Halaman

My Alexa

Rabu, 21 Januari 2015

Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas

Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kumpulan Resep Kue, Artikel Resep Kue Kukus, Artikel Resep Kue Tradisional, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas
link : Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas

Baca juga


Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas

Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas | Bika ambon, emm..., dari namanya mungkin anda mengira kue ini dari Ambon ya?, oups salah lho, kue ini merupakan kuliner tradisional asli dari Medan. Lho kok bisa?, Nah sejarahnya, kue ini di ilhami dari kue melayu yaitu bingka (bingko/bika), sedangkan kata ambon itu sendiri didapat karena pertama kali kue ini dijual di jalan Jl. Ambon - Sei Kera, Kota Medan.

Dengan cita rasanya yang manis dan tekstur lembut dan kenyal, kue bika ambon ini digemari oleh banyak orang, kue ini sudah menyebar luas dikalangan masyarakat Indonesia dan dapat dengan mudah ditemukan ditoko-toko kue tradisional di hampir semua kota-kota besar, kue ini sangat cocok disajikan bersama secangkir teh hangat menemani waktu senggang bersama keluarga atau bisa juga disajikan sebagai menu sarapan pagi.
Resep Bika Ambon Asli Medan | Resep Kue Tradisional Khas
Nah bagi anda yang penasaran dan sudah tidak sabar ingin membuat sendiri kue ini dirumah, berikut kami sajikan resep kue bika ambon ini untuk anda.

Bahan 1:
  1. 100 g tepung terigu (protein sedang).
  2. 125 ml air.
  3. 1 pcs ragi instan.
Bahan 2 :
  1. 225 g tepung sagu tani.
  2. 25 g tepung ketan.
  3. 300 ml santan dari 1 butir kelapa.
  4. 300 g gula pasir.
  5. 7 btr telur.
  6. 1/2 sdt kunyit bubuk.
  7. 15 lbr daun jeruk, dicacah.
  8. 2 btg Serai, ditumbuk.
  9. 2 lbr daun pandan.
  10. 1 sdt garam.
Cara membuat kue bika ambon :
  1. Pertama aduk rata semua bahan pada bahan 1, lalu diamkan selama 15 menit.
  2. Pada bahan kedua, rebus santan kelapa bersama kunyit bubuk, daun jeruk, Serai, daun pandan, garam dan gula pasir, aduk terus menerus untuk menghindari agar santan tidak pecah.
  3. Jika sudah mendidih silahkan angkat dan saring dengan ukuran 450 ml.
  4. Sementara itu, pada wadah yang lain campurkan tepung sagu, tepung ketan dan telur, lalu mixer hingga menjadi adonan yang lembut dan rata.
  5. Selanjutnya masukkan rebusan santan hangat sedikit demi sedikit sambil terus dikocok perlahan dengan mixer selama 15 menit, setelah itu diamkan selama lebih kurang 2 jam.
  6. Sekarang panaskan cetakan (loyang atau cetakan kue lumpur), olesi semua sisi cetakan dengan sedikit perutan kelapa tua, jika parutan sudah mengering dan mengeluarkan minyak silahkan bersihkan ampasnya.
  7. Berikutnya panaskan kembali cetakan dengan api besar, lalu tuang adonan sampai setinggi 3/4 cetakan.
  8. Kecilkan api dan biarkan sampai berlubang, tutup dan biarkan sampai matang.
  9. Terus monitor adonan, jika sudah diangap cukup matang silahkan angkat dan dinginkan. Selanjutnya silahkan potong sesuai selera dan sajikan.

Emm bagaimana, cukup mudah bukan "Cara membuat kue bingka ambon asli medan" ini?, semoga resep ini mudah dipahami dan bermanfaat bagi kita semua. Oh ya, untuk berkreasi dengan aneka resep kue tradisional lainnnya silahkan baca koleksi resep kami di "Aneka Resep Kue Tradisional Praktis Terbaru", Terimakasih.

Baca Juga:

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami