Halaman

My Alexa

Jumat, 21 Februari 2014

MANFAAT BUAH PISANG

MANFAAT BUAH PISANG - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MANFAAT BUAH PISANG, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MANFAAT BUAH PISANG
link : MANFAAT BUAH PISANG

Baca juga


MANFAAT BUAH PISANG



MANFAAT BUAH PISANG
Assalamu’alaikum wr wb.Hampir semua orang di Indonesia bahkan di Dunia sudah mengetahui keberadaan buah “Pisang” namun  yang mengetahui secara detail tentang buah yang satu ini saya rasa masih sedikit sekali,terbukti ketika saya melakukan survey kecil-kecilan kepada teman-teman satu kerjaan ( sekitar 100 Orang )  tentang buah pisang dengan pertanyaan sederhana yaitu “ Apasih buah pisang itu? Apa saja sih yang terkandung dalam buah pisang itu ? “ 99 % mereka
 menjawab “ tidak tahu 

Tapi saya yakin teman-teman bloger semua dimanapun anda berada pasti sudah pada tahu,kalaupun ada yang belum tahu saya rasa hanya sedikit saja hehe,ma’af bukan berarti saya sok tahu tentang hal ini,sama sih awalnya saya juga tidak tahu hehe,namun setelah baca-baca dan Tanya-tanya sama orang yang lebih ahli dalam perpisangan ahirnya tahu juga,dan pengetahuan ( walau sedikit ) tersebut ingin saya bagikan lagi melaului tulisan di blog sederhana ini,siapatahu ada guna dan manfaatnya untuk kita semua.

Pisang ( bahasa Indonesia ) Cau ( baha sunda ) dan orang Jawa Timur menyebutnya “Gedang”adalah nama umum yang diberikan kepada tumbuhan terna besar  yang berdau lebar raksasa ini,dan menghasikan buah konsumsi yang dinamakan Pisang,buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok tersusun menjari yang disebut sisir.

Buah pisang adalah bahan makanan yang merupakan sumber energy ( karbohidrat ) dan mineral serta kalium,perlu kita ketahui bahwa tida semua pisang menghasilkan buah konsumsi seperti yang kita lihat sehari-hari,tapi ada jenis lainya ( yang tidak menghasilkan buah ) yaitu pisang abaka,pisang hias,dan pisang kipas.

Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia ( Asia Tenggara,Papua dan Australia ) pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis,tumbuhan yang satu ini sangat menyukai iklim tropis panas dan lembab,terutama di dataran rendah,atau di daerah hujan merata sepanjang tahun , dan buah pisang ini dalam produksinya tidak mengenal musim,yaitu dapat berbuah sepanjang tahun.

Pisang adalah merupakan buah tropis yang menjadi buah favorit untuk sebahagian orang ( masih ada lho yang nggak doyan pisang )  selain rasanya yang aduhai dan manis buah ini juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi,boleh dimakan secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu seperti dibuat pisang goreng,pisang bakar atau bahkan dijadikan kue serta roti pisang.

Karena buah pisang ini  sangat kaya akan nutrisi yang dikandungnya maka tidak ada salahnya kalau buah yang satu ini dimasukan kedalam daftar menu dessert( makanan pencuci mulut ) harian yang wajib di konsumsi setiap harinya,dan perlu anda ketahui bahwa satu buah pisang mengandung 110 kalori dan buah pisang ini merupakan buah yang bebas lemak dan kolestrol.

Pisang sangat terkenal akan kandungan potasiumnya,dengan kadar potassium hampir mencapai 400 mg untuk pisang berukuran sedang,lha bagaimana kalau pisangnya sebesar Tugu Monas berapa juta potasium yang ada didalamnya hahaha ( guyon ) dan potassium tersebut berguna untuk menjaga kesehatan jantung kita,selain itu potassium juga sangat baik untuk fungsi otot dan saraf serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sama seperti buah lainya Pisang juga kaya akan vitamin” C” rata-rata satu buah pisang berukuran sedang mengandung 10mg vitamin C atau sekitar 15 % dari rekomendasi vitamin C harian ,selain vitamin C pisang juga mengandung vitamin B6 ( lho ko bisa ? bukankah vitamin B6 itu dari product hewani ? ) itulah kehebatan pisang yaitu vitamin B6 yang disebut pyridoxine,satu buah pisang mengandung 35% dari rekomendasi vitamin B6 harian,gunanya untuk menumbuhkan sel-sel baru dalam tubuh kita.

Pisang juga mengandung “Mangan”mangan adalah mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk tulang yang sehat dan metabolisme,satu buah pisang beukuran sedang mengandung sekitar 3mg mangan untuk mencukupi kebutuhan harian.
Serat yang terkandung dalam buah yang satu ini sekitar 3 gram dari sebuah pisang berukuran sedang ,serat selain untuk menyehatkan pencernaan juga serat ini kita butuhkan untuk menjaga perut agar terasa kenyang lebih lama.

Nutrisi lain yang terkandung dalam buah pisang ( walupun ukuranya sedikit ) tapi sangat membantu untuk kesehatan tubuh kita yaitu: Magnesium.Kalsium.Fosfor.Vitamin A dan E .folat .Karoten serta asam amino.

Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energy utama,makanlah pisang terutama setelah berolahraga untuk mengembalikan energy yang hilang,makan satu buah pisang direkomendasikan setelah sarapan gunanya untuk menjaga pasokan energy supaya tetap bertahan sampai waktunya makan siang ( Lunch )

Pisang adalah salahsatu buah-buahan yang mudah dicerna saat anda menderita gangguan pencernaan,pisang juga sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan anda bekerja keras,bahkan pisang yang dihaluskan ( dilumat )  sering dipakai sebagai makanan padat yang diperuntukan bagi bayi.

Demikian sekilas tentang buah pisang ,semoga ada guna dan manfaatnya untuk anda semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya ,dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari kekhilafan serta kesalahan,oh yah untuk anda yang ingin membuat olahan pisang sederhana resepnya bisa anda lihat disini.

Terimakaish
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami