Halaman

My Alexa

Selasa, 15 April 2014

BUAH PEPAYA / GEDANG / KATES

BUAH PEPAYA / GEDANG / KATES - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BUAH PEPAYA / GEDANG / KATES, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BUAH PEPAYA / GEDANG / KATES
link : BUAH PEPAYA / GEDANG / KATES

Baca juga


BUAH PEPAYA / GEDANG / KATES

Assalamu’alaikum wr wb.Apa kabar sobat sobit blogger dimanapun berada,semoga semuanya dalam kedaan sehat walfiat serta selalu ada dalam lindungan Alloh swt,tadi sore saya main ke rumah salah seorang teman satu kerjaan,disana disuguhi buah papaya yang langsung dipetik dari pohonya yang ada didepan rumah,wah rasanya sangat manis sekali bro hehe,nah dengan kejadian tersebut ahirnya terlintas difikiran untuk membuat tulisan tentang buas papaya ini.walaupun saya yakin sobat sobit blogger pasti sudah lebih tahu mengenai buah yang satu ini.

Carica papaya ( Pepaya ) atau Gedang ( bahasa Sunda ) atau Kates ( bahas Jawa ) asalnya adalah dari Meksiko bagian Selatan,namun sejak beberapa abad yang lalu buah yang satu ini menyebar ke hamper semua Negara termasuk Indonesia ,papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica ,nama papaya diambil dari bahasa Belanda yaitu “ papaja “ dan sekarang lebih dikenal dengan sebutan “ Pepaya “ atau Gedang dan Kates.

Pepaya selain dikonsumsi setelah masak ( ranum ) papaya yang masih mudapun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan  sayuran,yaitu biasanya dibuat untuk campuran sayur asem  ( di daerah jawa barat ) sedangkan yang sudah matang biasanya dijadikan manisan atau dibuat campuran es Koktail dan lain-lain.

Pepaya bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan,tetapi juga Getahnya,Daunya,bisa dimanfaatkan ,seperti : Daun papaya bisa dimanfaatkan sebagai sayuran atau lalapan,baik mentah atau dengan cara dimasak terlebih dahulu.sedangkan getahnya bisa dimanfaatkan untuk mengepukan daging sapi maupun daging kambing,dengan cara getah tersebut dilumurkan kepada daging sapi yang hendak dimasak.karena getah papaya mengandung enzim papainsemacam protease.

Pepaya ternyata mempunyai kelamin tiga sekaligus yaitu : kelamin tumbuhan jantan,betina dan banci ( hermafrodit ) tumbuhan jantan dikenal sebagai ‘Pepaya gantung” namun walaupun jenisnya jantan tetapi terkadang berbuah pula”partenogensis” buah ini mandul dalam artian tidak menghasilkan biji subur,

Bunga buah yang satu ini memiliki mahkota bunga  berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang ,bunga jantan tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang dan biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuknya.Kelamin jantan papaya ditentukan olehsuatu kromosom Y-primitif yang 10% dari keseluruhan panjangnya tidak mengalami rekombinasi suatu penanda genetic ,juga telah ditemukan untuk membedakan papaya berkelamin betina dari papaya jantan atau banci.

Manfaat daun papaya:

Daun papaya bukan hanya  untuk dijadikan lalapan saja atau getahnya bisa buat melunakan daging,namun lebih dari itu bahwa daun papaya diyakini bisa untuk dijadikan obat sebagai penambah nafsu makan,dengan cara di jus dengan tambahan sedikit garam kemudian di saring lalu diminum.dan ramuan ini aman bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Selain untuk menambah nafsu makan daun papaya ini diyakini mampu untuk mengatasi jerawat,dengan cara daun tersebut dijemur terlebih dahulu,kemudian ditumbuk sampai halus,lalu beri sedikit air,kemudian oleskan ( seperti masker ) pada daerah muka yang ada jerawatnya,diamkan beberapa menit kemudian bilas denga air bersih.

Demikian sekilas info tentang papaya,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dimana saya ini hanyalah manusia biasa yang tekpernah luput dari salah dan khilaf.Terimakaish .Baca juga tulisan lain tentang Pepaya “ Buah papaya terasa beda

Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami