Halaman

My Alexa

Senin, 30 Desember 2013

IKAN KAKAP MERAH

IKAN KAKAP MERAH - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul IKAN KAKAP MERAH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : IKAN KAKAP MERAH
link : IKAN KAKAP MERAH

Baca juga


IKAN KAKAP MERAH



IKAN KAKAP MERAH adalah merupakan ikan yang paling digemari oleh kalangan menengah atas,tapi itu dulu …..sekarang semua kalangan sudah bisa menikmati sensai rasa dari ikan yang satu ini,karena sudah banyak yang membudiyakannya,sehingga persedianya sangat melimpah ruah,dengan harga yang relatif terjangkau,yaitu sekitar Rp 48,000;/kg ( di
daerah saya ) anda sudah bisa menikmati ikan penghuni terumbu karang ini.


Kakap Merah ( Red Snapper ) konon katanya awalnya ditemukan di Teluk Meksiko dan pesisir Atlantik Amerika Serikat,orang Spanyol menyebut ikan ini adalah Huachinango Pargo,ikan kakap merah ini pada umumnya hidup di kedalaman  10 hingga 60 m diantara terumbu karang dan terdapat hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Kakap merah mengandung Protein sekitar 33% dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan. 250 gr /porsi kakap merah mengandung 17,4 mg Protein. Protein diperlukan untuk produksi energi, hormon, enzim, jaringan dan antibodi. kakap merah mengandung protein lengkap, yang berarti semua asam amino esensial yang ada dalam makanan,kakap merah menyediakan hampir seluruh nilai kebutuhan vitamin D harian yang direkomendasikan. 250 gr /porsi ikan ini mengandung 347 IU vitamin D. vitamin D penting utk metabolisme kalsium, yang membantu menjaga kesehatan tulang.

Kakap Merah bisa diolah dengan banyak cara,bisa dibuat sop,dibakar,digulai,dan masih banyak cara lain sesuai dengan keinginan para penikmatnya,namun biasanya olahan kakap merah ini disesuaikan dengan acara yang akan dilangsungakan pada saat itu,seperti:digulai untuk acara yang resmi,sedangkan untuk acara ulang tahun biasanya dibuat sop,dan kalau acaranya untuk camping dan acara malam tahun baru  biasanya dibakar.hehehe ( itu hanya lelucon saja hahaha,,)

Lelucon tapi terkadang ada benenya jugakan hehe coba saja kalau acara tahun baruan pasti banyak yang membuat ikan bakar ,walau banyak juga yang hanya bakar jagung dan ayam hehe…ngomong-ngomong untuk anda yang ingin membuat gulai ikan kakap merah bisa dilihat di postingan saya sebelumnya yaitu Gulai Ikan Patin,bumbu dan caranya sama,cuma tinggal mengganti ikanya saja,
Untuk anda yang akan merayakan tahun baru 2014 lebih seru kalau sambil membuat Ikan bakar Kakap Merah ,yang dirumah atau yang merayakan diluar rumah ( dikebun tetangga ) resepnya silahkan dibaca dibawah ini,siapa tahu berguna untuk yang punya rencana membuat ikan bakar ,caranya sederhana dan mudah lagi…………………..

Bahanya:



  •  1 ekor Ikan Kakap Merah uk 500 gr ( boleh diganti dengan ikan lain )
  • 100 gr Bawang merah
  • 50 gr Bawang putih
  • 10 gr Ketumbar
  • 2 ruas Kunyit
  • 350 gr Kecap manis


Caranya: 

Bersihkan Ikan Kakap Merah kemudian belah menjadi duabagian yang tidak putus,lalu lumuri dengan air jeruk mipis,garam,dan merica,biarkan sampai bumbu meresap,

Haluskan bawang merah,bawang putih,ketumbar,dan kunyit,kemudian campurkan dengan kecap manis aduk rata,nyalakan areng yang sudah disiapkan diatas bakaran,arang untuk membakar ikan saya sarankan menggunakan arang batok kelapa,selain mempengaruhi aroma dan rasa,areng batok tidak banyak mengeluarkan abu yang bisa mengotori ikan itu sendiri dan lingkungan sekitarnya.

Olesi ikan Kakap dengan bumbu yang sudah jadi,menggunakan koas khusus,( koas cat juga boleh tapi harus yang masih baru ) kemudian bakar,bulak balik sambil terus dipolesi bumbu tadi,bakar terus sampai matang,( jangan hangus yah hehe ).

Setelah matang kemudian poles dengan mentega,gunanya selain menambah gurih polesan mentega akan mempercantik tampilan ikan bakarnya, (coba dech anda perhatikan kalau beli ikan bakar di restoran pasti tampilanya selalu cantik,)itulah rahasiahnya bro......hehe ( jadi buka rahasiah dech )

Sekarang ikan bakarnya sudah jadi,untuk pelengkapnya terserah anda saja,lalapan,sambal terasi,atau sambal kecap,monggo anda sendiri yang menetukan,dan ingat hati-hati jangan makan durinya berbahaya bro hehehe,,,

Demikian semoga ada manfaatnya untuk sobat blogger semuanya,taklupa saya mengucapkan HAPPY NEW YEAR 2014,semoga tahun 2014 ini lebih baik dari tahun sebelumnya ,amiin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Terimakaish
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami