Halaman

My Alexa

Selasa, 12 Juli 2016

Ternyata Ketupat Lebaran Itu Banyak Ragamnya. Cek Saja Langsung Berikut Ini..

Ternyata Ketupat Lebaran Itu Banyak Ragamnya. Cek Saja Langsung Berikut Ini.. - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ternyata Ketupat Lebaran Itu Banyak Ragamnya. Cek Saja Langsung Berikut Ini.., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kerajinan Tangan Tradisional, Artikel Kerajinan Tangan Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ternyata Ketupat Lebaran Itu Banyak Ragamnya. Cek Saja Langsung Berikut Ini..
link : Ternyata Ketupat Lebaran Itu Banyak Ragamnya. Cek Saja Langsung Berikut Ini..

Baca juga


Ternyata Ketupat Lebaran Itu Banyak Ragamnya. Cek Saja Langsung Berikut Ini..

Ragam Bentuk Ketupat Untuk LebaranRagam Kerajinan Tangan. Ketupat atau sering disebut juga dengan nama kupat adalah hidangan Asia Tenggara maritim. Ketupat lebaran memiliki bahan dasar berupa beras yang di bungkus dengan anyaman daun kelapa yang masih muda atau terkenal dengan sebutan janur.

Kebiasaan lebaran ketupat sering dihubungkan dengan peran beberapa wali, terlebih walisongo dalam penyebaran Islam di Indonesia. Kebiasaan lebaran ketupat yang diadakan pada hari ke tujuh bln. syawal juga adalah kebiasaan khas Indonesia yang umum dikatakan sebagai “hari raya kecil” sesudah melakukan puasa syawal sepanjang 6 hari atau puasa kecil dibanding dengan Idul Fitri yang didahului puasa Ramadhan sepanjang 1 bln.. Sesuai dengan sunnah nabi, sesudah memperingati Idul Fitri, umat Islam disunnahkan puasa sepanjang 6 hari, yang untuk umat Islam di Indonesia di kemudian hari diperingati sebagai Lebaran Ketupat atau Syawalan. 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran


Nah, umumnya, ketupat lebaran yang kerap didapati dalam keseharian masyarakat Indonesia memiliki bentuk yang senantiasa sama, sisi empat simpel. Walau sebenarnya, ada beragam type ketupat lebaran yang di kenal orang-orang Melayu atau Asia Tenggara, tetapi sebagian besar memanglah kurang popular lantaran cuma sedikit orang yang pintar menganyamnya. 

Ragam Bentuk Ketupat Lebaran

Berikut ini merupakan sebagian type ketupat yang bisa kita jadikan ketupat lebaran disertai dengan gambar ketupat lebaran: 

1 Ketupat Pasar (Satay) 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Pasar


Ketupat pasar kelihatannya adalah jenis ketupat lebaran yang seringkali didapati dalam keseharian. Memiliki bentuk seperti bantal persegi empat. Ketupat ini kerap juga disebut sebagai ketupat satay, sebab senantiasa dipakai oleh penjual satay (sate) sebagai hidangan pendamping satay mereka. Serta ini juga sebab kenapa dinamakan sebagai ketupat pasar, sebab ketupat ini banyak didapati di pasar. Dengan bentuk sisi empat, ketupat ini gampang dipotong-potong sebelum disantap, hmm nyamm nyamm.. 


2 Ketupat Bawang 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Bawang


Ketupat bawang adalah ketupat yang cukup popular serta cukup gampang membuatnya. Reka bentuk ketupat ini juga cukup menarik serta cantik. Memiliki bentuk seperti sebiji bawang besar, karenanya diberi nama ketupat bawang, dan banyak digunakan juga sebagai ketupat lebaran. 


3 Ketupat Burung 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Burung


Mungkin, lantaran memiliki bentuk seperti burung, maka ketupat ini disebut sebagai ketupat burung. Memiliki bentuk lumayan ringkas serta cukup gampang membuatnya. Ketupat type ini pas di buat bila daun kelapa yang ada, memiliki ukuran pendek. Bila daun kelapa panjang, rasa-rasanya cukup berlebihan bila bikin ketupat type ketupat burung ini. 

Ketupat burung ini mempunyai beberapa versus, serta umum juga dipakai dalam hiasan janur. 


4 Ketupat Hati 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Hati


Ketupat type ini sangatlah tidak sering atau jarang didapati dari anyaman kelapa. Saat ini, ketupat jantung seringkali dianyam dari pita sebagai hiasan lantaran memiliki bentuk yang melambangkan cinta (love). 


5 Ketupat Jantung 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Jantung


Ketupat type ini juga sangatlah jarang untuk didapati. Memiliki bentuk agak bulat seperti jantung. 


6 Ketupat Daun Palas 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Daun Palas


Ketupat daun palas umumnya di buat untuk teman makan pulut. Walau simpel, namuan tak kebanyakan orang dapat merangkainya. Serta sesuai dengan namanya, ketupat ini dibuat dari daun palas, bukanlah daun kelapa. 


7 Ketupat Kotak (Kubus/Dadu) 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Dadu/Kotak


Type ketupat yang satu ini juga cukup cantik, serta umumnya di buat dalam ukuran kecil hingga tampak imut. Kerap juga disebut sebagai ketupat dadu. 


8 Ketupat Kon/Pucuk (Piramid) 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Kon


Memiliki bentuk begitu cantik serta menarik, namun sangatlah jarang didapati. Dengan puncak ketupat yang berbentuk meruncing,  maka ketupat ini sering dinamakan sebagai ketupat pyramid.


9 Ketupat Kembar 

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Kembar Siam


Memiliki bentuk nyaris seperti ketupat pasar, tetapi di buat kembar siam atau berganda hingga tampak cantik. Ketupat ini dapat juga di buat dari pita sebagai hiasan. 


10 Ketupat Variasi Bentuk Kucing  

Ragam Bentuk Ketupat Untuk Lebaran
Ketupat Kucing


Sesuai dengan perkembangan serta kreatifitas, banyak nampak kreasi type ketupat baru yang unik serta cantik, seperti ketupat kucing berikut ini. Dimaksud ketupat kucing, lantaran memiliki bentuk menyerupai kucing.


11 Ketupat Pedal

Apakah ketupat yang bisa dijadikan ketupat lebaran ini bentuknya seperti pedal? Anda lihat sendiri saja, saya juga bingung he..he..


12 Ketupat Piramid

Bentuk Mirip sekali dengan piramid di Mesir


13 Ketupat Kucing

Paling unik bentuk ketupat ini bener bener mirip kucing.



14 Ketupat Kambing / Domba
Ga terlalu mirip kambing juga sih but it's ok 


15 Ketupat Siput

Hanya buat hiasan aja ketupat ini, atau bisa saja anda menjadikannya sebagai ketupat lebaran. Itu hak anda .


16 Ketupat Bebek

Ini juga hanya buat hiasan soalnya bentuknya kecil, pasti ga kenyang klo untuk dimakan.


17 Ketupat Ikan

Ini juga paling paling buat gantungan kunci ketupat ikan ini


18 Ketupat Angsa

Buat hiasan bagus juga ini ketupat

19 Ketupat Kepiting

Apakah ketupat ini benar benar mirip dengan kepiting ?


20 Ketupat Ikan Bandeng 

Seperti namanya, ketupat ini dibuat mirip ikan bandeng. Ketupat ini pas untuk kamu yang hobby mancing, hingga diliat dari ketupat ini orang dapat tahu hoby anda. 


21 Ketupat Manggis 

Bentuk kulit ketupat yang unik yang lain yakni bentuk ketupat manggis yang dapat terbuat dari daun lontar maupun janur kelapa. Bikin bentuk ketupat manggis ini lebih rumit dibanding bikin ketupat pada umumnya. Namun karenanya ada video yang bisa anda lihat, jadi anda dapat membuatnya dengan gampang. 


22 Ketupat Kuda 

Selain dapat dibuat jadi ikan bandeng serta manggis, kulit ketupat dapat juga lho dibuat jadi kuda, meskipun bentuk pada akhirnya tampak seperti burung atau ayam dibanding kuda, ha..ha.. . 


23 Ketupat Katak 

Seperti kertas origami yang dapat dilipat mirip katak, ketupat dapat juga dibuat mirip katak, komplit dengan kakinya. 


24 Ketupat Piramida 

Piramida yang ada di Mesir nyatanya dapat juga kita buat pada kulit ketupat untuk lebaran. Langkahnya dapat anda saksikan pada video diatas. 


25 Ketupat Bantal/Balok 

Ketupat bantal ini dapat lebih kurang serupa dengan ketupat umum. Bila ketupat umum berupa iris ketupat, maka ketupat bantal ini bentuknya lebih serupa dengan jajargenjang. 


26 Ketupat Guling 

Bantal akan tidak komplit tanpa adanya guling. Karenanya dibuatlah ketupat guling ini. Dasarnya sama dengan ketupat bantal, cuma di buat lebih panjang. 


27 Ketupat Sate 

Tak tahu mengapa dimaksud ketupat sate, walau sebenarnya memiliki bentuk tak mirip sate. 


28 Ketupat Nanas 

Dapat dikatakan ketupat nanas ini yaitu ketupat yang peling susah di buat. Saksikan saja videonya, di buatnya pun hingga 2 sisi.



Jenis Ketupat Indonesia Yang Nyaris Punah


Kalau yang berikut ini merupakan bentuk ketupat asli Indonesia yang nyaris punah :

1. Ketupat geleng 

Ketupat geleng berupa persegi panjang seperti ketupat bata, tetapi tanpa ada helaian janur yang menjuntai keluar. 


2. Ketupat sari 

Ketupat sari ini berupa segitiga sama sisi tetapi lebih kecil dari pada ketupat jago. Helaiannya keluar di pojok kanan serta kiri. 


3. Ketupat debleng (sintok) 

Ilustrasi ketupat dengan bentuk iris ketupat sesungguhnya mengikuti ketupat debleng, sinta, atau sintok. Ujung janurnya keluar di dua pojok yang berseberangan. Ketupat ini melambangkan wanita cantik serta berbudi mulia, sesuai dengan harapan anak wanita yang bakal lahir. Ketupat ini memakai empat helai janur. 


4. Ketupat Sidapurna 

Memiliki bentuk seperti huruf P terbalik atau kipas sate dengan hiasan lipatan janur serupa pita di satu diantara sudutnya. Pojok yang bawahpun dilipat sebagai hiasan. 


5. Ketupat Bebek 

Ketupat bebek juga adalah satu diantara bentuk kecil dari anyaman janur. Sisi bawahnya sedikit membulat, sesaat ujungnya dilewatkan agak panjang serta miring ke atas serupa mulut bebek. 


6. Ketupat Gatep 

Ketupat gatep serupa dengan ketupat bebek, tetapi memiliki bentuk lebih serupa huruf d kecil.


Anda masih memiliki bentuk-bentuk ketupat untuk lebaran lainnya? Anda bisa share di kolom komentar di bawah .. Silahkan untuk terus mengikuti update update terbaru seputar kerajinan tangan yang tentunya semakin menarik untuk di baca dan kita praktekkan. Syukur syukur bisa menjadi mata pencaharian untuk mendapatkan penghidupan sebagai pengusaha kerajinan tangan.


0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami