Halaman

My Alexa

Senin, 10 Februari 2014

BUAH KENANGAN

BUAH KENANGAN - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BUAH KENANGAN , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Serba serbi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BUAH KENANGAN
link : BUAH KENANGAN

Baca juga


BUAH KENANGAN



BUAH KENANGAN.Assalamu’alaikum wr wb,hari kamis tgl  6 – 02 – 2014 saya beserta rekan-rekan satu kerjaan mengadakan outing ke Bhakti Alam dalam rangka Ulang tahun yang ke 17 perusahaan tempat kami bekerja,Bhakti Alam adalah Agro Wisata yang cukup terkenal karena tempatnya yang sangat sejuk serta dilengkapi dengan berbagai macam buah-buahan  yang tertata dengan baik disana kita bukan hanya sekedar berkeliling di kebun  tetapi juga dapat mencicipi buah-buahan tersebut secara gratis.


Bhakti Alam terletak di Nongkojajar Pasuruan Jawa Timur,tepatnya di desa Ngembal Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan,pada ketinggian 450 – 550 dpl,seiring dengan perkembanganya hingga saat ini Bhakti Alam sudah melengkapi koleksi tanamnya yang sangat-sangat eksotis sehiingga membuat kita betah untuk berlama-lama tinggal disana.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa yang namanya Agrowisata  adalah tempat berkumpulnya segala jenis buah-buahan seperti :Durian,Sawo,Nangka, Cerry,Buah Naga ,Alpukat,Paprika,Tomat dan masih banyak lagi buah-buah  lainya,namun semua itu sudah bukan  sesuatu yang asing buat kami,yang membuat saya takjub adalah lebih kepada  system yang diterapkanya,sehingga apapun yang ada disana Nampak bagus dan indah.

Selesai makan siang di sebuah bangunan  luas dan sangat terawat yang disebut Pendopo,saya melihat ada sebuah pohon yang buahnya sangat lebat sekali,dan saya kenal betul dengan buah yang satu ini.namun beberapa tahun kemudian saya tidak pernah lagi melihatnya,dan sekarang saya temuka di Bhakti Alam ini, waw luarbiasa,dialah yang disebut “Buah  Gowok

Buah Gowok adalah merupakan pohon buah anggota suku jambu-jambuan atau Myrtaceaeyang berasal dari Indonesia, khuysusnya Jawa dan Kalimantan,namanya “ Gohok “ untuk orang orang Betawi,sedangkan orang sunda menyebutnya buah Kupa,dan orang jawa menyebutnya buah Gowok / dompyong.

Gowok biasanya tumbuh liar di hutan-hutan sekunder  pada ketinggian 200 – 1800m dpl,selain itu Gowok juga banyak di tanam di pekarangan ,di kebun,atau tanah kosong di sekitar para petani lainya,gowok ditanam untuk diambil buahnya,dan kerap diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional sebagai bahan untuk membuat rujak.

Buah Gowok merupakan buah kenagan khususnya bagi saya sendiri,dimana waktu dulu semasa masih sekolah SD buah yang satu ini selalu jadi rebutan,hampir setiap pulang sekolah kami berlomba memanjat poho buah ini secara ramai-ramai,soal keselamatan tidak pernah terfikirka,yang penting bisa bawa pulang kerumah,maklum jaman dulukan belum  ada buah-buah lain seperti sekarang,kalaupun ada itu hanya ditempat orang-orang tertentu ,dan kita tidak bisa mengambinya begitu saja,sedangkan buah Gowok ini tumbuh di belakang sekolah dan boleh diambil oleh siapa saja.

Demikian yang bisa saya postingkan kali ini,yaitu mengenai buah Gowok,dimana buah Gowok tersebut merupakan kengan masa lalu yang tidak akan pernah terlupakan,kurang dan lebihnya saya mohon maaf,dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.

Terimakaish
Dede Thea
 

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami