Halaman

My Alexa

Senin, 24 Juni 2013

GORENG SINGKONG RASA ADUHAI

GORENG SINGKONG RASA ADUHAI - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul GORENG SINGKONG RASA ADUHAI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GORENG SINGKONG RASA ADUHAI
link : GORENG SINGKONG RASA ADUHAI

Baca juga


GORENG SINGKONG RASA ADUHAI

GORENG SINGKONG RASA ADUHAI.Singkong atau Sampeu ( bahasa Sunda ) bisa tumbuh di semua lahan ( tanah ) dimana saja,namun keberadaanya kurang diminati oleh sebagian masyarakat tani,pasalnya tanaman yang satu ini secara financial kurang menjanjikan,alias harganya terlalu murah,sehinga tidak banyak petani yang mengkhususkan lahanya untuk tanaman yang satu ini,kalaupun berniat tanam hanya alakadarnya untuk mengisi ruang-ruang kosong di sela-sela tanaman lain.

Singkong atau  Puhung ( bahasa Jawa Timur )merupakan sumber karbohidrat yang sangat tinggi,coba saja anda bayangkan bahwa kandungan kalori yang ada  dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, sebagian besar terdiri dari sukrosa,malahan singkong ini merupakan sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat, peran riboflavin ini membantu pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

Singkong atau Cassava ( bahasa English )juga cocok bagi anda yang sedang latihan beban untuk otot,karena umbi ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang,selain itu singkong juga masih   mengandung banyak mineral penting bagi tubuh, diantaranya seng, magnesium, tembaga, dan besi. bahkan jumlah kalium pada singkong cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

Bukan hanya singkongnya saja yang kaya akan manfaat,tapi juga daunya,karena didalam daun singkong, ada kandungan zat yang sangat penting apabila dikonsumsi. daun singkong mengandung mineral, vitamin, asam amino essensial, dan protein yang sangat baik untuk tubuh.

Menurut para peneliti diketahui juga bahwa protein nabati yang terkandung didalam daun singkong berfungsi sebagai unsur yang membangun sel-sel tubuh dan merupakan sistem komponen pembentuk enzim, selain itu, kandungan asam amino yang ada pada hijau daun berfungsi sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi.

Kandungan lain yang terdapat pada daun singkong adalah Asam amino yang juga berguna untuk pemulihan luka pada kulit, mengganti sel-sel yang rusak, kesehatan tulang, membantu daya ingat kita dengan baik, serta membantu sistem metabolisme dalam tubuh. Adapun untuk klorofil pada daun berfungsi sebagai zat antioksidan dan antikanker.

Banyak cara untuk untuk mengolah singkong,namun terkadang kita tidak sadar bawa yang kita makan itu asalnya dari singkong yang  terkadang kita menganggap sebagai tanaman rendahan.Contohnya seperti " Kerupuk "kerupuk bahan bakunya adalah tepung kanji,sedangkan tepung kanji bahanya adalah singkong,betul nggak bro?hehehe
Sebenarnya banyak sekali olahan yang berbahan dasar singkong seperti:Tapai ( Peuyeum Bandung )Keripik,Kue basah,dan masih banyak lagi olahan lainya yang mungkin anda belum pernah melihatnya,dan belum pernah dengarnbya.

Dibawah ini akan saya tulis resep sederhana ( super sederhana )untuk membuat camilan dari singkong,dan makanan ini cocok disajikan dengan secangkir kopi panas untuk menemani anda dikala nonton bola di TV,atau terserah anda  kapan dan dimana cocoknya dengan camilan yang satu ini hehehe,dan saya kasih nama ( Tampa pikir panjang ) yaitu "SINGKONG GORENG RASA ADUHAI "hehehe,anda penasaran ?? yoo langsung saja ke tekape

Bahanya :

  • 1 kg Singkong ( kupas dan bersihkan )
  • 1 Ruas Kunyit ( kupas kulitnya )
  • 10 Siung bawang merah
  • 5 Siung bawang putih
  • 1/2 sdt Ketumbar
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Gula pasir atau,,,,,,,,,
Jika anda mengiginkan rasa singkong goreng pedas,maka anda tinggal menambahkan cabai sesuai selera anda,dan jika anda menginginkan rasa goreng singkong manis,anda tinggal menambahkan gula saja sesuai selera anda,mudahkan bro ??

Caranya :

Haluskan semua bumbu kemudian tumias sampai harum,setelah itu tambahkan air secukupnya ( bisa merendam singkong) masak sampai mendidih,kemudian masukan singkong yang sudah dipotong-potong tadi,masak terus sampai empuk dan matang.lalu angkat dan tiriskan.

Panaskan minyak goreng secukupnya,kemudian gorenglah semua singkong yang sudah direbus tadi sampai agak kering dan warnanya kecoklatan,kemudian angkat dan hidangkan,jangan lupa kopi atau teh kesukaan anda,dan sekarang jadilah sudah yang namanya "SINGKONG GORENG ADUHAI" hehehe mudahkan bro,,,,,Selamat mencoba,,,,,,,,

 

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami