Halaman

My Alexa

Selasa, 18 Februari 2014

MANFAAT KUBIS/KOL

MANFAAT KUBIS/KOL - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MANFAAT KUBIS/KOL, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Education, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MANFAAT KUBIS/KOL
link : MANFAAT KUBIS/KOL

Baca juga


MANFAAT KUBIS/KOL



MANFAAT KUBIS.Assalamu’alaikum wr wb.Satu lagi bahan sayuran yang pernah saya lihat secara langsung di kebunya,sehingga bisa dengan leluasa memperhatikan dari mulai bagian bawah hingga bagian atasnya,dia berdiri tegak seolah menantang langit,dialah yang disebut Kubis/kol/kobis ( cabbage )atau dalam bahas ilmiahnya : Brassica oleracea,kelompok Capitata yang satu ini hanya dimanfaatkan daunya saja untuk dimakan.

Daun sayuran ini tersusun sangat rapi dan rapat sekali dan membentuk bulatan sempurna,namun terkadang bulat agak gepeng,bentuk tersebut biasanya disebut krop atau kepala ( capitata artinya berkepala ) sayuran berdaun lebar ini berasal dari Eropa Selatan dan Eropa Barat,walaupun tidak ada bukti secara tertulis atau peninggalan arkeologi yang kuat ,namun diyakini bahwa tanaman ini adalah sebagai Pemeliaan terhadap  kubis liar B.oleracea var sylvestris.

Warna hijau pucatnya menjadi ciri khas tersendiri,bagi sayuran yang pernah diperkenalkan oleh orang Eropa yang tinggal di Hindia Belanda ini,makanya ada juga yang menyebutkan namanya dengan sebutan“kol”yang konon katanya diambil dari bahasa Belanda yaitu:” kool”.

Kubis bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan,atau diolah untuk menjadi bahan campuran masakan lain,seperti :Miegoreng,Siomay,Cap cay,Bala-bala,Nasi goreng jawa,Mie goreng Jawa,dan masih banyak lagi kegunaan dari sayuran yang satu ini,

Kubis akan tumbuh subur apabiala ditanam pada tanah sarangan,( tanah yang tidak becek ) walaupun relative tahan akan suhu tinggi ,namun biasanya pertumbuhanya akan sempurna apabila ditanam pada tanah atau tempat ketingian 400m dpl,dan tanaman ini sangat rentan terhadap ulat pepakan daun Plutella

Harga jual kubis ditentukan oleh penampilanya sendiri,apabila kubis ini mulus artinya tidak Nampak lubang bekas gigitan ulat,maka harga standar kubis itu sendiri akan diberlakukan,tapi sebaliknya apabila kubis tersebut penuh dengan cacat seperti bekas gigitan ulat maka harganyapun akan jatuh (  murah ) makanya sering dijumpai para petani yang melakukan penyemprotan dengan menggunakan obat insektisida dalam jumlah yang berlebihan,dimaksudkan agar kubis tidak dilubangi oleh ulat-ulat pemakan daun.

Selain enak untuk dimakan ternya yang namanya kubis ini kaya akan vitamin C kubis lebih banyak menyimpan vitamin C dibandingkan dengan buah Jeruk,oleh karena itu kubis menjadi salah satu anti oksidan terbaik,yang mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh kita.

Kekurangan serat bukan hal yang bisa diabaikan begitu saja ,karena kekurangan serat akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit  seperti: Sembelit,sakit Mag.sakit Kepala,kanker usus dan gangguan pencernaan,penyakit kulit,seperti eksim dan penuaan dini,maka dengan mengkonsumsi yang namanya kubis ini bisa untuk menolak penyakit tersebut diatas.

Kubis memiliki banyak kandungan sulfur yang mampu melawan infeksi,kekurangan sulfur akan menyebkan infeksi mikroba dan penyembuhan luka jadi melambat,selain itu kubis juga mampu melawan infeksi pada luka dan bisul,jadi mengkonsumsi kubis secara teratur bisa meminimalisir serangan penyakit yang diakibatkan oleh kekurangan sulfur.

Selain itu yang namanya kubis ini kaya akan kandungan yodium yang membantu kerja otak dan sistim saraf,juga selain itu kubis sangat baik dalam mengobati gangguan neurotic seperti penyakit Alzheimer.( sejenis sidrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat bersamaan )

Demikian postingan kali ini,semoga ada guna dan manfaat bagi anda semua,kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,dimana saya hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan.

Terimakaisih
Dede Thea

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami