Halaman

My Alexa

Rabu, 08 Juni 2016

BITTERBALEN TUNA KEJU

BITTERBALEN TUNA KEJU - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BITTERBALEN TUNA KEJU, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel gorengan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BITTERBALEN TUNA KEJU
link : BITTERBALEN TUNA KEJU

Baca juga


BITTERBALEN TUNA KEJU



Bismillahirrohmanirrohim

3 Ramadhan 1437 H. 
Setelah kemarin bikin yang manis-manis mulu, sekarang kita bikin yang gurih-gurih aja yuuk. Jangan bayangin cheese cake dulu ya karena saya lagi baking blue hihihi. Jadi kita bikin gorengan aja yaaak, tuh kan akhirnya ke gorengan. Kali ini saya bikin bitterbalen tuna keju. Bitterbalen ini mirip dengan kroket, tetapi terbuat dari campuran terigu, margarin dan susu, sedangkan kroket berbahan dasar kentang. Teksturnya lembut dan bisa dipadukan dengan berbagai bahan, misalnya ayam, daging, tuna atau bahkan jamur. Bikinnya gampang dan bisa difrozen juga. Lumayan sekali untuk stok camilan.

Kali ini saya membuat bitterbalen tuna keju. Memanfaatkan tuna kaleng yang masih ada sebiji nih ceritanya. Lebih oke kalau pakai tuna segar ya, tinggal diberi garam, gula dan air jeruk nipis kemudian dikukus. Setelah dikukus baru deh disuwir-suwir dan bisa digunakan atau bisa juga digoreng sebentar. Saya tambahkan keju parut di adonannya, tadinya malah pengan dikasih mozarella yang dipotong kotak biar kalau dimakan  panas-panas bisa melted kejunya. Tapiiii...mozarella-nya lupa didefrost dari freezer hahaha. Ya wis laaah gak usah pakai mozarella.







Bitterbalen ini saya buat yang versi mini, tumben nih lagi rajin ngebuletin kecil-kecil hihihi. Dari 1 adonan ini jadi 45 pcs bitterbalen mini.

BITTERBALEN TUNA KEJU

Bahan :
100 gr margarin
1 bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, memarkan dan cincang halus
200 gr tuna (saya pakai tuna kaleng)
150 gr tepung terigu serbaguna
300 ml susu cair
75 gr keju cheddar parut
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapis :
3 butir telur, kocok lepas (saya pakai stok putih telur)
Bread crumbs secukupnya

Cara Membuat :
1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu.
2. Masukkan suwiran tuna, aduk-aduk  kemudian masukkan tepung terigu. Aduk hingga berbulir-bulir.
3. Tuang susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk, masukkan keju parut, garam, merica bubuk dan gula pasir. Aduk hingga mengental dan lembut.
4. Masak terus hingga adonan kalis dan test rasa hingga sesuai selera. Matikan api dan biarkan hangat.
5. Bulatkan adonan, gulingkan di bread crumbs, celup ke kocokan telur dan gulingkan lagi di bread crumbs. Lakukan hingga habis.
6. Simpan di kulkas selama kurang lebih 1 jam agar pelapis menempel.
7. Panaskan minyak, goreng hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan.




Sajikan dengan saus sambel favorit atau saus mayonaise, enaaak lho. Boleh juga lah kalau dinikmati dengan cabe rawit hihihi.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami