Halaman

My Alexa

Kamis, 20 Februari 2014

MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning

MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel daging sapi, Artikel masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning
link : MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning

Baca juga


MeatLoaf (a.k.a Rolade bule) dan Acar Kuning




Stok daging giling di kulkas masih ada sekilo. Tapi belum lama kemarin baru saja mbakso dan bikin perkedel daging. Pengen masak yang berbeda tapi males ribet. Kemudian ingat pernah lihat video tutorial meatloaf dari allrecipes.com, yang menurut saya sih super simpel dan gampang. Bahannya minimalis dan minim kerja (itu yang dicari.. :P)
Meatloaf ini masakan homey-nya orang amerika. Katanya sih udah resep turun temurun. Mungkin kalau di indonesah ya macem opor ayam gitu kali ya (sok tahu, hehe)
Singkat cerita, saya bikin itu meatloaf dengan loyang pirex yang saya punya. Mudah dan ga ribet. Baru saja saya angkat dari oven, eh ada tamu datang. Paaass..banget, untung masakan udah jadi. Langsung aja saya minta cicipi sekalian makan siang di rumah. Katanya enaak sodara-sodara. Mengingatkan pada rolade daging versi indonesia yang digulung pake telor tea.. Padahal saya sendiri malah belum pernah coba bikin rolade daging yang versi itu :p


Yuk mari, saya bagi resepnya.. Ini versi yang saya sudah modif ya


Ingredients:

1/4 cup (55 gram) packed brown sugar
1/2 cup (120 ml) ketchup
1/2 cup (120 ml) milk
1 1/2 pound (650 gram) ground beef
2 eggs
1 1/2 tsp salt
1/4 tsp ground black pepper
1 small onion, chopped and sauteed
3/4 cup breadcrumbs

Direction:

  1. Preheat oven to 350 degrees F (175 degrees C). Lightly grease a 5x9 inch loaf pan.
  2. Mix ketchup with brown sugar. Set aside
  3. In a mixing bowl, mix thoroughly all remaining ingredients and shape into a loaf. Pour the ketchup mixture on top of it.
  4. Bake in preheated oven for 1 hour or until juices are clear

Saya mengikuti saran dari para reviewer yang sudah mencoba resep ini, yaitu dengan menuangkan saus bukan di bawah loyang tapi di atasnya. Hasilnya seperti di foto, sausnya ada di atas. Lebih enak dan lebih cantik. Dan onion bisa diganti dengan bawang merah saja kemudian ditumis dulu sbelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
Dan karena saya orang indonesah tulen, teteup makannya harus pake nasi. Untuk pendampingnya saya bikin acar kuning. Segeerr.. Menurut saya, ini perpaduan yang mantab :D
Untuk acar kuningnya, saya pakai resep yang sering saya pakai sehari-hari.

Bahan-bahan:
2 buah wortel, potong-potong panjang
3/4 buah mentimun panjang, buang bagian dalam, potong-potong panjang
1 butir shallot* (4 butir bawang merah)
2 siung bawang putih 
2 butir kemiri
1/4 std kunyit bubuk
100 ml santan
1/2 lemon, peras airnya
gula dan garam secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan shallot, bawang putih dan kemiri
2. Tumis bumbu halus dan kunyit hingga wangi, masukkan wortel. Tumis sebentar kemudian masukkan santan.
3. Setelah wortel agak matang, masukkan mentimun. Aduk sebentar. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Masukkan perasan lemon. Angkat

Selamat mencoba ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami