Halaman

My Alexa

Jumat, 07 Juni 2013

AYAM KAMPUNG APA AYAM KAMPUNG

AYAM KAMPUNG APA AYAM KAMPUNG - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul AYAM KAMPUNG APA AYAM KAMPUNG, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : AYAM KAMPUNG APA AYAM KAMPUNG
link : AYAM KAMPUNG APA AYAM KAMPUNG

Baca juga


AYAM KAMPUNG APA AYAM KAMPUNG

Ayam yang biasa kita konsumsi setiap hari ,itu terkadang kita gak perduli,maksudnya tidak mau tahu apakah itu ayam jantan,betina,paha kiri,paha kanan hahaha (sory  bercanda ) maksudnya apakah itu ayam kampung beneran atau bukan,karena ada dua jenis ayam konsumsi yang sudah tidak asing lagi,yaitu ayam kampung dan ayam broiler/ayam potong.

Ayam broiler adalah ayam pedaging hasil dari persilangan antar bangsa ayam-ayaman,yang mempunyai daya produktifitas  sangat tinggi,Pemeliharaan
ayam yang satu ini tidak semudah memlihara ayam kampung, ayam broiler sangat rentan terhadap penyakit sehingga perlu penaganan atau manajemen yang khusus. Manajemen tersebut meliputi: pemilihan bibit, pakan yang bermutu, perkandangan yang sesuai, dan penanganan kesehatan pastinya bro hehe,,,

Jika sesuai dengan ketentuan "cara pemeliharaan" ayam broiler,maka dalam waktu yang singkat sudah bisa dipastikan untuk panen yang namanya ayam potong,karena untuk menghasilkan ayam potong yang berbobot 700 gr hingga 1000 gr jangka waktunya yang dibutuhkan adalah hanya 5-6 minggu saja.

Ayam kampung adalah ayam yang dipelihara secara liar ( dilepas bebas ) di sekitar rumah,dan deberi pakan seadanya saja,dan dikandangkan ketika hari mulai gelap,keistimewaan ayam ini adalah rasa dagingnya yang enak dan gurih walaupun agak sedikit keras bila dibandingkan dengan daging ayam broiler.sihingga harganyapun jauh lebih mahal.

Untuk menghasilkan bobot 700 gr ayam kampung membutuhkan waktu sekitar 6-7 bulan, ( kurang lebih ) itupun kalau pakanya terjamin dan tidak diserang penyakit yang disebut "Tetelo "

Selain ayam potong, adalagi yang namanya ayam petelor,ayam yang satu ini tugasnya hanya untuk bertelur saja,ayam ini postur tubuhnya lebih ramping dan kurus bila dibandingkan dengan ayam pedaging,dan apabila sudah tidak produktiflagi maka ayam ini akan dijadikan ayam potong,dan inilah yang suka dipalsukan sebagai "ayam kampung "oleh sebagian pedagang yang tidak bertanggung jawab.

Untuk anda yang suka makan daging ayam,malam ini saya akan share resep sederhana cara membuat ayam goreng biasa namun rasanya luarbiasa hehehe,serius bro,,,,mau tahu ?? silahkan contek resepnya dibawah ini :

Bahanya:


  • 1 ekor Ayam Boiler ( potong menjadi 8 potong atau jadikan 16 potong  )
  • 100 gr Gula pasir 
  • 50 gr Garam
  • 10 gr Penyedap rasa ( jika suka )
  • 5 siung Bawng  putih ( cukup dikeprek saja )
  • 20 gr Seasoning chicken ( kalau ada )
  • 2 btr Kelapa muda ( ambil airnya saja ) kelapanya boleh dimakan langsung dech hehehe
  • 2 sdm Cuka ( tambahkan 1 cangkir air biasa )

Caranya:

Ayam yang sudah dipotong lalu cuci bersih,kemusian lumuri dengan air cuka tambah sedikit garam,diamkan kurang lebih lima belas menit,setelah itu bilas dengan air bersih dan tiriskan dengan cara ditempatkan dalam wadah yang bagian bawahnya seperti saringan.
Panaskan air kelapa dan campur dengan air biasa sehingga bisa untuk merendam potongan daging ayam ketika dimasak nanti.kemudian masukan gula pasir,garam,penyedap rasa, dan bawang putih yang sudah dikeprek tadi.

Masukan potongan ayam kedalam rebusan air kelapa yang sudah dibumbui tadi,( setelah mendidih ) masak terus sampai air rebusan tadi menyusut,kemudian matikan apinya,dan diamkan 30 menit atau tergantung situasi saja, ( agar bumbu meresap ) tapi jika anda sudah lapar langsung saja di goreng hehe,,,,atau dimakan langsung tanpa digoreng hihi,,,,,,,,,

Panaskan minyak goreng secukupnya,( api sedang ) lalu gorenglah ayam yang sudah direbus tadi.Untuk menghasilkan gorengan ayam yang bagus anda harus mengontrol apinya,yaitu jangan terlalu besar ,dan juga jangan terlalu kecil ( sedang-sedang saja kali yeh ) karena resep ini menggunakan gula pasir yang banyak,sehingga apabila minyaknya terlapau panas maka ayam yang digoreng tersebut akan mudah hangus.

Nah mudahkan bro,,,? untuk selanjutnya anda tentukan sendiri,apakah pakai sambal bajak,sambal goreng terasi,lalu menambahkan lalapan wes pokoe terserah pemirsa saja hehehe,namun kebiasaanya apabila ada ayam goreng lalapan dan sambal wajib ada iyakan bro,,,,,?

Demikian sodara-sodaraku sebangsa dan setanah air postingan saya kali ini,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.Semoga ada duna dan manfaatnya bagi sodara-sodaraku semuanya.Selamat mencoba.

T e r i m a k s i h

Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami