Halaman

My Alexa

Rabu, 12 Maret 2014

ASAL USUL KENTANG

ASAL USUL KENTANG - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul ASAL USUL KENTANG, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : ASAL USUL KENTANG
link : ASAL USUL KENTANG

Baca juga


ASAL USUL KENTANG



ASAL USUL KENTANG
Kemarin sore ketika saya pulang kerja,maksud saya pulang sehabis kerja “dinas luar”,di pinggir jalan raya ada truck mogok yang muatanya penuh dengan kentang,entah darimana atau mau dikirim kemana
kentang tersebut,yang jelas sangat banyak dan

kelihatan masih fresh,tiba-tiba rekan saya yang duduk didepan menanyakan “darimana sih asalnya kentang? “sambil melirik ke arah
saya yang duduk dibelakangnya,saya hanya terdiam sambil mengingat-ngingat apa yang saya pernah baca di sebuah buku mengenai kentang tersebut.

Hai….!! ditanya  malah melamun ujarnya sambil melemparkan sebutir kacang ke arah muka saya,cukup kaget juga sih namanya juga  lagi melamun hehe,iyaaaahhh nanti saja deh jawabanya saya mau buka dulu buku peririmbon biar jelas jawabanya ujar saya sambil siap-siap turun dari mobil karena sudah sampai di tempat kerja,

Ternyata yang namanya kentang ini berasal dari Amerika Selatan,dan sejak ribuan tahun yang lalu sudah dibudidayakan oleh penduduk disana,tanaman yang satu ini merupakan herba atau tanaman pendek yang tidak berkayu.

Kentang (Solanum tuberosumL.) di Negara Eropa adalah merupakan makanan pokok,orang pertama yang membawa kentang ke Eropa iyalah penjelajah Spanyol dan Portugis,kemudian mengembangbiakan tanaman yang satu ini di Negara tersebut.

Kentang adalah jenis tanaman dari suku solanaceaeyang memiliki umbi batang dan daun , bunga kentang sangat sempura tersusun majemuk ukuranya cuku besar dengan diameternya  kurang lebih 3cm warnanya ungu hingga putih.tanaman semusim ini sangat menyukai iklim yang sejuk,untuk daerah tropis cocoknya ditanam di dataran tinggi.

Berdasarkan penelitian yang namanya kentang ini di Indonesia sudah ada sejak tahun 1794 konon katanya awal mulanya ditanam di daerah Cimahi Jawa Barat,kemudian di pegunungan Tengger ( Seputaran Gunung Bromo ) Jawa Timur  sekitar tahun 1812,sedangkan di Sumatera sudah ada sejak tahun 1811.

Di Indonesia sendiri  kentang merupakan makanan tambahan  ( walaupun ada sebahagian orang yang menjadikanya  sebagai makanan pokok ) dengan cara diolah menjadi macam-macam masakan,disesuaikan dengan  situasi dan kondisi yang sedang berlangsung saat itu.

Makanan popular yang berbahan dasar taman yang mengandung serat tinggi ini diantaranya seperti: Perkedel ( prekedel) French fries ( kentang goreng ) sop ( soup ) keripik,dan masih banyak olahan lainya yang berbahan dasar kentang ini,

Barangkali  sobat blogger ada yang berminat untuk mencoba membuat olahan yang berbahan dasar kentang ( langsung klik saja ) seperti : PudingKentang.atau Sambal Goreng KentangUdang.atau Sambal Goreng TelurPuyuh.dan Kue Lumpur Kentang,silahkan dicopy resepnya gratis lho hehehe.

Demikian yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini,semoga ada guna dan manfaatnya untuk kita semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan,

Terimakaish
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami