Halaman

My Alexa

Jumat, 20 Desember 2013

TERONG / TERUNG UNGU

TERONG / TERUNG UNGU - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TERONG / TERUNG UNGU, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TERONG / TERUNG UNGU
link : TERONG / TERUNG UNGU

Baca juga


TERONG / TERUNG UNGU



TERUNG/TERONG UNGU.Siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya terong,saya yakin pemirsa sumua sudah tahu kan,kalaupun ada yang belum tahu,mungkin itu hanya sebahagian kecil saja,dan siapa tahu tulisan sederhana ini bisa menjadi sebuah jembatan kecil untuk bisa lebih mengenal tentang buah / sayuran yang satu ini.


Terung/Terong (solanum melongena) termasuk famili Solanaceae dan merupakan tanaman tahunan berbentuk perdu yang dapat tumbuh hingga mencapai 60 – 90

cm,daun tanaman ini lebar dan bentuknya hampir menyerupai daun telinga. Sedangkan bunganya berwarna ungu dan merupakan bunga sempurna, biasanya terpisah dari daun dan batang yang terbentuk dalam tandan bunga, untuk akarnya berbentuk akar tunggang dengan akar samping yang dangkal.

Jenis terong/terung yang dikenal di masyarakat kita sangat banyak jenisnya seperti: terung koprek [ bulat memanjang dengan ujungnya tumpul, warnanya ungu atau hijau keputihan], terung craigi [ bulat memanjang ujungnya runcing, warnanya ungu] , terung bogor atau terung kelapa [ bulat besar, warnanya putih atau hijau keputihan ], dan terung gelatik atau terung lalap [ seperti terung bogor tapi ukuranya lebih kecil, warnanya ungu atau putih keunguan ].
Apa saja sih kandungan yang ada didalam terong ini,dan apa saja sih manfaat yang bisa diambil  dari yang namanya terong ini.Para ahli penelitian menyebutkan bahwa ; Di dalam Terung terdapat kandungan kalsium, vitamin A, vitamin C, kalium, natrium, asam klorogenat, dan tripsin. 

Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Terung memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol; mengobati gusi bengkak, peradangan pada mulut, demam, wasir, borok pada hidung, dan retak tulang; melancarkan air seni; sebagai antikanker, antimikroba, dan antivirus; sebagai alat kontrasepsi; serta meningkatkan libido.

Malah menurut para ahli lainya terong juga bermanfaat untuk menyembuhka berbagai macam penyakit lainya seperti;Mengatasi Hipertensi,Mengatasi hepatitis,Mencegah dan mengobati kanker,Melancarkan peredaran darah,mengatasi radang usus,menurunkan kadar lemak dalam darah,mengatasi penyakit bronchitis,mengatasi penebalan didnding pembuluh darah,mengatasi diabetes,dan masih banyak lagi  yang lainya.

Banyak cara untuk mengkonsumsi buah /sayur yang satu ini,bisa dengan cara di sayur ( lodeh ) di bakar,atau digoreng  ( balado ),bahkan ada juga yang dimakan mentah ( lalapan ) namun biasanya yang dijadikan sebagai lalapan terong jenis bulat kecil berwarna kehijauan,karena terong tersebut dagingnya empuk dan renyah,rasanya cenderung manis.

Untuk anda yang masih bingung untuk mengolah terong ungu,takperlu kuatir ,karena saya akan membimbing anda untuk belajar membuat olahan sederhana yang berbahan dasar terong ungu ini,ok langsung saja anda catat,atau copas tulisan dibawah ini.

BAHAN:



  • 2 Buah terong ungu
  • 100 gr Cabai merah besar
  • 50 gr Bawang merah
  • 30 gr Bawang putih
  • 20 gr Lengkoas
  • 10 gr Kemiri
  • 10 lmbr Daun jeruk purut ( dicincang halus )
  • 2 btg Serai/ sereh
  • 4 lmbr Daun salam
  • Garam,gula pasir,penyedap rasa ( secukupnya )


CARANYA:

Cuci terong hingga bersih,kemudian belah menjadi dua bagian yang sama,atau belah sesuai keinginan anda sendiri,kemudian goreng sampai layu / matang,lalu angkat dan tiriskan.Selanjutnya haluskan ( jangan terlalu halus ) cabai merah,bawang merah,bawang putih ,kemiri dan laos,caranya bolek di blender atau di uleg ,terserah anda yang akan mengerjakanya kekekek...............

Panaskan sedikit minyak goreng,kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi,jangan lupa masukan juga serai / sereh dan daun salam,kecilkan apinya,masak terus sambil diaduk agar tidak hangus bagian bawahnya,tambahkan garam,gula pasir dan penyedap rasa ( jika suka ) ,jika semua dirasa sudah cukup masukan daun jeruk purut yang sudah dicincang tadi,lalu matikan apinya.

Susun terong yang sudah digoreng tadi pada piring saji yang sudah anda siapkan sebelumnya,lalu lumuri dengan bumbu tadi sampai merata,dan sekarang jadilah sudah yang namanya “TERONG BALADO” ATAU “BALADO TERONG” terserah sebutan yang pantasn untuk olahan yang stau ini ( menurut anda sendiri ).

Demikian sekilas tentang buah / sayuran Terong ungu,lebih dan kurangnya saya mohon maaf,dimana saya hanya manusia biasa yang takluput dari kesalahan,mohon maaf juga bila ada kata ataupun bahasa yang kuran tepat dalam tulisan ini.

Terimakasih
Dede Thea

 

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami