Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Selasa, 31 Mei 2016

RESEP DAN BUMBU TAHU GIMBAL KHAS SEMARANG

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jajanan, Artikel Masakan Daerah, Artikel Masakan Nusantara, Artikel Ramadhan 2016, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP DAN BUMBU TAHU GIMBAL KHAS SEMARANG
link : RESEP DAN BUMBU TAHU GIMBAL KHAS SEMARANG

Baca juga


Mei 2016

Gambar, Foto, Resep Tahu Gimbal Semarang

RESEP CARA MEMBUAT TAHU GIMBAL KHAS SEMARANG ENAK DAN GURIH

Resep Masakan Hari Ini - Banyak banget kreasi masakan khas daerah yang ada di Indonesia, salah satu kuliner khas yang nggak bisa dilewatkan adalah tahu gimbal Semarang ini.. Kombinasi bumbu kacangnya bikin citarasa makin menggoda.. Pernah mencoba bikin tahu gimbal bunda? Jika belum pernah, coba buat sendiri di rumah yuuukk..

Bahan-bahan:

  • 1 kotak tahu putih, potong-potong
  • 150 g kol/kubis, iris tipis


Bahan udang:

  • 150 gr udang, kupas
  • 100 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung beras
  • 1 butir ayam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 batang seledri, iris tipis
  • air secukupnya


Bumbu kacang:

  • 200 gr kacang tanah, goreng
  • 5 siung bawang putih, iris tipis dan goreng
  • 2 sdm gula merah, sisir
  • 5 sdm kecap manis
  • cabai rawit secukupnya/sesuai selera
  • 100 ml air panas


Cara membuat:

  1. Rendam tahu dalam air garam, biarkan kurang lebih 10 menit dan goreng hingga matang. Potong-potong kecil dan sisihkan.
  2. Campur semua bahan untuk udang gimbal hingga jadi adonan kental. Goreng udang yang terbalut adonan hingga matang kecokelatan. Potong-potong dan Sisihkan.
  3. Untuk bumbu kacang, haluskan di cobek semua bahan dan tuang air panas sedikit demi sedikit sambil dicampur dan aduk rata. Terakhir campurkan dengan kecap manis.
  4. Tata tahu dan udang gimbal, kemudian taburi dengan kol secukupnya. Tuang dengan saus kacang.

Kuliner Tahu gimbal khas Semarang diatas siap sajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Gampang buatnya kan? Yummi.. Nyam.. Nyam...!

RESEP BUBUR DAGING SAPI BROKOLI UNTUK BAYI

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA MAKANAN BAYI, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP BUBUR DAGING SAPI BROKOLI UNTUK BAYI
link : RESEP BUBUR DAGING SAPI BROKOLI UNTUK BAYI

Baca juga


Mei 2016

Resep Bubur Daging Sapi Brokoli untuk Bayi
Variasi makanan pendamping asi disingkat mpasi dapat diperkaya dengan resep bubur daging sapi sayur brokoli dan tomat untuk menu bayi usia 6 atau 7 bulan bahkan 9 bulan ke atas. Bubur saring atau nasi tim yang dihaluskan disarankan mulai bertahap diperkenalkan kepada bayi setelah sebelumnya mengkonsumsi bubur susu.

Sebenarnya cara membuat bubur saring sendiri memang cukup mudah dengan pemakaian bahan-bahan yang masih segar, sehingga kita tidak selalu bahkan terus menerus memberikan mpasi instan kepada bayi.

Meski sudah diberi mpasi, asi tetaplah merupakan makanan utama karena sudah mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi serta pelindung dari berbagai penyakit. Menyusui lebih lama juga akan membuat bayi agar cepat gemuk.
Cara Membuat Bubur Saring Bayi Daging Sapi Brokoli

RESEP BUBUR DAGING
  • 20 gram beras putih
  • 650 ml air
  • 30 gram daging sapi giling
  • 30 gram brokoli, potong-potong kecil bunga brokolinya saja
  • 30 gram tomat merah dicincang kasar
CARA MEMBUAT BUBUR DAGING
  1. Masak beras dengan 650 ml air dan daging sapi giling serta aduk sesekali. Setelah mendidih, masukkan brokoli dan tomat, aduk rata lalu masak hingga mendidih kembali dan mengental. Selama memasak aduk sesekali dan gunakan api kecil.
  2. Setelah mengental dan menjadi bubur, matikan api dan biarkan dingin. Selanjutnya blender halus kemudian saring serta bubur daging sapi brokoli siap disuapkan kepada bayi.

Senin, 30 Mei 2016

10 Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kerajinan tangan dari sedotan, Artikel sedotan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan
link : 10 Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Baca juga


Mei 2016

10 Ide Kreatif Membuat Kerajinan Tangan Dari SedotanRagam Kerajinan Tangan. Pada artikel kali ini kita kembali akan membahas kerajinan tangan yang di buat dari bahan sedotan. Memang dari bahan dasar sedotan ini ternyata cukup banyak yang bisa kita kreasikan dari mulai yang paling sederhana seperti membuat tirai pada pintu atau jendela sampai yang agak rumit yaitu membuat action figure menggunakan sedotan.

Pada Artikel kali ini akan di berikan beberapa contoh kerajinan tangan kreatif dengan memanfaatkan sedotan. Sedotan yang di gunakan bisa bergam jenis dan warnanya mulai dari yang bentuk lurus saja, sampai yang bisa di bengkokan pada sebagian ujungnya.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kreasi kerajinan tangan dengan bahan sedotan :

1. Kerajinan Tangan Aksesoris Dari Sedotan.

Buat anda para wanita yang ingin mencoba tampil dengan aksesoris yang unik namun tidak berkesan murahan, mungkin bisa mencoba aksesoris di bawah ini dengan memanfaatkan sedotan untuk membuat gelang dan kalung.


2. Kerajinan Tangan Bingkai Sedotan

Anda memiliki kenangan foto-foto unik, agar terlihat kompak dengan foto unik anda, untuk bingkainya sendiri dapat berbentuk unik juga yaitu dengan membuatnya dari bahan sedotan. Dengen sedikit sentuhan dan permainan warna bingkai anda akan terkesan unik dan keren.


3. Kerajinan Tangan Membuat Burung dari Sedotan

Ide ini terlihat cukup keren dan unik, karena untuk membuat burung biasanya kita akan memanfaatkan bahan seperti kayu, kertas atau bahkan semen. Namun dengan memanfaatkan sedotan dan menjadikanya burung cantik, kerajinan tangan sedotan ini terbilang cukup unik.


4. Kerajinan Tangan Figure dari Sedotan

Kerajinan ini bisa juga menjadi nilai tambah untuk tugas sekolah karena hasilnya tidak biasa yaitu membuat figure orang yang sedang bermain gitar dengan bahan dari sedotan. Mungkin jika membuat figure seperti ini nilai kerajinan tangan anda akan lebih baik dari yang lain hehe...


 5. Kerajinan Tangab Membuat Gaun dari Sedotan

Untuk yang ini mungkin bisa di coba ke beberapa designer yang ingin tampil beda unik dan juga terkesan mewah. Gaun di bawah ini di buat dengan ratusan sedotan sehingga di hasilkan gaun yang luar biasa.


6. Kerajinan Tangan Naga dari Sedotan

Ternyata dengan menggunakan sedotan yang bisa di tekuk tekuk seperti sedotan aqua ini,  Naga di bawah terlihat cukup detail dengan ukuran yang kecil, karya ini bisa di gunakan untuk pajangan atau dapat menjadi nilai jual untuk anda.


7. Kerajinan Tangan Membuat Pot dari Sedotan

Dalam membuat sebuah pot gantung, yang biasa kita pakai adalah potnya sendiri, tali pengikat dan paku, namun untuk pot gantung yang sedikit berbeda dan cantik seperti di bawah ini dapat anda buat dengan tambahan potongan sedotan pada bagian potnya.


8. Kerajinan Tangan Action Figure dari Sedotan

Anda pernah melihat film predator vs alien..dan anda ingin memiliki figurenya namun harganya cukup mahal, jangan khawatir anda bisa membuat action figure ini dengan menggunakan bahan dasar sedotan. Gunakan sedotan berwarna hitam agar hasilnya terkesan sangar dan real.


9. Kerajinan Tangan Membuat Miniature Sepeda dari Sedotan

Kreasi yang berikut ini juga terbilang unik dengan menggunakan beragam jenis sedotan dapat menghasilkan sebuah miniature sepedea yang keren.


 10. Kerajinan Tangan Singa dari Sedotan

Untuk anak kesayangan anda tidak perlu selalu di berikan mainan jadi yang ada di toko-toko mainan, Sesekali anda dapat membuat suatu karya dengan anak anda seperti pada gambar di bawah, dengan memanfaatkan sedotan anda dapat membuat seekor singa mungil untuk mainan atau penghias kamar anak anda.



Nah demikianlan beberapa contoh kreasi kerajinan tangan yang dapat anda hasilkan dengan memanfaatkan bahan dari sedota. Semoga dengan artikel ini dapat menambah ide dan wawasan anda dalam berkreasi.



Sumber gambar : berbagaisumber

Sabtu, 28 Mei 2016

RESEP CAKWE GORENG ADONAN MUDAH PRAKTIS

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA JAJANAN, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP CAKWE GORENG ADONAN MUDAH PRAKTIS
link : RESEP CAKWE GORENG ADONAN MUDAH PRAKTIS

Baca juga


Mei 2016

Resep Cakwe Goreng dan Saus Pedas
Adonan dasar resep cakwe dan sausnya yang enak dan renyah kali ini diolah dengan cara mudah dan praktis tanpa amoniak dan tanpa ragi. Kombinasi baking powder dan soda kue membuat cakwe goreng agar empuk mengembang, namun bahan utamanya sangat sederhana yaitu campuran tepung terigu dan air.

Sesuai namanya cakhwe adalah makanan asli dari Tionghoa, cakwe banyak dijual di Medan dan Bandung dari menu kafe, kaki lima hingga pedagang keliling di pagi hari untuk menu sarapan bersama kue bantal/odading.

Karena baking powder dan baking soda/soda kue berfungsi sebagai pengembang, maka takarannya dapat diatur atau disesuaikan ingin berapa ngembang. Meski bahan adonannya mudah dan praktis, namun proses pembuatannya memang cukup lama, sebab adonan harus banyak diistirahatkan agar pengembang dapat lebih maksimal.

RESEP CAKWE GORENG

  • 500 gram tepung terigu
  • 1-2 sdt baking powder (sesuai keinginan)
  • 1 sdt baking soda/soda kue
  • 1 sdt garam
  • 325 ml air
  • secukupnya minyak untuk olesan dan menggoreng
Cara Membuat Cakwe Mudah Adonan Praktis

CARA MEMBUAT CAKWE

  1. Siapkan wadah, campur dan aduk rata baking powder dengan baking soda dan garam. Masukkan juga tepung terigu serta aduk rata lagi, selanjutnya tuang air sedikit demi sedikit sambil uleni hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  2. Setelah adonan kalis (buat bulat), istirahatkan selama 15 menit. Kemudian aduk lagi dengan cara membalikkan bagian pinggir/sisi-sisinya ke tengah (adonan jadi bulat lagi), istirahatkan lagi adonan selama 20 menit.
  3. 20 menit berselang, balikkan adonan cakwe dan olesi minyak tipis saja, lalu istirahatkan lagi selama 60 menit (1 jam).
  4. Berikutnya potong adonan jadi 3 bagian, masing-masing masukkan ke dalam plastik kemudian diamkan lagi minimal selama 5 jam.
  5. Keluarkan dari plastik, pipihkan adonan dengan ketebalan 1 cm lalu potong dengan panjang 10 cm dan lebar 2 cm. Tumpuk masing-masing 2 potong adonan, agar merekat tekan tengahnya perlahan pakai sumpit tapi jangan sampai putus.
  6. Panaskan minyak yang banyak hingga benar-benar panas, angkat adonan cakwe lalu tarik kedua ujungnya hingga memanjang. Goreng hingga mengembang dan berwarna kuning kecoklatan, gunakan sumpit supaya lebih mudah membolak-balikkannya.

RESEP SAUS CAKWE

  • 2 buah tomat merah
  • 5 buah cabe rawit merah (cengek domba) atau sesuai selera
  • 1 siung bawang putih
  • 4 sdm saus cabe/sambal
  • 6 sdm saus tomat
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 400 ml air
  • 2 sdm minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT SAUS CAKWE

  1. Haluskan tomat, cabe rawit dan bawang putih. Panaskan minyak, tumis bumbu halus tersebut hingga harum. Tuang air, garam, kaldu bubuk, gula serta saus tomat tomat dan saus sambal, aduk rata dan masak hingga maendidih.
  2. Tuang larutan maizena, aduk rata hingga mengental dan meletup-letup. Angkat dan selanjutnya cakwe goreng enak dihidangkan dengan saus pedasnya.

Jumat, 27 Mei 2016

Membuat Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kerajinan Tangan Anak, Artikel Kerajinan Tangan Unik, Artikel Stik Es Krim, Artikel Tutorial Kerajinan Tangan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Membuat Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang
link : Membuat Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang

Baca juga


Mei 2016

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Keranjang BersarangRagam Kerajinan Tangan. Di antara pergumulan dalam pembuatan kerajinan tangan, kita dapat melakukan beberapa hal dengan anak-anak. Berikut ini, kerajinan tangan yang sudah memiliki umur cukup tua  - kerajinan tangan dari stik es krim berupa keranjang bersarang.


Kerajinan tangan dari stik es krim kali ini merupakan kerajinan tangan dari stik es krim yang sangat akrab dengan anak-anak, karena kerajinan tangan ini cukup mudah dibuat terutama untuk mengoptimalkan kemampuan motoric anak kita. Cara pembuatannya pun cukup mudah dengan cara merangkai stik eskrim dengan menggunakan lem kayu.


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang




Bahan-Bahan Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Yang Dibutuhkan 

Untuk membuat kerajinan tangan dari es krim dengan bentuk keranjang bersaran ini, maka dibutuhkan bahan-bahan sebagai berikut :

1 Sisi Kardus bekas

2 Stik es krim

3 Lem Kayu

4 Cat warna / pewarna kayu

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang




Langkah Pembuatan Ragam Kerajinan Tangan

Untuk membuat kerajinan tangan dari stik es krim yang berbentuk keranjang bersarang ini, tahapan-tahapan yang akan kita lakukan bisa kita jabarkan sebagai berikut :

1 Potong sisi kardus bekas membentuk bangun persegi delapan. Ukur setiap sisi persegi delapan tadi sepanjang stik es krim.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang



2 Tempelkan 4 buah setik es krim ke bagian ujung sisi dari persegi delapan dan buat berselang satu satu sebagaimana bisa dilihat dalam gambar.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang



Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang




3 Langkah selanjutnya adalah, tempelkan 4 buah stik es krim lagi di atas stik es krim sebelumnya. Cara penempataannya adalah setiap stik es krim di letakkan di antara ujung stik es krim.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang




4 Lanjutkan mengelem dan tambahkan terus lapisan stik es krim dalam pola seperti yang ditunjukkan di dalam gambar.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang



5 Setelah Anda mencapai ketinggian yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah jemur keranjang bersarang anda di bawah sinar matahari selama beberapa saat agar lem mengering dan setiap stik es krim dapat saling menempel dengan kuat.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang



Sampai tahap ini, maka kerajinan tangan dari stik es krim sudah selesai kita buat. Keranjang bersarang pun sudah bisa anda gunakan untuk meletakkan pernak-pernik kecil milik anda. Ataupun bisa juga digunakan sebagai wadah makanan kecil di ruang tamu atau sambil nonton tv bersama keluarga.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang


Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Berupa Keranjang Bersarang




Apakah anda tertarik denan keranjang berikut ini? Keranjang bersarang kerajinan tangan dari stik es krim kita yang satu ini merupakan keranjang bersarang dengan bentuk hexagonal.



Untuk keranjang bersarang yang satu ini merupakan keanjang bersarang dengan warna pelangi yang sangat menawan.



Dengan warna-warni yang teratur menandakan anda menyukai ketertiban, pola dan pengorganisasian.


TAHU CRISPY

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel gorengan, Artikel Tahu / Tempe, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TAHU CRISPY
link : TAHU CRISPY

Baca juga


Mei 2016



Bismillahirrohmanirrohim

Halooo..apa kabar? Kita bikin cemilan yang gampang-gampang lagi yuuk. Kemarin udah bikin puding dan sekarang kembali lagi ke gorengan hihihi. Pasti pada tau kan tahu crispy atau mungkin ada juga yang sering banget beli? Kalau hoby makan tahu crispy, kita coba bikin sendiri aja yuk di rumah. Bahan-bahannya lebih higienis dan terjamin tanpa bahan tambahan truus kita juga bisa puas makannya.

Resep tahu crispy ini terinspirasi dari mbak sayang yang super kreatif dan foto-fotonya juga selalu kece, mbakyu Isna Sutanto. Hatur nuhun mama Kayla...kiss..kiss.

Untuk membuat tekstur tahu yang crispy digunakan maizena dan tepung tapioka dengan perbandingan 3:1. Bisa juga memakai tepung beras dan tapioka sih, tapi menurut saya dengan perbandingan yang sama teksturnya lebih keras dan lebih garing, lebih enak yang memakai maizena dan tapioka. Mungkin nanti akan saya coba lagi memakai tepung beras dengan komposisi yang lain. Untuk taburannya memakai cabe rawit, bawang putih dan daun bawang. Kalau mau praktis bisa aja pakai bubuk cabe siap pakai tuh, tapi menurut saya lebih enak pakai yang ini. Bisa juga kalau mau bawang dan cabe rawitnya diuleg kasar baru ditumis kemudian dicampurkan ke tahu crispynya. Disesuaikan aja dengan selera yaa.




TAHU CRISPY

Bahan :
5 buah tahu pong, potong dadu ---> rendam sebentar dalam air garam
3 sdm maizena
1 sdm tepung tapioka
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
minyak goreng secukupnya

Bumbu Taburan :
10 bawang putih, iris tipis, goreng dan remuk kasar
2 sdm margarin
1 sdm minyak
15 cabe rawit, iris halus
5 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
1 batang daun bawang, iris
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat :
1. Campur maizena, tepung tapioka, garam dan merica bubuk, aduk hingga rata.
2. Tiriskan tahu dari rendaman air garam hingga benar-benar kering kemudian lumuri dengan campuran maizena dan tapioka hingga terlapis rata.
3. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
4. Panaskan margarin dan minyak, tumis bawang putih, cabe rawit, merica bubuk dan garam. Aduk-aduk hingga bumbu kering dan masukkan daun bawang. Aduk rata, matikan api.
5. Masukkan tahu dan bawang putih goreng. Aduk hingga rata.
6. Sajikan hangat.




Kalau ada gunakan tahu pong ya, biar lebih enaak. Kalau susah mendapatkan tahu pong, bisa pakai tahu biasa aja, goreng dengan minyak yang banyak dan api sedang.

Selalu jadi favorit keluarga saya. Monggo dicobain, mungkin bisa jadi favorit juga. Bikinnya mudah dan simpel, tapi rasanya enaak deh.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG UNTUK NASI UDUK

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, Artikel Lauk Pauk, Artikel Masakan Nusantara, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG UNTUK NASI UDUK
link : RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG UNTUK NASI UDUK

Baca juga


Mei 2016

Gambar Ayam Goreng Spesial

RESEP CARA MEMBUAT AYAM GORENG (UNTUK NASI UDUK)


Ini nih bund, resep ayam goreng untuk pelengkap nasi uduk biar makin gurih dan nikmat.. Dengan sedikit campuran bumbu rempah mampu menghasilkan citarasa nasi uduk menjadi spesial... Dicoba yaaa... :)

Bahan:

  • 1 ekor ayam, potong 8 bagian
  • 200 ml air kelapa
  • 200 ml air
  • 1 sdt asam Jawa
  • minyak goreng

Bumbu, haluskan:

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • ½ sdt jintan
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Rebus ayam bersama air kelapa, air, dan bumbu halus hingga bumbu meresap dan ayam lunak. Angkat.
  2. Tiriskan ayam, goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering. 
  3. Angkat dan tiriskan.

Resep Ayam goreng ini bisa untuk 6 orang

Kamis, 26 Mei 2016

RESEP TONGSENG AYAM SANTAN BUMBU SEDERHANA

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA AYAM, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP TONGSENG AYAM SANTAN BUMBU SEDERHANA
link : RESEP TONGSENG AYAM SANTAN BUMBU SEDERHANA

Baca juga


Mei 2016

Resep Tongseng Ayam Santan Bumbu Sederhana
Menikmati masakan berkuah hangat yang enak serta gurih namun cukup ekonomis, cara membuat tongseng ayam santan menggunakan resep bumbu tongseng sederhana kali ini bisa segera kita sajikan di rumah.

Tongseng dikenal sebagai masakan khas Solo yang biasanya menggunakan daging kambing atau sapi. Ayam dapat menjadi alternatifnya untuk menghasilkan kuah tongseng yang cukup gurih berkaldu, apalagi jika menggunakan air kaldu dari rebusan daging ayam bersama tulangnya.

Selain pemakaian bumbu dan rempah, potongan kol dan cabe rawit juga menjadi ciri khasnya. Cabe rawit dapat diiris bila ingin rasa pedas yang lebih menyerap ke kuah, atau biarkan saja utuh agar yang tidak suka pedas bisa memilahnya.

RESEP TONGSENG AYAM

  • ½ kg daging ayam, potong-potong kecil atau menurut selera
  • 150 gram kol, potong-potong sesuai selera
  • 2 buah tomat dipotong jadi 8 bagian
  • 2 batang daun bawang dipotong-potong
  • 2 batang serai dikupas kulit luar lalu digeprek
  • 1 bungkus (65 ml) santan instan
  • 700 ml air
  • 5 sdm kecap manis
  • 15 buah cabe rawit merah utuh
  • ½ sdt garam
  • ½ merica bubuk
  • ½ sdt kaldu bubuk
Bumbu halus :
  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir kemiri
  • 4 buah cabe merah besar
Cara Membuat Tongseng Ayam
Bumbu sederhana tongseng, untuk variasi yang lebih spesial lihat Resep Tongseng Sapi Kuah Santan.

CARA MEMBUAT TONGSENG AYAM

  1. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus dan serai, lalu tumis hingga harum. Masukkan potongan daging ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
  2. Tuangkan air, garam, merica dan kaldu bubuk serta masak hingga mendidih. Selanjutnya tuang santan, sambil diaduk-aduk masukkan juga kecap manis, cabe rawit utuh, daun bawang dan tomat.
  3. Setelah mendidih kembali dan daging empuk, masukkan kol lalu masak sebentar agar kolnya masih berasa segar. Angkat tongseng ayam serta siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Rabu, 25 Mei 2016

Cara membeli atau memilih ikan yang baik

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel lauk, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara membeli atau memilih ikan yang baik
link : Cara membeli atau memilih ikan yang baik

Baca juga


Mei 2016


Cara membeli atau memilih ikan yang baik :



- Periksalah insang ikan apakah masih berwarna merah atau tidak, ambillah ikan insangnya yang masih berwarna merah.

  • Coba cek dengan cara tekan-tekan daging ikan apakah masih dagingnya kenyal atau sudah lembek, tinggalkan ikan yang dagingnya lembek.



Cara mebersihkan ikan:

- Pertama buang seluruh insang ikan, serta jeroannya. Kecuali kalau ada telor jangan.

- Jangan lupa sisik ikan juga dibuang, sampai di atas kepala dan dekat insang, pokoknya bersihkan seluruh sisik ikan di badan ikan.

- Setelah itu cuci dengan air bersih hingga tidak keluar darahnya lagi dengan air mengalir.

- Setelah dicuci kemudian ikan  itu taburi / lumuri seluruh ikan (dalam dan luar) dengan garam dan rendam di dalam air jeruk nipis yang banyak.

- satu hal lagi, disarankan pakai lemon cui agar lebih segar kemudian diamkan sekitar 30 menit baru ikan bisa dimasak.

Silahkan mencoba, tidak pernah bau amis.

Kalau bisa dibumbu masakan ditambahkan daun jeruk purut.
Semoga Cara membeli atau memilih ikan yang baik  dan cara membersihkan ikan ini berguna.

Cara memilih beras yang baik.

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara memilih beras yang baik.
link : Cara memilih beras yang baik.

Baca juga


Mei 2016


Cara memilih beras yang baik.

1. Sebelum menjadi beras, bentuknya adalah gabah atau bulir padi yg masih
tertutup kulit sekam. Gabah yg sudah kering dimasukkan ke mesin pemecah
kulit. Pada proses ini, selain kulit sekam yg terkelupas ikut pula lapisan
kulit ari dari gabah tersebut.
Beras yg dijual di supermarket kebanyakan penampakannya sudah putih bersih,
yang justru kualitasnya sudah jelek. Karena berarti beberapa kali melewati
proses pemecahan kulit melalui mesin (PK1, 2, 3 alias pecah kulit 1, 2, 3),
artinya pula, lapisan kulit arinya sudah hilang sama sekali. Yang tertinggal
hanyalah kandungan tepung / karbohidrat.
Padahal kulit ari beras memiliki kandungan serat dan Vit.B yang tinggi,
sehingga bermanfaat untuk mencegah kolesterol dan lain lain.
Jadi bagaimana mensiasati hal ini :
- beras tumbuk, apabila tersedia, jauh lebih baik daripada beras hasil
proses mesin
- jangan mencuci beras sampai menjadi sangat bersih, karena dg demikian juga
berarti membuang sisa lapisan kulit ari yg mgkin masih menempel pada beras
- pilih beras yg masih terlihat ada sisa sisa warna kulitnya, jadi tidak
betul betul putih.
- memang beras yg masih terdapat kulit ari, akan lebih mudah berbau alias
tidak tahan lama, karena itu, masak beras seperlunya saja, jgn disimpan
terlalu lama. Contohlah orang2 desa yg baru memasak beras ketika akan mulai
makan

2. Secara umum, macam beras di Indonesia hanya ada tiga, kelas IR64. kelas
IR66 atau IR74, kelas GH. Memang di beberapa daerah ada penamaan lokal, tapi
pada dasarnya sama.
- IR 64 berasnya panjang sedikit ada lengkungan di ujungnya. Nasinya punel
dan enak. Varietas ini tidak tahan penyakit dan butuh air banyak di
persawahan, jadi hanya cocok saat musim hujan, karena itu harganya mahal
- IR 66 atau IR 74 juga panjang tapi tanpa lengkungan di ujungnya. Nasinya
kurang disukai orang Indonesia karena kurang punel alias gelontor. Jenis ini
tahan penyakit, tidak butuh air banyak, umur pendek, tapi produksinya
banyak, jadi lebih murah. Thailand banyak memproduksi varietas ini yg
diekspor ke Eropa dan Afrika. Karena itu Thailand bisa surplus.
- GH berasnya lebih pendek dan gemuk. Nasinya juga punel dan enak. Lebih
sedikit membutuhkan air, tahan penyakit jamur karena batangnya tinggi, tapi
gampang roboh akibat terpaan angin. GH ada yang beraroma dan tidak beraroma,
yg beraroma biasanya dikenal dengan Pandanwangi, Sintanur, atau beras
Cianjur. Orang Bali menyukai beras ini disamping beras ketan. Harganya jauh
lebih mahal di supermarket ketimbang jenis beras lainnya, tetapi di tingkat
petani lebih murah, karena permainan tengkulak.

Karena itu, jgn terlalu terpaku pada merek atau promosi, karena pada
dasarnya sama. Beras punel menjadi lebih mahal hanya karena di pabrik
penggilingan sudah dipisahkan antara beras yg utuh dan yg patah akibat
proses pemecahan kulit tadi, shg beras terlihat seragam dan rapi tanpa ada
pecahan pecahan kecil. Padahal ketika sudah menjadi nasi, hal itu tidak lagi
menjadi perbedaan.

Kalau mau melakukan penghematan, bisa Anda beli beras murah alias beras yg
tidak punel, kemudian dicampur sedikit dengan beras ketan, hasilnya beras
Anda akan menjadi punel, atau campur dengan beras varietas GH, maka akan
menjadi punel.

3. Sekarang orang mulai mengkonsumsi Oat Meal atau gandum karena iklan bahwa
ia dapat menurunkan kolesterol dengankandungan seratnya yg tinggi. Saya
tertawa ketika mendengan hal ini, karena masyarakat pedesaan sudah sangat
terbiasa dengan yg namanya bubur katul (tajin bu'uk kata orang madura),
yaitu produk sampingan dari penggilingan padi, yaitu hasil proses pecah
kulit kedua, alias kulit ari itu sendiri. Harganya murah, karena hanya orang
desa yg suka makan ini. Biasanya direbus kemudian ditambahkan gula merah,
menurut saya enak karena rasanya khas dan manisnya gula merah. Kalau mau
dengan susu juga enak (niru orang bule) Kandungan serat dan vitaminnya
sangat tinggi, bahkan saya dengar sudah dipatenkan.
Jadi kenapa harus makan gandum yg diimpor, sedangkan di sekitar kita hal
yang bahkan jauh lebih baik, justru melimpah tak termanfaatkan.

Alhamdudillah, saya terbiasa menyimpan gabah di rumah, baru digiling kalau
beras mau habis, itupun cukup sekali pecah kulit. Katulnya juga bisa dibawa
pulang. Juga terkadang bisa menikmati beras hasil tanam di daerah pegunungan
tadah hujan, jadi minim pupuk kimia dan pestisida. Rasanya jauh lebih enak
dibanding padi hasil pemupukan kimia dan banyak pestisida.

Semoga bermanfaat sedikit pengetahuan saya sebagai petani. Mgkin lain kali
kita bisa diskus bagaimana memilih sayuran yg baik.


Resep Puding Jagung Manis Ala malaysia

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Puding, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Puding Jagung Manis Ala malaysia
link : Resep Puding Jagung Manis Ala malaysia

Baca juga


Mei 2016


Puding Jagung Manis Ala malaysia



Bahan-bahan yang diperlukan :



- 125 gr Custard Powder

- 1,5 kaleng Jagung manis kaleng yang type cream (cream style-aku

pakai merk Delmonte )

- 1 liter Susu cair tawar

- 120 gr Gula



Cara Membuat resep ini :



1. Campur gula dan 750 cc susu, didihkan trus kecilkan api.

2. Masukkan jagung manis.

3. Sisa susu campur dengan custard powder, aduk rata trus masukkan

kedalam adonan gula-susu-jagung manis.

4. Aduk-aduk terus dengan api kecil sekali sampai campuran tersebut

mengental dan agak transparant. Matikan api.

5. Cetak dalam cetakan kecil2 atau gelas. Dinginkan.

CANH TRUNG CATRUA SOUP (VIETNAM)

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel lauk, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : CANH TRUNG CATRUA SOUP (VIETNAM)
link : CANH TRUNG CATRUA SOUP (VIETNAM)

Baca juga


Mei 2016


CANH TRUNG CATRUA SOUP
(Vietnam)
Untuk 6 porsi

Bahan :
1500 ml air
250 gr daging ayam, potong dadu 2 x 2 cm
400 gr campuran sayap dan kaki ayam, memarkan (Bahan kaldu)
2 putih telur, kocok sebentar
150 gr jagung manis pipilan
2 buah tomat, potong dadu 1 x 1 cm
5 siung bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
2 cm laos, memarkan
1 sdt gula pasir
1 ½ garam
1 sdt ketumbar, sangrai dan haluskan
1 sdm kecap ikan
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt lada halus
2 lembar daun jeruk purut
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat resep ini  :
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Tambahkan sayap dan kaki ayam, masak sampai berubah warna.
2. Tambahkan air, lada, garam, laos, daun jeruk, gula pasir, kecap
ikan dan ketumbar. Masak dalam api kecil selama 45 menit. Angkat dan
saring kaldunya.
3. Panaskan kembali kaldu ayam, tambahkan daging ayam dan masak sampai
daging lembut. Tambahkan putih telur sedikit demi sedikit sambil
diaduk. Sesaat sebelum diangkat tambahkan potongan tomat dan jagung
manis. Masak sesaat, angkat dan taburi dengan daun bawang. Hidangkan
panas.

Tumis Ampela Ati dengan Jagung Muda

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tumis, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tumis Ampela Ati dengan Jagung Muda
link : Tumis Ampela Ati dengan Jagung Muda

Baca juga


Mei 2016


Tumis Ampela Ati dengan Jagung Muda



Bahan-bahan yang diperlukan:

Ampela ati

Jagung muda, bersihkan & iris2 serong ato korek api juga bole

Cabe ijo, iris2

Cabe rawit (kalo suka), iris2

Bawang merah, iris halus

Bawang putih, iris halus

Tomat ijo, iris

Pete, iris dua

Air kaldu (sapi ato ayam, tapi jangan pake perebus ampela ati ya)

Kecap asin

Garam

Gula pasir

Merica bubuk

Minyak sayur untuk menumis.



Cara Membuat resep ini:

  1. Ampela ati dimasukin air yang sedang mendidih, diamkan kurleb 5 menit, tiriskan ati & biarkan ampelanya tetap tinggal sampe empuk. Kalo ampela udah empuk, tiriskan & buang airnya.
  2. Iris2 ampela ati sesue slera.
  3. Tumis bawang merah & bawang putih sampe wangi.
  4. Masukin ampela ati, kecap asin, cabe ijo, cabe rawit, tomat ijo, pete iris, jagung muda iris. Aduk2 sampe rata dan sayurannya layu.
  5. Tuangi air kaldu, bumbui garam, gula, merica bubuk dikit.
  6. Masak sampe semuanya matang dan kuah menyusut, taburi daun bawang iris, aduk bentar & matikan api.
    Note:
Bisa ditambah bakso, dibelah2 dulu.

Resep Perkedel Tahu Spesial

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Perkedel Tahu Spesial
link : Resep Perkedel Tahu Spesial

Baca juga


Mei 2016





Bahan-bahan yang diperlukan:

1 batang daun bawang, iris halus

1 kuning telur ayam

1 sdm bawang merah goreng, haluskan

1 sdm tepung terigu

1 sdt garam

1/2 sdt merica bubuk

100 g jagung manis, sisir halus

300 g tahu putih yang bagus kualitasnya

50 g wortel, serut halus

minyak goreng



Cara Membuat resep ini membuat:

1. Tekan-tekan tahu putih hingga seluruh airnya keluar.

2. Haluskan tahu lalu campur dengan semua Bahan-bahan yang diperlukan hingga rata.

3. Bentuk adonan menjadi bulatan pipih.

4. Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan.
5. Angkat dan tiriskan

Selasa, 24 Mei 2016

PUDING SUTRA COKLAT

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Puding, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PUDING SUTRA COKLAT
link : PUDING SUTRA COKLAT

Baca juga


Mei 2016



Bismillahirrohmanirrohim

Yang seger yang seger...teksturnya lembut dan pasti disukai anak-anak. Yuup puding sutra. Biasanya kalau lagi males bebikinan, puding lah yang jadi penyelamat karena bikinnya gampang dan pasti disukai. Seperti yang saya buat kali ini, puding sutra coklat.

Buka-buka lemari tempat "harta karun", kebetulan saya masih punya 1 kaleng susu kental manis coklat. Terpikirlah untuk bikin puding sutra coklat, ya iya laaah kalau mau bikin yang putih gak ada susu kental manis putihnya hihihi. Kebetulan juga masih ada sisa setup buah dan nata de cocco, kan bisa dibuat toppingnya. Saya cuma menambahkan sedikit pasta coklat agar tidak terlalu kuat aroma susunya. Bisa juga menambahkan coklat masak pekat cincang. Saya mah males sih, jadi coklat masak pekatnya diskip aja hihihi. Kalau pakai susu kental manis putih bisa juga lho, ntar juga ditambahkan coklat masak cincang (DCC) dan pasta coklat.







PUDING SUTRA COKLAT

Bahan :
1 bungkus (7 gr) agar-agar plain
1 kaleng susu kental manis coklat
5 kaleng air (pakai kaleng bekas SKM)
1 sdt pasta coklat

Topping :
setup buah, nata de cocco
bisa juga pakai buah kalengan

Cara Membuat :
1. Campurkan agar-agar bubuk, susu kental manis dan air.
2. Masak dengan memakai api sedang sambil diaduk, tuang pasta coklat. Masak sampai mendidih, matikan api.
3. Biarkan uap panasnya hilang dan tuang ke gelas saji, kemudian dinginkan.
4. Sajikan dingin dengan setup buah bersama kuahnya dan nata de cocco.

Eh ya sesuai namanya puding sutra ini super lembut ya, jadi makannya dengan cara disendokin. Takaran airnya kan juga lebih banyak dibanding puding biasa . Cocok banget nih untuk salah satu takjil saat Ramadhan nanti.

Selamat mencoba ya...semoga bermanfaat ^^

Senin, 23 Mei 2016

RESEP TUMIS BIHUN GORENG PUTIH WORTEL

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ANEKA MIE PASTA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP TUMIS BIHUN GORENG PUTIH WORTEL
link : RESEP TUMIS BIHUN GORENG PUTIH WORTEL

Baca juga


Mei 2016

Resep Tumis Bihun Goreng Putih Wortel
Selain bihun goreng yang spesial, resep tumis bihun putih sayur kol dan wortel berikut ini merupakan variasi sederhana dengan dilengkapi potongan bakso sapi. Sedangkan olahan cara memasak bihun spesial lainnya dapat dilihat pada Resep Bihun Goreng Pedas maupun Resep Bihun Goreng Ayam.

Bihun atau mihun biasa dimasak menjadi menu enak teman makan nasi, meskipun juga dapat berperan sebagai alternatif nasi. Menu tumis bihun wortel sangat akrab menjadi pilihan di kantin atau warung makan di sekitaran kampus saat-saat ngekos dahulu. Tak hanya itu, tumis bihun juga biasa dijadikan isian bermacam kue atau aneka gorengan.

RESEP TUMIS BIHUN

  • 1 bungkus (130 gram) bihun beras, rendam air biasa
  • 250 gram wortel, kupas dan potong-potong korek api
  • 250 gram kol dipotong-potong tipis
  • 10 buah bakso sapi dipotong-potong dadu
  • 2 batang daun bawang, iris-iris
  • 2 batang seledri, iris-iris
  • 4 butir bawang merah dihaluskan
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • sedikit minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT TUMIS BIHUN

  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang merah dan putih halus, daun bawang serta daun seledri, aduk-aduk hingga harum. Masukkan potongan kol dan bakso, aduk rata kemudian masukkan bihun.
  2. Masukkan air, garam, merica dan kaldu bubuk, lalu aduk-aduk rata dan masak hingga kering dan matang. Angkat dan tumis bihun wortel telah siap untuk disajikan.

Sabtu, 21 Mei 2016

HOMEMADE BEEF BURGER

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bread, Artikel Burger, Artikel Daging / Jerohan / Iga, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : HOMEMADE BEEF BURGER
link : HOMEMADE BEEF BURGER

Baca juga


Mei 2016



Bismillahirrohmanirrohim

Satu lagi nih kreasi dari resep sakti killer soft bread, kita bikin burger bun aja yuuk. Kebetulan saya punya stok daging giling dan begitu liat mayonaise di kulkas ....cling..cling langsung kepikiran untuk bikin beef burger. Karena saya lagi males banget cari-cari resep, jadi saya pakai aja resep yang udah "ngelontok" hahahaha, apalagi kalau bukan resep killer soft bread.

Kebayang donk jadinya nanti, burger bun yang empuuk. Dari 1 resep adonan killer soft bread, saya bagi menjadi 10 bagian dengan berat kurang lebih 45-50 gr. Saya sisakan 3 bun untuk digunakan keesokan harinya dan hasilnya tetap empuk lho. Saya simpan di wadah tertutup dan masing-masing bun saya bungkus dengan cling wrap yang dilapisi lagi dengan alumunium foil. 


 Ready to bake!! Menul-menul yaa

Resep burger bun-nya perlu ditulis lagi gak sih, secara pasti udah pada tau deh ya resep killer soft bread ini. Tapi baiklaah saya tulis aja deh, daripada bingung mau nulis apaan hahaha.

BURGER BUN

Bahan :
260 gr tepung terigu protein tinggi 
30 gr gula pasir
3 gr ragi instan
1 butir telur ditambahkan susu cair hingga berat total 160-180 gr (saya 170 gr)
30 gr butter / margarin
sejumput garam
wijen untuk taburan

Olesan :
1 butir telur
3 sdm susu cair

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk hingga rata.
2. Masukkan campuran telur dan susu ke dalam campuran terigu, uleni hingga kalis.
3. Masukkan butter dan garam, uleni kembali hingga kalis dan elastis.
4. Bagi adonan menjadi 10 bagian dan diamkan 10 menit.
5. Bulatkan adonan kemudian tata di loyang yang sudah dioles tipis margarin. Diamkan hingga mengembang 2x lipat.
5. Oles dengan bahan olesan, taburi wijen dan panggang dengan suhu 180'C selama kurang lebih 20 menit.

6. Keluarkan dari oven, panas-panas olesi permukaannya dengan butter.




BEEF PATTY BURGER

Bahan :
350 gr daging giling
1 butir bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
50 gr bread crumbs (tepung panir), saya pakai yang warna putih
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt gula pasir

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata.
2. Test rasa dengan cara memanggang sedikit adonan. Apabila sudah pas bagi adonan dan bentuk bulat pipih.
3. Panggang dengan pan / wajan anti lengket hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Untuk pelengkapnya bisa disesuaikan dengan selera ya. Kali ini saya memakai selada, keju slice, irisan tomat dan timun, saus tomat / saus sambal serta mayonaise. Setelah dibelah, saya oles burger bun dengan mayonaise dan saus sambal baru deh disusun-susun pelengkapnya, dan bisa diberi mayonaise atau saus sambal lagi sesuai selera.




Katanya nih....burgernya gak kalah donk dengan burger waralaba terkenal itu. Alhamdulillah...keluarga saya memang selalu bisa menyenangkan hati saya hehehe. Tapi memang beneran enak kok, ayo cobain bikin burger sendiri. Lebih enak dan higienis serta kita lebih puas menikmatinya.

Happy Baking....semoga bermanfaat ya

Jumat, 20 Mei 2016

Resep Ceker Setan Super Pedasss Dilengkapi Cara Membuatnya

Mei 2016 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mei 2016, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, Artikel Lauk Pauk, Artikel Masakan Nusantara, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Ceker Setan Super Pedasss Dilengkapi Cara Membuatnya
link : Resep Ceker Setan Super Pedasss Dilengkapi Cara Membuatnya

Baca juga


Mei 2016

Gambar, Resep Cara Bikin Ceker Setan Pedas
Resep Ceker Setan Pedas
Resep Cara Bikin Ceker Setan Pedasss

Bagi bunda yang gemar makanan makanan serba pedas, pasti sudah nggak asing lagi dengan salah satu menu seperti ini kan yaa... Resep Kombinasi yang diracik sederhana dari bahan-bahan seperti cabe keriting merah dengan cabe rawit merah, begitu memberikan rasa kuah kental bumbu pedas yang mampu menggoyangkan lidah.

Selain itu, dapat juga memakai cabe kering atau jenis cabe lainnya untuk sensasi rasa pedasnya yang lebih super pedassss.  Cobain langsung yuk resep Ceker Setan yang Super Pedas..!!

Bahan:

  • 1 kg ceker ayam segar
  • 3 sendok teh garam
  • 2 batang serai, dimemarkan
  • 4 cm jahe, dimemarkan
  • 2 lembar daun pandan wangi
  • 4 lembar daun jeruk purut segar
  • 1 buah jeruk nipis, peras airnya
  • 400 ml air bersih

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 6 cabe rawit
  • 1 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Pertama lumuri ceker ayam dengan garam dan diamkan selama 25 menit,  kemudian Goreng 1/2 matang, angkat lalu tiriskan.
  2. Masukkan bumbu halus, aduk sebentar dan masukan juga serai, daun  pandan, daun jeruk dan jahe hingga bumbu matang.
  3. Masukkan ceker ayam kedalam bumbu dan aduk rata.
  4. Tambahkan air dan kecilkan apinya kemudian Tutuplah wajan rapat-rapat.
  5. Masaklah hingga matang sambil sekali-kali diaduk, lalu angkat.
  6. Terakhir beri perasan air jeruk nipis dan aduk-aduk rata, masakan siap untuk disajikan 


Gimana dengan resep dan cara masak ceker setan pedas diatas? mudah banget atau sulit? Pasti kalo cuma baca resep doang kelihatan ribet, tapi kalo udah praktek langsung gampang banget kok bikinya... Happy Cooking bunda.. Yummi.!!

Tentang Kami