Halaman

My Alexa

Rabu, 24 Oktober 2012

GURAMI ACAR KUNING

GURAMI ACAR KUNING - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul GURAMI ACAR KUNING, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : GURAMI ACAR KUNING
link : GURAMI ACAR KUNING

Baca juga


GURAMI ACAR KUNING



Gurami /gurame adalah jenis ikan konsumsi yang paling di minati oleh ( rata-rata ) orang menengah ke atas,karena  memang harganya yang cukup lumayan tinggi,dan  yang membuat ikan ini tenar adalah cita rasanya  yang sangat  khas,, yang mungkin tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata hehehe,pokonya maknyuss ( kata Pak Bondan )
Resep yang akan saya bagikan hari ini,sebenarnya  resep lama,waktu itu saya masih di Jakarta,namun waktu itu Manager  di tempat saya kerja tidak setuju dengan resep ini,menurutnya makanan ini rada-rada aneh katanya,


Setelah saya hijrah ke Jawa Timur malah mendapat respons  positive dari  Pimpinan saya,dan ahirnya saya masukan di menu utama,dan Alhamdulillah banyak peminatnya,terutama untuk menu “Lunch buffet”
Baiklah sekarang kita mulai saja dengan resep yang punya nama “Gurami Acar Kuning

Bahanya :

  • 1 Ekor Guramai / gurame  uk 500 gr ( buang kotoranya dan sisiknya )
  • 25 gr Kunyit ( kunir )
  • 50 gr Bawang merah
  • 25 gr Bawang putih
  • 1 sdm Margarin
  • 10 biji Cabai rawit merah dan hijau ( utuh )
  • 25 gr  Ketimun ( dibentuk/dipotong seperti batang korek api )
  • 25 gr Wortol/wortel ( seperti potongan ketimun )

Bumbu pelengkap:

  • 1 sdm Cuka
  • Garam.Gula pasir,penyedap rasa,Merica bubuk ( secukupnya )

Caranya :

Gurame yang sudah bersih di lumuri dengan air  jeruk nipis,garam,merica,simpan kira-kira  10 menit agar bumbunya meresap sampai ke bagian dalam. Goreng ikan guramai sampai kering.
Haluskan bawang merah,bawang putih,dan kunir,dengan cara di ulek atau diblender biar cepat,Panaskan margarine dikuali cekung,masukan bumbu yang sudah di haluskan tadi,sampai harum,tambahkan  2 cangkir air matang,aduk sampai rata,setelah mendidih masukan bumbu pelengkap,timun,wortol,dan cabai rawit kemudian masukan guramai yang sudah digoreng tadi,masak terus sampai kuahnya susut dan mengental,lalu angkat dan hidangkan,
Jadilah sudah yang namanya “Gurame acar kuning
Selamat mencoba,,,,

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami