Halaman

My Alexa

Kamis, 23 Mei 2013

MANFA'AT BUAH KELAPA

MANFA'AT BUAH KELAPA - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MANFA'AT BUAH KELAPA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MANFA'AT BUAH KELAPA
link : MANFA'AT BUAH KELAPA

Baca juga


MANFA'AT BUAH KELAPA



Semua orang pasti sudah mengenal dengan yang namanya buah kelapa,namun tidak semua orang tahu apa saja sih yang terkandung dalam buah kelapa,dan apa sih manfaatnya buah kelapa,tapi sebelum dilanjutkan terelebihdahulu mari kita lihat dulu bagian-bagian dari sebatang pohon buah kelapa.

Pohon buah kelapa terdiri dari : Akar,Batang pohon,Pelapah,dan daun,serta buah kelapa.


Akar pohon kelapa merupakan akar serabut yang jumlahnya sangat banyak ,dan gunanya untuk mempertahankan batangnya yang tinggi menjulang agar tidak tumbang,manfaat untuk tanah sekitar pohon kelapa yaitu tidak mudah longsor,dikarenakan terikat oleh akar-akar kelapa tersebut.

Ketinggian pohon kelapa ada yang mencapai 20 meter pada usia 20 th keatas,batang pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan bangunan,bahan untuk purniture,dan bahan lainya sesuai kebutuhan.

Pelapah  buah kelapa adalah seperti kelopak raksasa yang terdiri  dari batang dan daun memanjang dengan  jumlah banyak,daun kelapa memiliki tulang yang biasa disebut lidi,daun kelapa yang masih muda biasa digunakan sebagai janur,dibuat ketupat,sedangkan daun kelapa yang sudah tua biasa dijadikan sapu lidi,atau kerajinan lain yang biasa dibuat oleh para pengrajin khusus.

Daging buah kelapa terbungkus oleh kulit dan sabut,dan juga dilindungi oleh tempurung yang sangat keras,sabut kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai tali ( Tambang ) dan bisa dirajut menjadi kesetan atau kerajinan tangan,seperti yang biasa kita lihat di perumahan.sedangkan tempurung kelapa bisa dimanfaatkan sebagai arang ( charcoal ),atau dijadikan kerajinan tangan oleh para pengrajin khusus.

Daging buah kelapa biasa dijadikan santan untuk berbagai kebutuhan manusia,seperti untuk dibuat minyak, ( minyak kelapa)dan masih banyak manfaat lain buah kelapa dari yang masih muda hingga buah kelapa yang sudah tua.Menurut para ahli penelitian bahwa yang terkandung dalam daging buah kelapa adalah 90% asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh.

Meskipun mengandung asam lemak jenuh namun yang namanya minyak kelapa memiliki rantai karbon sedang,sehingga mudah dicerna oleh tubuh,asam lemak rantai sedang lebih baik daripada asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa harus ada proses hidrolisis dan enzimatis.

Sejauh ini produck olahan buah kelapa yang dinyatakan paling bermanfaat oleh para peneliti  adalah Virgin coconut oil “( VCO ) ini merupakan  minyak yang dihasilkan  melalui proses tertentu  sehingga menghasilka produck alami yang bisa membantu untuk kesehatan tubuh manusia .

Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak mempengaruhi kolesterol darah,dan terkait dengan manfaatnya  asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik yaitu antara lain: anti-fungsi,anti-bakteri,antI-protozoa dan juga anti-virus.

Ternyata bukan hanya daging dan minyaknya saja  yang bermanfaat dari buah yang satu ini,airnyapun sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia,karena yang namanya air kelapa disinyalir banyak mengandung zat gizi,maka dengan kandunganya yang padat gizi air kelapa bisa dikembangkan lagi lebih dari itu.Menurut analisis dalam air kelapa tua mangandung 91% mineral,0,3%protein,0,15% lemak,7,3% karbohidrat dan 1,06% abu

Air kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/100ml.sedangkan kandungan mineral air kelapa terdiri dari kalium,natrium,kalsium,magnesium dan lainya.

Karena dengan banyaknya kandungan zat gizi yang terdapat pada air kelapa sehingga menjadikan air kelapa tersebut sangat kaya akan khasiat,untuk mengobati penyakit kolera,muntah-muntah,cacar dan campak,termasuk penyakit kulit,hanya dengan cara diminumnya,selain itu air kelapa juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi minuman isotonik,karena dalam air kelapa tersebut memiliki kandungan mineral dan gula yang sangat sempurna,sehingga memiliki keseimbangan elektrolit.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat minyak kelapa sendiri,caranya sangat mudah sekali,karena tidak memerlukan keahlian khusus,seperti orang-orang jaman dulu,mereka membuat minyak kelapa untuk kebutuhan memasak dan untuk kebutuhan obat dengan cara membuatnya sendiri secara tradisional yaitu:

  • Pilih buah kelapa yang sudah tua,kemudian dikupas ( banyaknya terserah )
  • Cuci buah kelapa yang sudah dikupas kemudian diparut
  • Peras hasil parutan kelapa sampai santanya keluar semua
  • Masak santan dalam wadah cekung atau wajan,dengan api sedang
  • Aduk terus agar santan tidak pecah,

Proses pemasakan memang agak lama,namun hasilnya sangat bermanfaat,maka dari itu kalau boleh saya sarankan jika anda ingin praktek selain bahanbaku yang disiapkan,anda juga harus ada beberapa pendukung lain yang membuat kita nantinya tidak bosan,seperti Kopi Radio kalau perlu bawa laptop hahaha,jadi membuat minyak sambil online hahaha

Lama-kelamaan santan yang dimasak tadi akan menyusut dan warnanya akan menjadi kekuning-kuningan,dan itu menandakan bahwa minyak sudah hampir jadi,aduk terus sampai benar-benar sudah menjadi minyak seperti yang diharapkan,

Setelah itu diamkan sampai dingin,kemudian disaring,dan ampasnya bisa dimanfaatkan untuk campuran sambal,atau dimakan begitu saja ,karena ampas tersebut rasanya sangat enak dan gurih,kalau di kampung saya ampas minyak tersebut di sebutnya “galendo”,rasanya ueeenak tenan,coba dech hehe

Demikian sedikit info tentang buah kelapa dan manfaatnya,kurang dan lebihnya saya mohon ma’af,namun mudah-mudan saja ada manfaatnya untuk anda yang baca artikel sederhanan ini.

T e r i m a k a s i h
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami