Halaman

My Alexa

Minggu, 13 Januari 2013

DAUN KENIKIR DAN KHASIATNYA

DAUN KENIKIR DAN KHASIATNYA - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul DAUN KENIKIR DAN KHASIATNYA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : DAUN KENIKIR DAN KHASIATNYA
link : DAUN KENIKIR DAN KHASIATNYA

Baca juga


DAUN KENIKIR DAN KHASIATNYA



Jika anda kebetulan jalan-jalan ke wilayah Jawa Timur,disana anda akan menemukan makanan khas yang punya nama “Pecel”makanan yang satu ini bukan hanya digemari oleh kalangan menegah ke bawah saja,tapi juga digemari oleh masyarakat kalangan menengah ke atas,disamping harganya yang relative  murah juga khasiatnya yang sangat tinggi untuk kesehatan tubuh kita.

Lho apanya yang berkasiat?,,,coba anda perhatikan isi sayuran dari yang namanya pecel,ada kecambah,kacang panjang,kembang turi,dan ada daun kenikir,itu semua sayuran yang mengandung vitamin sangat tinggi,terlebih lagi pada sayuran yang punya nama daun “kenikir”

Kebanyakan para penikmat pecel tidak perduli pada yang namaya vitamin,khasiat,dan lain-lain yang penting mereka puas dengan rasa yang mereka dapatkan dari pecel tersebut,bahkan se penjualnya itu sendiri tidak tahu apa sih manfaat makan sayuran,yang mereka jual.

Tapi tidak ada salahnya kalau kita juga berterimakasih kepada para penjual pecel,karena secara tidak langsung mereka sudah berjasa membantu menyehatkan kita sebagai  penggemar  makanan tersebut.

Disini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang daun kenikir,semoga saja ada manfaatnya bagi yang baca artikel sederhana ini,dan saya yakin anda semua sudah paham  mengenai keberadaan daun kenikir ini,namun tidak ada salahnya ,barangkali ada  yang belum tahu,bisa membacanya disini.

Kenikir adalah tanaman perdu yang berasal dari Amerika tengah,dan tumbuh liar di seputaran Florida,dan di Indonesia,konon tumbuhan spesies  ini di bawa ke Asia tenggara oleh Spanyol melalui Negara  Filipina,kalau tidak salah di  Malaysia disebut Ulam Raja,

Tumbuhan yang satu ini dalam bahas alatin disebut Cosmos caudatus,dan yang terkandung didalamnya sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita ,karena mengandung Saponin, flavonoid polifenol dan minyak atsiri,diantaranya  bisa menambah nafsu makan,memperkuat lambung,dan kandungan minyak atsirinya mampu mengusir nyamuk dan serangga lainya.

Kenikir sangat populer di Negara belahan Asia  Secara tradisional, penduduk di sana menggunakan tanaman ini untuk memperbaiki sirkulasi darah, pencegah penuaan dini, menurunkan panas pada tubuh, dan memperkuat tulang belakang karena kandungan kalsium yang sangat tinggi, serta menghilangkan bau mulut( napas ) yang kurang sedap.

Para peneliti sepakat bahwa daun kenikir ini mampu mencegah gangguan kanker pada tubuh manusia, hal itu erat berkaitan dengan kerja senyawa antioksidan dalam mencegah kerusakan sel tubuh manusia yang disebabkan oleh radikal bebas yang berkeliaran bebas di sekitar manusia.

Ternyata tumbuhan yang ukuran tingginya rata-rata satu meter ini banyak sekali manfaat apabila kita konsumsi secara teratur, melalui sebuah lembaga penelitian lain yang mempelajari secara lebih dalam kandungan senyawa antioksidan kenikir, sudah ditemukan 4 senyawa kuersetin yang memang menunjukkan aktivitas antioksidan yang sangat kuat, apabila  dibandingkan dengan senyawa antioksidan standar, yaitu tokoferol (vitamin E).

Setelah kita tahu guna dan manfaat dari tumbuhan yang satu ini,sekarang tinggal mempelajari,bagaimana cara pengolahanya,agar daun kenikir ini tidak hilang manfaat yang dikandungnya,sederhana sekali,cuci daun kenikir dengan air yang bersih,kemudian rebus sebentar saja,

Agar hasil rebusan maksimal,usahakan air tersebut pastikan sudah mendidih terlebih dahulu,dan bubuhi sedikit garam,kemudian masukaan daun kenikir tersebut sampai layu dan angkat,selanjutnya terserah anda,mau disiram bumbu pecel,atau tambahkan sambal bajak kesukaan anda,

Demikian sekilas info tentang daun kenikir,semoga ada manfaat bagi para pemirsa semuanya

Terimakasih
Dede Thea



0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami