Resep Kastangel renyah tanpa Telor

GDemen sama yang namanya kue kastengel super renyah dan garing bunda? Biar hasilnya garing dan renyah, coba deh bikin kue kastengel tanpa telur . Selain hasilnya bikin puas, hemat isi dompet lagiii... :D

Resep Kacang Mete Gurih dan Renyah

Kacang Mete, dengan segudang cita rasa istimewa dan lezat ini memang selalu jadi idola keluarga untuk sajian cemilan wajib saat lebaran. Nah, edisi Ramadhan penuh berkah di tahun ini saya akan mencoba menghadirkan satu resep rahasia yang pas untuk mengolah kacang mete agar jadi lebih gurih, lezat, dan renyah empuk.

Resep Udang Mentega Pedas maknyuss

Selain diolah menjadi menu masakan Udang Saus Tiram Pedas, udang juga bisa diolah menjadi beraneka menu olahan lain yang lebih lezat lhoo. Sebenarnya sih ada banyak cara untuk mengolahnya. Salah satu pilihan yang mbakmin rekomendasikan adalah mengolahnya menjadi udang mentega pedas. Seperti berikut ini nih resepnya. Kulinerku-id

Cara Membuat Es Serut Yummy

Minuman yang satu ini rasanya tidak diragukan lagi,selain enak cara membuatnya sangatlah mudah. bagi anda yang ingin mencicipi es serut anda bisa mencobanya dirumah. Berikut ini Resep Es Serut dicatat ya biar tidak lupa.

Resep Sarang Lebah

Sarang lebah adalah kue yang sangat diminati oleh anak-anak, disamping bentuknya yang menarik, rasanya juga maknyuss, yuk kita simak cara membuatnya

My Alexa

Senin, 30 Desember 2013

IKAN KAKAP MERAH

2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : IKAN KAKAP MERAH
link : IKAN KAKAP MERAH

Baca juga


2013



IKAN KAKAP MERAH adalah merupakan ikan yang paling digemari oleh kalangan menengah atas,tapi itu dulu …..sekarang semua kalangan sudah bisa menikmati sensai rasa dari ikan yang satu ini,karena sudah banyak yang membudiyakannya,sehingga persedianya sangat melimpah ruah,dengan harga yang relatif terjangkau,yaitu sekitar Rp 48,000;/kg ( di
daerah saya ) anda sudah bisa menikmati ikan penghuni terumbu karang ini.


Kakap Merah ( Red Snapper ) konon katanya awalnya ditemukan di Teluk Meksiko dan pesisir Atlantik Amerika Serikat,orang Spanyol menyebut ikan ini adalah Huachinango Pargo,ikan kakap merah ini pada umumnya hidup di kedalaman  10 hingga 60 m diantara terumbu karang dan terdapat hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Kakap merah mengandung Protein sekitar 33% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250 gr /porsi kakap merah mengandung 17,4 mg Protein. Protein diperlukan untuk produksi energi, hormon, enzim, jaringan dan antibodi. kakap merah mengandung protein lengkap, yang berarti semua asam amino esensial yang ada dalam makanan,kakap merah menyediakan hampir seluruh nilai kebutuhan vitamin D harian yang direkomendasikan. 250 gr /porsi ikan ini mengandung 347 IU vitamin D. vitamin D penting utk metabolisme kalsium, yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Kakap Merah bisa diolah dengan banyak cara,bisa dibuat sop,dibakar,digulai,dan masih banyak cara lain sesuai dengan keinginan para penikmatnya,namun biasanya olahan kakap merah ini disesuaikan dengan acara yang akan dilangsungakan pada saat itu,seperti:digulai untuk acara yang resmi,sedangkan untuk acara ulang tahun biasanya dibuat sop,dan kalau acaranya untuk camping dan acara malam tahun baru  biasanya dibakar.hehehe ( itu hanya lelucon saja hahaha,,)

Lelucon tapi terkadang ada benenya jugakan hehe coba saja kalau acara tahun baruan pasti banyak yang membuat ikan bakar ,walau banyak juga yang hanya bakar jagung dan ayam hehe…ngomong-ngomong untuk anda yang ingin membuat gulai ikan kakap merah bisa dilihat di postingan saya sebelumnya yaitu Gulai Ikan Patin,bumbu dan caranya sama,cuma tinggal mengganti ikanya saja,
Untuk anda yang akan merayakan tahun baru 2014 lebih seru kalau sambil membuat Ikan bakar Kakap Merah ,yang dirumah atau yang merayakan diluar rumah ( dikebun tetangga ) resepnya silahkan dibaca dibawah ini,siapa tahu berguna untuk yang punya rencana membuat ikan bakar ,caranya sederhana dan mudah lagi…………………..

Bahanya:



  •  1 ekor Ikan Kakap Merah uk 500 gr ( boleh diganti dengan ikan lain )
  • 100 gr Bawang merah
  • 50 gr Bawang putih
  • 10 gr Ketumbar
  • 2 ruas Kunyit
  • 350 gr Kecap manis


Caranya: 

Bersihkan Ikan Kakap Merah kemudian belah menjadi duabagian yang tidak putus,lalu lumuri dengan air jeruk mipis,garam,dan merica,biarkan sampai bumbu meresap,

Haluskan bawang merah,bawang putih,ketumbar,dan kunyit,kemudian campurkan dengan kecap manis aduk rata,nyalakan areng yang sudah disiapkan diatas bakaran,arang untuk membakar ikan saya sarankan menggunakan arang batok kelapa,selain mempengaruhi aroma dan rasa,areng batok tidak banyak mengeluarkan abu yang bisa mengotori ikan itu sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Olesi ikan Kakap dengan bumbu yang sudah jadi,menggunakan koas khusus,( koas cat juga boleh tapi harus yang masih baru ) kemudian bakar,bulak balik sambil terus dipolesi bumbu tadi,bakar terus sampai matang,( jangan hangus yah hehe ).

Setelah matang kemudian poles dengan mentega,gunanya selain menambah gurih polesan mentega akan mempercantik tampilan ikan bakarnya, (coba dech anda perhatikan kalau beli ikan bakar di restoran pasti tampilanya selalu cantik,)itulah rahasiahnya bro......hehe ( jadi buka rahasiah dech )

Sekarang ikan bakarnya sudah jadi,untuk pelengkapnya terserah anda saja,lalapan,sambal terasi,atau sambal kecap,monggo anda sendiri yang menetukan,dan ingat hati-hati jangan makan durinya berbahaya bro hehehe,,,

Demikian semoga ada manfaatnya untuk sobat blogger semuanya,taklupa saya mengucapkan HAPPY NEW YEAR 2014,semoga tahun 2014 ini lebih baik dari tahun sebelumnya ,amiin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Terimakaish
Dede Thea

Kamis, 26 Desember 2013

PARE / PARIA DAN KHASIATNYA

2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PARE / PARIA DAN KHASIATNYA
link : PARE / PARIA DAN KHASIATNYA

Baca juga


2013



Tadi pagi ketika ada seorang supplier sayuran membawa buah / sayur PARE ( Paria ) yang dipesan oleh salahsatu chef untuk pelengkap menu Siomay Bandung,saya jadi teringat akan tanah kelahiran sendiri,dulu selagi Ibu saya masih ada ( sekarang sudah Almarhumah ) dengan  tanganya yang sangat terampil mampu menyulap tanah kosong di belakang rumah menjadi subuah taman yang hijau dan
indah,malah ada yang bilang bahwa kebun tersebut adalah “APOTIK HIDUP”bisa jadi begitu karena berbagai macam tanaman obat ada disana.

Diantara tanaman-tanaman tersebut ada salahsatu buah/sayuran yang paling saya benci yaitu PARE ( PARIA ) selain bentuknya yang agak  aneh,rasanya yang amat pahit,mengalahkan pahitnya Sambiloto (Andrographis paniculata ),sampai muntah saya dibuatnya,heemmhh.....Tapi itu semua kejadianya dulu ( dulu banget ) saya masih sekolah SMP.

Sekarang yang namanya buah PARE ( PARIA ) menjadi salahsatu sayuran yang sangat saya sukai,karena selain rasanya yang khas khasiatnyapun sangat banyak sekali bahkan bisa mengobati berbagai macam penyakit,seperti : Diabetes,Batuk,Menurunkan panas,Membasmi cacing keremi,Bisul,bahkan bisa mencegah penuaan dini.

Pare / Paria ( Momordica charantia ) adalah salah satu sayuran yang tumbuh merambat dan sulurnya berbentuk sepiral,daunya berbentukmenyerupai jari tangan dan berbunga kuning,batangnya berbulu agak kasar serta bintik-bintik,tanaman ini sangat cocok di tanam di daerah panas seperti di Asia,Afrika Timur,Amerika Selatan bahkan di Kepulauan Karibia.

Jenis-jenis Pare yang sangat dikenal oleh masyarakat kita diantaranya adalah:Pare kodok,bentuknya lojong agak bulat pendek,warna kulitnya hijau gelap,rasanya sangat pahit,ada lagi Pare Gajih bentuknya bulat panjang warnanya hijau muda rasanya tidak terlalu pahit,adalagi Pare hutan ,bentuknya bulat kecil memanjang ,rasanya sangat pahit.

Dibalik rasanya yang pahit,ternya yang namanya pare menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia,kandungan yang tersimpan didalamnya seperti:Albiminoid, karbohidrat dan zat warna. Daunnya mengandung zat pahit, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang terkandung dalam, berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit. Yaitu menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan ultra violet. Ini berarti pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah. Sementara akarnya mengandung asam momordial dan asam aleonolat. sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.

Untuk anda khususnya orang Jawa Barat mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya PARE/PARIA,contohnya kalau di Bandung buah ini dijadikan bahan campuran untuk Siomay,ada juga yang dimasak tumis dengan ikan asin,( oseng-oseng ) bahkan ada juga yang hanya direbus lalu dijadikan lalapan.( coel sambel )

Dibawah ini saya akan berbagi resep sederhana ( sangat sederhana ) untuk membuat olahan PARE/PARIA yaitu “Tumis Pare Ikan Asin” caranya sangat mudah sekali ,silahkan di copas kemudian dipraktekan di rumah masing-masing hehehe,,,,

Bahanya:


  • 1 buah Pare ukuran sedang, ( potong dan buang bijinya )
  • 100 gr Ikan asin ( potong kecil-kecil )
  • 50 gr Bawang merah ( iris tipis )
  • 25 gr Bawang putih  ( iris tipis-tipis )
  • 1 buah tomat merah ( iris kecil sperti dadu )
  • 1 sdm Mentega ( untuk menumis )
  • Garam,gula pasir,dan penyedap rasa ( secukupnya )

Caranya :

Panaskan 1 ltr air bubuhi garam,setelah mendidih masukan PARE yang sudah dibersihkan dari bijinya tadi,setengah matang kemudian angkat.gunanya untuk mengurangi rasa pahit yang terkandung didalamnya,kemudian potong kecil-kecil atau sesuai selera anda masing-masing.

Panaskan mentega kemudian tumis bumbu diatas tadi sampai harum,tambahkan sedikit air,masukan ,garam gula dan penyedap rasa,kemudian masukan PARE/PARIA aduk-aduk,setelah semua dirasa cukup dan yang terahir masukan ikan asin yang sudah digoreng tadi aduk lagi,kemudian angkat,lalu sajikan dipiring saji yang sebelumnya sudah anda siapkan.

Dan sekarang jadilah yang namanya “ Tumis Pare Ikan Asin “ rasa pahitnya akan hilang karena akan dinetralisir oleh buah tomat merah tadi,demikian semoga bermanfaat untuk anda semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf dimana sya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Terimakasih
Dede Thea

Jumat, 20 Desember 2013

TERONG / TERUNG UNGU

2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TERONG / TERUNG UNGU
link : TERONG / TERUNG UNGU

Baca juga


2013



TERUNG/TERONG UNGU.Siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya terong,saya yakin pemirsa sumua sudah tahu kan,kalaupun ada yang belum tahu,mungkin itu hanya sebahagian kecil saja,dan siapa tahu tulisan sederhana ini bisa menjadi sebuah jembatan kecil untuk bisa lebih mengenal tentang buah / sayuran yang satu ini.


Terung/Terong (solanum melongena) termasuk famili Solanaceae dan merupakan tanaman tahunan berbentuk perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai 60 – 90

cm,daun tanaman ini lebar dan bentuknya hampir menyerupai daun telinga. Sedangkan bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga sempurna, biasanya terpisah dari daun dan batang yang terbentuk dalam tandan bunga, untuk akarnya berbentuk akar tunggang dengan akar samping yang dangkal.

Jenis terong/terung yang dikenal di masyarakat kita sangat banyak jenisnya seperti: terung koprek [ bulat memanjang dengan ujungnya tumpul, warnanya ungu atau hijau keputihan], terung craigi [ bulat memanjang ujungnya runcing, warnanya ungu] , terung bogor atau terung kelapa [ bulat besar, warnanya putih atau hijau keputihan ], dan terung gelatik atau terung lalap [ seperti terung bogor tapi ukuranya lebih kecil, warnanya ungu atau putih keunguan ].
Apa saja sih kandungan yang ada didalam terong ini,dan apa saja sih manfaat yang bisa diambil  dari yang namanya terong ini.Para ahli penelitian menyebutkan bahwa ; Di dalam Terung terdapat kandungan kalsium, vitamin A, vitamin C, kalium, natrium, asam klorogenat, dan tripsin. 

Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Terung memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol; mengobati gusi bengkak, peradangan pada mulut, demam, wasir, borok pada hidung, dan retak tulang; melancarkan air seni; sebagai antikanker, antimikroba, dan antivirus; sebagai alat kontrasepsi; serta meningkatkan libido.

Malah menurut para ahli lainya terong juga bermanfaat untuk menyembuhka berbagai macam penyakit lainya seperti;Mengatasi Hipertensi,Mengatasi hepatitis,Mencegah dan mengobati kanker,Melancarkan peredaran darah,mengatasi radang usus,menurunkan kadar lemak dalam darah,mengatasi penyakit bronchitis,mengatasi penebalan didnding pembuluh darah,mengatasi diabetes,dan masih banyak lagi  yang lainya.

Banyak cara untuk mengkonsumsi buah /sayur yang satu ini,bisa dengan cara di sayur ( lodeh ) di bakar,atau digoreng  ( balado ),bahkan ada juga yang dimakan mentah ( lalapan ) namun biasanya yang dijadikan sebagai lalapan terong jenis bulat kecil berwarna kehijauan,karena terong tersebut dagingnya empuk dan renyah,rasanya cenderung manis.

Untuk anda yang masih bingung untuk mengolah terong ungu,takperlu kuatir ,karena saya akan membimbing anda untuk belajar membuat olahan sederhana yang berbahan dasar terong ungu ini,ok langsung saja anda catat,atau copas tulisan dibawah ini.

BAHAN:



  • 2 Buah terong ungu
  • 100 gr Cabai merah besar
  • 50 gr Bawang merah
  • 30 gr Bawang putih
  • 20 gr Lengkoas
  • 10 gr Kemiri
  • 10 lmbr Daun jeruk purut ( dicincang halus )
  • 2 btg Serai/ sereh
  • 4 lmbr Daun salam
  • Garam,gula pasir,penyedap rasa ( secukupnya )


CARANYA:

Cuci terong hingga bersih,kemudian belah menjadi dua bagian yang sama,atau belah sesuai keinginan anda sendiri,kemudian goreng sampai layu / matang,lalu angkat dan tiriskan.Selanjutnya haluskan ( jangan terlalu halus ) cabai merah,bawang merah,bawang putih ,kemiri dan laos,caranya bolek di blender atau di uleg ,terserah anda yang akan mengerjakanya kekekek...............

Panaskan sedikit minyak goreng,kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi,jangan lupa masukan juga serai / sereh dan daun salam,kecilkan apinya,masak terus sambil diaduk agar tidak hangus bagian bawahnya,tambahkan garam,gula pasir dan penyedap rasa ( jika suka ) ,jika semua dirasa sudah cukup masukan daun jeruk purut yang sudah dicincang tadi,lalu matikan apinya.

Susun terong yang sudah digoreng tadi pada piring saji yang sudah anda siapkan sebelumnya,lalu lumuri dengan bumbu tadi sampai merata,dan sekarang jadilah sudah yang namanya “TERONG BALADO” ATAU “BALADO TERONG” terserah sebutan yang pantasn untuk olahan yang stau ini ( menurut anda sendiri ).

Demikian sekilas tentang buah / sayuran Terong ungu,lebih dan kurangnya saya mohon maaf,dimana saya hanya manusia biasa yang takluput dari kesalahan,mohon maaf juga bila ada kata ataupun bahasa yang kuran tepat dalam tulisan ini.

Terimakasih
Dede Thea

 

Senin, 16 Desember 2013

GULAI IKAN PATIN

2013 - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 2013, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GULAI IKAN PATIN
link : GULAI IKAN PATIN

Baca juga


2013



GULAI IKAN PATIN.Menu yang satu ini menjadi salahsatu menu sasaran utama untuk para pengunjung  acara” Kuliner Nusantara “yang di selenggarakan ( sepanjang bulan Desember 2013 ) oleh salahsatu lembaga Concervation terbesar di Asia  yaitu: Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan.mungkin karena rasanya yang gurih lembut di lidah dan harga yang sangat terjangkau,itu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat makanan yang satu ini.


Sebelum dilanjutkan terlebih dahulu saya ingin sampaikan bahwa yang namanya ikan Patin ini adalah sejenis ikan yang berkunis ( serius lho ) hehehe, (siluriformes) dan termasuk dalam genus Pangasius, family Pangasiidae. Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi seperti patin siam (P. Hypophthalmus syn. P. sutchi atau biasa disebut jambal siam). Ikan patin terkenal akan kandungan vitaminnya yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. 

Seperti halnya ikan lain ,ikan yang satu ini juga mempunyai kandungan gizi sang sangat tinggi diantaranya yaitu: mengandung asam lemak esensial DHA dan EPA, omega 3, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, yodium, selenium, seng, serta flour. 
Sumber protein yang terkandung dalam ikan patin adalah sekitar 23-28 persen. Kandungan lemak dalam ikan patin lebih rendah dibanding dengan ikan lainnya, sehingga baik untuk kesehatan.

Konon menurut para ahli yang pernah saya baca dalam bukunya menyebutkan bahwa ikan patin tersebut selain memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, ikan patin juga memiliki khasiat untuk mencegah penyakit Kardiovaskular ( sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel ) , karena mengandung lemak tak jenuh sebesar 50%, selain itu lemak tak jenuh dalam ikan patin berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jahat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Dengan mengkonsumsi ikan patin juga sangat bagus untuk anda yang sedang menjalani program diet, karena rendahnya kadar kolesterol sehingga dapat mengurangi asupan kolesterol harian anda jadi bagi anda yang sedang diet tidak perlu takut ataupun kuatir untuk memilih menu ikan patin ini dalam daftar menu harian ada.

Demikian sekilas info tentang ikan patin ini, siapa tahu ada guna dan manfaatnya untuk sobat sabit blogger dan pemirsa semua,ok kita lanjutkan saja ke poko bahasan yaitu cara membuat gulai ikan patin,nahhhhhh buat yang ingin mencoba langsung saja contek resepnya di bawah ini okay.......................

Bahanya :


  • 1 kg Ikan Patin yang masih segar ( saya pakai ukuran yang 1 kg isi 3 ekor )
  • 2 btr Kelapa parut ( untuk santan jadikan 1 liter )
Bumbu yang dihaluskan
  
100 gr Bawang Merah

  • 100 gr Cabai merah besar
  • 50 gr Bawang Putih
  • 15 gr Ketumbar
  • 5 gr Jinten
  • 10 gr Biji pala
  • 75 gr Kunyit
 Bumbu pelengkap lainya:
  

  • 5 biji Kapolaga
  • 10 lmbr Daun jeruk
  • 1 ruas Lengkoas ( di keprek )
  • 5 btg Serai atau sereh ( dimemarkan )
  • Garam gula penyedap rasa ( sesuaikan dengan selera anda )
 Caranya :

Bersihkan ikan patin dari kotoran dalamnya hingga benar-benar bersih,kemudian tiriskan,lumuri ( marinade ) dengan garam dan sedikit merica,lalu simpan agar garamnya meresap.kemudian goreng dalam minyak panas sampai matang berkulit,gunanya supaya nanti tidak hancur ketika dimasak bersama bumbu lainya.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum,jangan lupa masukan juga bumbu pelengkapnya,aduk terus agar matangnya merata dan tidak hangus,kemudian masukan santan sambil terus diaduk agar supaya santenya tidak pecah,tambahkan garam,gula pasir dan penyedap rasa sesuai selera anda.

Setelah semuanya ( kuah ) dirasa cukup kemudian masukan ikan pating yang sudah digoreng tadi,kecikan apinya,masak terus sampai kuahnya agak surut ( jangan sampai kering lho ) hehe,,lalu angkat dan hidangkan,nahhhhhhh mudahkan brow.....dan sekarang jadilah yang namanya Gulai Ikan Patin,,selamat mencoba...............

Terimakasih
Dede Thea


 

Tentang Kami