Halaman

My Alexa

Sabtu, 25 Januari 2014

SAWO BELANDA /WALANDA

SAWO BELANDA /WALANDA - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul SAWO BELANDA /WALANDA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : SAWO BELANDA /WALANDA
link : SAWO BELANDA /WALANDA

Baca juga


SAWO BELANDA /WALANDA



SAWO BELANDA .Assalamu’alaikum wr wb.Selama lima hari saya berada di kampung tempat dimana saya dulu di lahirkan,makanya tidak bisa dengan leluasa terbang di alam maya,alasan pertama adalah kurangnya signal sehingga  coneksi internet selalu tersendat –sendat,yang kedua ingin memanfaatkan waktu untuk berkumpul dengan semua kelurga,soalnya jarang sekali ada kesempatan untuk berkumpul seperti itu. 


Banyak sekali perubahan di sekitar rumah setelah setahun ditinggal Ratunya yaitu Ibundaku tersayang ( Almarhumah ) yang dulu halaman depan ,samping dan belakang  dipenuhi berbagai tanaman obat ( Apotek hidup ) yang tumbuh dengan subur dan tertata rapih,kini hanya tinggal kenagan,hanya tinggal beberapa tanaman yang masih tersisa disana,itupun nampak kurus dan tak terurus.

Dihalaman belakang terlihat beberapa keponakanku sedang  ramai memperebutkan sesuatu ,entah apa yang mereka perebutkan,lama kelamaan akupun penasaran ,lalu aku menghapiri mereka ,ternyata mereka sedang memperebutkan buah Sawo Belanda,,,,hehhh sawo belanda ……? Ya sawo belanda yang ditanam Ibuku beberapa tahun yang lalu,dan kini sudah tumbuh subur,tinggi dan berbuah sangat lebat,waw,,,luarbiasa.

Dulu aku tidak yakin kalau pohon sawo belanda ini bisa tumbuh di sini,tapi perkiraanku meleset,nyatanya sekarang tumbuh dan berbuah,masih terngiang ditelingku ketika Ibuku berkata,”Manusia hanya bisa berusaha,tapi Tuhan jualah yang menetukan” waktu beliau berkata seperti itu  tanganya sambil menanam bibit pohon sawo belada tersebut, waw…Subhanalloh,,,luarbiasa……

Sawo Belenda adalah sebutan di kampungku,sementara dilain tempat ada juga yang menyebutnya Sawo mentega,Sawo ubi,Alkesah,atau Kanistel ( Pouteria campechiana )buah yang satu ini konon asalnya adalah dari Amerika Tengah dan Meksiko bagian selatan,pohon buah ini sekarang sudah dibudidayakan di banyak Negara termasuk Indonesia,nama spesiesnya merujuk pada nama kota Campeche di Meksiko tempat asli tumbuhan yang satu ini.sebutan dalam bahasa Inggris disebut Canistel,egg fruit atau yellow sapote.

Sawo Belanda atau sawo mentega ini telah dibudidayakan di banyak Negara seperti Nikaragua,Panama,Kuba,pada sekitar tahun 1915 buah yang satu ini dibawa seseorang dari Kuba ke wilayan Negara Filipina,dan ahirnya menyebar ke bagian lain Asia Tenggara,dan Filipina adalah termasuk Negara penghasil terbesar buah sawo mentega ini.

Daging buah sawo belanda ini berwarna kuning empuk seolah kering menepung,( hampir mirip dengan ubi cilembu )rasanya manis dan enak tentunya,aromanya sangat khas yaitu harum yang sangat menggoda selera,bijinya warna coklat mengkilat dan kulitnya sangat tipis.

Daging buah sawo belanda yang kaya gizi ini kerap dipakai sebagai bahan campuran es krim ( Ice Cream ) susu kocok ( milkshake )atau sebagai bahan tambahan untuk kue-kue sebagai pengganti “ Labu “ dalam pudding ,kue dadar ( pancake ) dan bahkan dijadikan selai untuk bahan isian roti ( feeling )

Demikian yang bisa saya postingkan kali ini,semoga ada guna dan manfaatnya untuk tema-teman bloger semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan,

Terimakasih
   Dede Thea



0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami