Halaman

My Alexa

Kamis, 04 April 2013

GURAMI SAOS TELOR ASIN

GURAMI SAOS TELOR ASIN - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul GURAMI SAOS TELOR ASIN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GURAMI SAOS TELOR ASIN
link : GURAMI SAOS TELOR ASIN

Baca juga


GURAMI SAOS TELOR ASIN

Penghuni air tawar yang punya julukan “Osporonemus Gouramy “ ini adalah penyedia protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan manusia,sehingga bukan rahasiah lagi bagi para ahli kuliner terhadap ikan yang satu ini,dagingnya yang sangat tebal dan gurih ini menjadi salah satu menu yang paling banyak dicari oleh para penikmatnya.harga bukan masalah bagi mereka sipenyuka berat penghuni kolam air tawar ini.

Kandungan gizi ikan air tawar cukup tinggi dan hampir sama dengan ikan air laut, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. tingginya kandungan protein dan vitamin membuat ikan yang mudah dibudi dayakan ini sangat membantu pertumbuhan anak-anak balita

Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna. mengingat besarnya peranan gizi bagi kesehatan, ikan merupakan pilihan tepat untuk diet di masa yang akan datang.

Ikan gurami sangat dikenal sebagai olahan istimewa baik di Restoran ataupun di rumah,dulu ikan yang satu ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang menegah ke atas saja,karena harganya yang sangat mahal sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmatinya.

Jaman dulu olahan ikan gurami yang paling terkenal adalah Ikan gurami asam manis,namun sekarang banyak sekali olahan yang berbahan dasar ikan gurami seperti : 
Hari ini saya akan menambahkan  satu lagi olahan ikan gurami,yaitu "Ikan Gurami Saos Telor Asin"olahan ini sangat sederhana sekali,bahkan mungkin pemirsa juga sudah tahu keberadaan menu yang satu ini,namun resep yang akan saya bagikan ini lain dengan yang pemirsa pernah coba sebelumnya.

Ikan Gurami Saos Telor Asin ini saya dapatkan dari rekan kerja saya juga,yaitu yang biasa di panggil Mas Okky ( Chef Indonesian Food ) asli kelahiran Sidoarjo Jawa Timur,dan telah bergabung di perusahaan tempat kami bekerja mulai tahun 2007 hingga sekarang.

Bahanya:

  • 1 ekor Ikan gurami segar ukuran sedang saja ( difillet potong sesuai selera )
  • 4 btr Telor asin ( ambil kuningnya saja )
  • 3 siung Bawang putih ( sincang halus )
  • 1 sdt Gula pasir + penyedap rasa secukupnya
  • 5 biji Cabai rawit ( dipotong kasar ) atau sesuai selera
Caranya:

Daging ikan gurami yang sudah di fillet dan di potong-potong di lumuri air jeruk nipis,garan dan merica,biarkan sebentar agar bumbunya meresap,kemudian tambahkan putih telur kemudian aduk rata,setelah itu taburi sedikit tepung terigu dan selanjutnya goreng sampai matang dan warnanya berubah kecoklatan.

Tumis bawang putih sampai harum,masukan kuning telur asin aduk sampai hancur,tambahkan sedikit air kaldu ( kalau ada ) atau air biasa saja,lalu tambahkan gula pasir dan penyedap rasa secukupnya saja.
Masukan cabai rawit yang sudah dipotong-potong,aduk sampai rata dan cepat agar saos yang hampir jadi ini tidak mengering.Kemudian masukan ikan gurami yang sudah digoreng tadi ,aduk dengan cepat,

Angkat ikan yang sudah dimasak dan susun di piring saji yang sudah disiapkan sebelumya,untuk tampilan sepenuhnya terserah anda , sekedar contoh anda  bisa lihat gambar yang saya buat secara sederhana untuk tampilan Ikan Gurami Saos Telor Asin

Demikian postingan kali ini semoga ada guna dan manfa'atnya bagi anda yang ingin mencoba membuat olahan ikan gurami ini,kurang dan lebihnya saya mohon ma'af karena hanya inilah yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini.

Terimakasih
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami