Halaman

My Alexa

Rabu, 24 Juli 2013

KOPI LUWAK

KOPI LUWAK - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KOPI LUWAK, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KOPI LUWAK
link : KOPI LUWAK

Baca juga


KOPI LUWAK



Ahirnya selesai sudah tugasku di Kota Hujan Bogor,dan sekarang sudah kembali ke habitat asliku yaitu di Prigen Jawa Timur,banyak hal baru yang saya temukan di sana,diantaranya pengetahuan tentang dunia makanan dan minuman ,salahsatunya yaitu tentang “Kopi Luwak”, yang ditulis oleh : Kasmito Tina.

Kita semua past sudah mendengar atau bahkan tahu dan merasakan sensasi kopi luwak,tapi secara detail munkin ada yang belum tahu,okay sekarang kita mulai saja,apa sih kopim luak itu??.Kopi luak adalah kopi yang dipanen secara naluri oleh luwak ( Musang Kebun ) luwak hanya memanen biji kopi yang telah benar-benar matang atau kopi yang sudah mencapai puncak kematangan dan berwarna merah tua serta wangi dan sangat manis rasanya.

Buah kopi tersebut kemudian dimakan oleh luwak dengan cara menelanya,kemudian diproses didalam perut luwak sehingga terjadi fermentasi,kemudian dikeluarkan lagi sebagai kotoran berbentuk gumpalan feses,kemudian dikumpulkan oleh para petani dan kemudian dibersihkan lalu dijemur hingga kering,dan jadilah kopi luwak,Secara visual kopi luak bentuk dan warnanya  sama dengan kopi biasa,namun yang berbeda adalah rasanya,

Habitat Luak
Beberapa jenis luwak dapat ditemukan di Asia Tenggara seperti Indonesia,Filipina dan Vietnam juga Afrika ( Ethoipia )tetapi Luak pemakan kopi lebih dikenal didunia,mungkin karena kualitas kopinya lebih superior debanding yang lainya.

Luwak penghasil kopi di Indonesia terdapat di pulau Sumatera disepanjang bukit Barisan,dari Aceh sampai Lampung  melewati danau Toba,Padang ,Jambi dan Bengkulu.Luak juga terdapat di pulau Jawa,Bali ,NusaTenggara Barat hingga Nusa Tenggara Timur,atau bahkan di Timor Timur dan Papua.

Kopi Luwak semakin dikenal dikalangan para penikmatnya di Negeri ini dan para penikmat kopi dunia, karena asal usulnya yang unik serta persedianya sangat terbatas.Producksi tahunan kopi dari Indonesia tidak menentu,hal ini dikarenakan ketergantunganya pada alam,populasi luak dan juga permintaan pasar.

Kopi luwak sangat diminati dari tahun ke tahun karena bantuan dari media cetak dan media TV yang berperan active  mempromosikan jenis minuman yang satu ini,sehingga tidak heran kalau yang namanya kopi luak sangat popular dan melegenda dikalangan para penikmatnya.

Menurut laporan dari berbagai media : produksi kopi luwak Indonesia berada dalam kisaran 500 kg dan kapasitas ini lebih besar bila dibandingkan dengan kopi Weasel Vietnam dan Kopi Alamid Filipina.Dari data  yang diperoleh bahwa producksi Nasional tahunan kopi luak cenderung meningkat dan bahkan bisa ditingkatkan lagi.Karena masih banyak kopi luak yang tidak digarap oleh para petani,yang masih berserakan dilantai hutan Indonesia ini.

Demikian sekilas info tentang kopi Luak kopi yang eksotis dan kaya akan sensasi rasa,yang bisa dinikmati oleh para penikmatnya …….semoga bermanfaat.

Terimakasih
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami