Halaman

My Alexa

Kamis, 25 Oktober 2012

UBI KALECI

UBI KALECI - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul UBI KALECI, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Resep Masakan Indonesia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : UBI KALECI
link : UBI KALECI

Baca juga


UBI KALECI



Camilan ( snacks ) sudah jadi hal lumrah keberadaanya,baik dalam acara meeting,nonton TV,bahkan sapai dibawa dalam perjalanan pulang kampoeng,ataupun piknik( picnic ) malah di meja kerja para pegawai sering saya lihat satu atau dua macam camilan,
Tadi pagi setelah selesai menyiapkan  Paket Lunch Education untuk siswa siswi “ SD MUHAMMADIYAH SEPANJANG
”,yang berjumlah 203 Orang,saya melihat Assisten Cook sedang ngupas umbi “ Hui boled”( bahasa sunda ) “Telo” ( bahasa Jawa Timur ) saya langsung teringat pada yang namanya “Camilan”,ahirnya iseng-iseng  membuat camilan yang namanyapun saya belum tahu,namanya juga iseng hihihi,setelah  jadi baru saya teringat masa kecil,yaitu suka maen Kaleci ( kelereng/ gundu ) karena yang saya buat itu bentuknya  mirip seperti kelereng,dan hebatnya lagi tidak sampai lima menit camilan tadi ludes dimakan rekan-rekan kerja saya,tapi saya sangat senang sekali ketika mereka  mengatakan “UEENAK TENAN “dan minta dibuatkan lagi,hehehe ( jadi GR )
Saya suka akan ubi boled,karena bisa bibuat maca-macam olahan,seperti : biji sak,candil,keripik,dan masih banyak lagi olahan yang berbahan dasar ubi boled ini,
Selain karbohidrat sebagai kandungan utamanya, ubi boled ini juga mengandung vitamin, mineral, fitokimia (antioksidan) dan serat (pektin, selulosa, hemiselulosa).yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.
Olahan ubi boled yang sekarang ingin saya bagikan adalah “ UBI KALECI“Rasa yang terkandung didalamnya bisa beraneka rasa,tergantung sipembuatnya saja,kalau saya tadi membuat rasa Cokelat,Keju,Strowbary,dan rasa Nanas.

Bahan utama :

500 gr Ubi boled ( kupas dan bersihkan )
25 gr Tepung kanji
1 btr Telur ayam ( dikocok sebentar )
100 gr Tepung roti
0,5 sdt Garam
Untuk bahan “isi” terserah anda boleh Keju,selai,ataupun cokelat

Caranya :

Kukus ubi yang sudah dibersihkan tadi sampai matang,kemudian di haluskan,campukan tepung kanji,garam,dan uleni sampai kalis ( tidak nempel di tangan ),kemudian bentuk bulat seperti kelereng,kemudian isikan bahan isi yang sudah disiapkan dan dibentuk lagi hati-hati jangan sampai bocor.
Celupkan adonan yang sudah dibentuk tadi kedalam kocokan telur,setelah itu gulingkan di tepung roti,kemudian di goreng (api kecil saja agar hasilnya bagus sesuai keinginan.goreng sampai warnanya menjadi cokelat keemasan,lalu angkat dan didangkan,
Cocok buat para blogers mania,sambil ngenet makan camilan yang satu ini hehehe,di jamin postinganya lancar hahaha

Selamat mencoba,,,,,,,

 

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami