Halaman

My Alexa

Jumat, 19 Oktober 2012

GULAI AYAM SUMATERA

GULAI AYAM SUMATERA - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul GULAI AYAM SUMATERA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GULAI AYAM SUMATERA
link : GULAI AYAM SUMATERA

Baca juga


GULAI AYAM SUMATERA



Teman bertambah pengalamanpun ikut bertambah,itu yang selalu  saya rasakan dalam hidup ini,anda pun mungkin sependapat dengan yang saya tulis tadi,terbukti sebelum mengenal orang Sumatera saya tidak tahu yang namanya Ulos,ya kalaupun tahu itu hanya sebatas namanya saja,bentuk dan hal lainya kita tidak tahu secara detil,tetapi setelah berkenalan dengan orang Sumatera ahirnya semua menjadi jelas,begitu pula dengan orang di luar sumatera,bisa orang Ambon ,Maluku,Aceh,dll



Dalam hal makanan yang mana saya hanya orang yang berasal dari Jawa Barat,merasa perlu untuk mengetahui  masakan saudara-saudaraku yang ada di pulau lain,saya rasa ini penting loh,sebab ini menyangkut hubungan dan persaudaraan sesama  orang Indonesia,maka dari itu saya selalu berusaha untuk mempelajari masakan dari semua suku yang ada di negeri tercinta ini,

Di Jawa Barat ada masakan Gulai,di Sumatera juga ada yang namanya gulai,dan ini masing-masing punya rasa khas yang tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata,ini hanya bisa dirasakan oleh lidah masing-masing,makanya untuk itu saya bermaksud belajar membuat yang namanya gulai,yang unik dengan gulai dari sumatera ini adalah rasanya yang khas,dam kebetulan saya punya teman yang berasal dari Sumatera dan 

Koki pula,jadi dalam hal ini saya tidak kesulitan untuk mempelajarinya,dan begitu juga teman saya ini juga ingin mempelajari masakan khas sunda  ahirnya kita saling ajar mengajari,oh lengkap sudah rasanya hidup ini hehehe,
Yang pertama saya pelajari adalah membuat “Gulai ayam” dan yang pertama saya ajarkan kepada teman saya adalah “Sayur asem “ kebetulan saya yang lebih dahulu praktek,dan hasilnya saya di kasih nilai 9,wuih senengnya,dan praktek yang kedua saya dikasih nila 9,9 sedikit lagi sempurna tuh,dengan bangga saya ucapkan terimakasih Kawan ( BUYUNG ) atas semua ini,

Terusterang jika hasil karya kita di senagi/disukai  orang lain ( apapun itu bentuk karyanya ) itu hadiah terbesar dalam hidup,kebahagian  yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata,luaaarrbiasa,,,,,,,,,,,,,,,

Seperti biasa saya tidak ingin di bilang pelit,makanya setiap ada yang baru saya selalu berbagi disini,dan saya tahu anda pemirsa semua sudah bisa membuat masakan ini,namun tidak ada salahnya untuk sekedar tahu,tapi bagi yang belum ,mungkin ini adalah kesempatan untuk belajar,betul apa tiddaadkk??

Ok langsung dech ,untuk memudahkan anda praktek di rumah ,sengaja untuk takaran tidak menggunakan timbangan ,cukup memakai sendok makan ( sdm ) dan sendok teh ( sdt ) dstusnya.

Bahan utama:

1 ekor ayam,dipotong menjadi 4 bagian ( atau boleh menjadi 8 potong )
2 btr kelapa ( dibuat santan menjadi  2 liter )

Bumbu yang di haluskan :


  • 10 siung bawang merah,( ukuran sedang,kalau kecil tambahkan menjadi 15 siung )
  • 5  siung bawang putih
  • 3 ruas kunyit / kunir,yang masih segar,dikupas bersih
  • 2 ruas Lengkoas,yang masih muda agar mudah di haluskan
  • 10 btr Kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt Jinten
  • 1 sdm Adas manis
  • 0,5 sdt Merica / lada bubuk

Bumbu pelengkap: 1


  • 3 batang Sereh / serai yang masih segar
  • 10 lmbr daun jeruk ( yang masih segaar )
  • 5 lmbr daun salam ( kering tidak masalan )
  • 2 lmbr daun kunyit / daun kunir

Bumbu pelengkap: 2

Garam,gula,penyedap rasa,bawang goreng ( untuk taburan ahir ) ini tergantung selera anda masing-masing,yang suka asin?yang tidak suka asin ?yang suka manis ? silahkan anda yang  menetukan hehe

Caranya:

Tumis bumbu yang sudah di haluskan,lalu masukan juga “batang serai,daun jeruk,daun kunyit,dan daun salamnya,kemudian pastikan bahwa bumbu tersebut sudah benar-benar matang,tandanya adalah sudah mengeluakan minya bening dari tumisan tersebut,
Masukan santan secara perlahan,aduk jangan sampai pecah,terus masak sampai mendidih,setelah itu masukan semua potongan ayam tadi,kecilkan apinya,dan masukan bumbu pelengkap yang nomer dua,
Masak sampai ayamnya empuk dan bumbunya meresap,kemudian angkat dan hidangkan,dan jangan lupa taburkan bawang gorengnya,maka jadilah gulai ayam Sumatera,

Serlamat mencoba,,,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami