Halaman

My Alexa

Kamis, 02 Juni 2016

NOSTALGIA BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM

NOSTALGIA BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul NOSTALGIA BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Brownies Kukus, Artikel coklat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : NOSTALGIA BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM
link : NOSTALGIA BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM

Baca juga


NOSTALGIA BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM




Bismillahirrohmanirrohim

Uhuuy...judulnya brownies kukus nostalgia ya >_<  Dibilang nostalgia karena memang dulu saya hampir tiap hari bikin brownies kukus alias browkus. Jaman saya masih aktif terima pesanan via Dapur Nays, Alhamdulillah browkus adalah salah satu varian best seller. Teksturnya yang lembut dengan rasa coklat yang intens membuat browkus ini banyak sekali penggemarnya. Customer juga bisa memilih aneka varian topping sesuai dengan selera. 

Selain menjadi favorit customer, browkus ini juga jadi favorit keluarga saya. Sempat heran juga karena kayanya kok gak ada bosennya makan browkus, padahal seriiiing banget. Kalau pas saya lagi hectic terima pesanan, anak-anak saya tuh bisa rebutan sisa trim browkus ini hahahah. Melas banget deh ya. Naah...setelah Dapur Nays off, saya jarang deh bikin browkus ini. Lebih sering bikin brownies panggang karena menurut saya lebih simple, tanpa mixer dan seringnya tanpa timbangan karena pakai measuring cup. 

Ternyata kangen juga kaan lama gak bikin browkus, akhirnya pas lagi luang saya sempatkan bikin browkus lagi. Seperti halnya saat jualan dulu, saya pakai resep browkus andalan yaitu resep dari Ny. Liem. Kayanya resep browkus ini memang jadi resep andalan buat jualan deh ya. Saya yakin banyak banget yang sudah hafal dengan resep ini. Tapiii...dalam rangka nostalgia saya tuliskan lagi yaa.







BROWNIES KUKUS ALA NY. LIEM

Bahan :
6 butir telur
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
125 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk
175 gr minyak sayur
100 gr DCC cincang dan lelehkan
75 gr susu kental manis coklat (SKM) ---> optional

Cara Membuat :
1. Panaskan kukusan dan siapkan 2 buah loyang 30x10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang 20x20 cm, oles dengan margarin / minyak, alasi kertas roti dan oles kembali. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan. 
3. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier hingga mengembang dan kental. Masukkan campuran terigu dan coklat bubuk, aduk hingga rata atau dikocok menggunakan mixer speed rendah.
4. Campurkan minyak sayur dan DCC leleh kemudian masukkan ke dalam adonan. Aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.
5. Ambil sedikit adonan, kurang lebih 75 gr campur dengan SKM. Aduk hingga rata.
6. Tuang separuh adonan sisa ke dalam loyang, kukus selama 10-15 menit, buka kukusan dan tuang adonan yang sudah dicampur SKM. Kukus lagi selama 5 menit kemudian tuang sisa adonan dan kukus hingga matang. Lakukan test tusuk ya.
7. Angkat, balikkan dari loyang dan biarkan dingin baru diberi topping.

Notes :
1. Apabila menggunakan kukusan biasa, jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih agar uap air tidak jatuh ke browkus. Apabila menggunakan klakat yang tutupnya berbentuk limas, tidak perlu dibungkus serbet tidak apa.
2. Gunakan api sedang ketika mengukus brownis. Saya cenderung menggunakan api sedang cenderung kecil karena apabila api terlalu besar makan permukaan browkus akan bergelombang. Kalau menggunakan api besar cenderung kecil memang matangnya akan lebih lama ya, tapi permukaan browkusnya bisa rata.
3. SKM bisa diskip ya karena fungsinya untuk membuat lapisan tipis coklat. Lapisan bisa juga diganti menggunakan keju slice, itu enaaak deh.

Kali ini saya memakai topping ganache ekonomis. Kenapa disebut ekonomis karena ganache ini tidak memakai whipcream hehehe. Bisa diprotes chef Prancis nih yaa...karena pakemnya ganache kan memang pakai whipcream >_<  Walau versi ekonomis, tapi enak juga kok, lumayan laaah. Bahannya hanya susu cair, DCC dan madu atau unsalted butter. Saya biasanya menggunkan perbandingan susu cair dan DCC  1:2. 

CHOCOLATE GLAZE / GANACHE EKONOMIS

Bahan :
100 ml susu cair
200 gr DCC cincang
2 sdm madu / unsalted butter

Cara Membuat :
1. Panaskan susu, tidak perlu hingga mendidih, cukup hingga timbul gelembung-gelembung di tepi panci. Matikan api.
2. Masukkan DCC cincang, aduk hingga DCC leleh dan teksturnya lembut. Masukkan madu atau unsated butter. Aduk hingga rata.
3. Siap digunakan. 




Alhamdulillah browkus ini tetap disuka keluarga saya. Sukaa banget karena nyoklat dan lembut banget. Hayuk yang lama gak bikin browkus, kita nostalgia bikin lagi yuuk heuheuheu.

Happy Steaming...semoga bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami