus Gouramy “ ini adalah penyedia protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan manusia,sehingga bukan rahasiah lagi bagi para ahli kuliner terhadap ikan yang satu ini,dagingnya yang sangat tebal dan gurih ini menjadi salah satu menu yang paling banyak dicari oleh para penikmatnya.harga bukan masalah bagi mereka sipenyuka berat penghuni kolam air tawar ini.

Kandungan gizi ikan air tawar cukup tinggi dan hampir sama dengan ikan air laut, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. tingginya kandungan protein dan vitamin membuat ikan yang mudah dibudi dayakan ini sangat membantu pertumbuhan anak-anak balita

Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna. mengingat besarnya peranan gizi bagi kesehatan, ikan merupakan pilihan tepat untuk diet di masa yang akan datang.

Ikan gurami sangat dikenal sebagai olahan istimewa baik di Restoran ataupun di rumah,dulu ikan yang satu ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang menegah ke atas saja,karena harganya yang sangat mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Jaman dulu olahan ikan gurami yang paling terkenal adalah Ikan gurami asam manis,namun sekarang banyak sekali olahan yang berbahan dasar ikan gurami seperti : 
Hari ini saya akan menambahkan  satu lagi olahan ikan gurami,yaitu "Ikan Gurami Saos Telor Asin"olahan ini sangat sederhana sekali,bahkan mungkin pemirsa juga sudah tahu keberadaan menu yang satu ini,namun resep yang akan saya bagikan ini lain dengan yang pemirsa pernah coba sebelumnya.

Ikan Gurami Saos Telor Asin ini saya dapatkan dari rekan kerja saya juga,yaitu yang biasa di panggil Mas Okky ( Chef Indonesian Food ) asli kelahiran Sidoarjo Jawa Timur,dan telah bergabung di perusahaan tempat kami bekerja mulai tahun 2007 hingga sekarang.

Bahanya:

  • 1 ekor Ikan gurami segar ukuran sedang saja ( difillet potong sesuai selera )
  • 4 btr Telor asin ( ambil kuningnya saja )
  • 3 siung Bawang putih ( sincang halus )
  • 1 sdt Gula pasir + penyedap rasa secukupnya
  • 5 biji Cabai rawit ( dipotong kasar ) atau sesuai selera
Caranya:

Daging ikan gurami yang sudah di fillet dan di potong-potong di lumuri air jeruk nipis,garan dan merica,biarkan sebentar agar bumbunya meresap,kemudian tambahkan putih telur kemudian aduk rata,setelah itu taburi sedikit tepung terigu dan selanjutnya goreng sampai matang dan warnanya berubah kecoklatan.

Tumis bawang putih sampai harum,masukan kuning telur asin aduk sampai hancur,tambahkan sedikit air kaldu ( kalau ada ) atau air biasa saja,lalu tambahkan gula pasir dan penyedap rasa secukupnya saja.
Masukan cabai rawit yang sudah dipotong-potong,aduk sampai rata dan cepat agar saos yang hampir jadi ini tidak mengering.Kemudian masukan ikan gurami yang sudah digoreng tadi ,aduk dengan cepat,

Angkat ikan yang sudah dimasak dan susun di piring saji yang sudah disiapkan sebelumya,untuk tampilan sepenuhnya terserah anda , sekedar contoh anda  bisa lihat gambar yang saya buat secara sederhana untuk tampilan Ikan Gurami Saos Telor Asin

Demikian postingan kali ini semoga ada guna dan manfa'atnya bagi anda yang ingin mencoba membuat olahan ikan gurami ini,kurang dan lebihnya saya mohon ma'af karena hanya inilah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Terimakasih
Dede Thea

Tentang Kami