Halaman

My Alexa

Rabu, 18 Mei 2016

LEMON BUTTERCAKE

LEMON BUTTERCAKE - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul LEMON BUTTERCAKE, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel cake, Artikel Lemon, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : LEMON BUTTERCAKE
link : LEMON BUTTERCAKE

Baca juga


LEMON BUTTERCAKE



Bismillahirrohmanirrohim

Beberapa hari ini berseliweran lemon cake di IG dan seperti biasanya saya jadi pengen bikin juga. Sebenarnya saya sudah pernah posting tentang lemon cake, bisa dilihat disini dan disini. Resep yang saya tulis kali ini berbeda ya dengan yang dulu saya posting. Kali ini saya membuat lemon cake dengan menggunakan buttercake type. Buttercake adalah cake yang dibuat dengan cara mengocok butter / margarin dengan gula terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan telur disusul terigu yang bergantian dengan cairan. Tekstur buttercake ini cenderung 'berat', beremah dan mengenyangkan ya. Beda dengan spongecake yang lebih ringan. Dengan penggunaan butter, maka tekstur buttercake ini jadi lebih moist dan tidak seret. Tentunya penggunaan jumlah telur juga pengaruh donk ya, misalnya buttercake 2 telur pasti beda teksturnya dengan yang memakai telur lebih banyak. Untuk membuat buttercake lebih lembut bisa juga dengan metode pemisahan putih dan kuning telur. Saya pernah posting juga dulu saat membuat upside down cake. Enak juga.

Kali ini saya maunya yang praktis aja, jadi telur tidak dipisahkan putih dan kuningnya. Bikinnya cepat dan simple, hasilnya pun enak. Perpaduan aroma dan lemon memang selalu saya sukaa. Oh yaa kalau mau lebih spesial bisa pakai lemon glaze yang dibuat dari campuran gula halus dan air lemon. Saya gak pakai karena anak-anak gak suka, jadi sebagai gantinya saya pakai topping almond aja.




LEMON BUTTERCAKE

Bahan :
230 gr butter 
200 gr gula pasir halus (diblender dulu)
4 butir telur utuh
1 kuning telur
1 sdt vanilla
250 gr tepung terigu (saya pakai protein rendah)
1/2 sdt baking powder
60 ml air jeruk
1-2 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)
almond slice secukupnya untuk topping

Cara Membuat :
1. Panaskan oven 170'C, siapkan loyang, alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Campur dan ayak tepung terigu dan baking powder. Sisihkan.
3. Kocok butter dan gula pasir hingga lembut dan berwarna pucat.
4. Masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata dan masukan vanilla.
5. Masukkan tepung berselang-seling dengan air lemon, diawali dan diakhiri dengan tepung ya. Kocok hingga rata.
6. Masukkan lemon zest, aduk hingga rata.
7. Tuang ke dalam loyang, ratakan, taburi dengan almond slice dan hentakkan perlahan untuk mengeluarkan udara dalam adonan.
8. Panggang selama kurang lebih 35 menit hingga matang. Lakukan test tusuk ya.
9. Angkat, balikkan ke cooling rack.

Tuuh gampang kaan. Lumayan lah buat temen ngeteh sore-sore. Eh yaa..kalau bisa pakai full butter ya, biar tambah enak rasanya, tapi kalau gak punya butter, oke laah pakai margarine atau kalau mau dimix juga bisa aja.

Happy Baking...semoga bermanfaat ya ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami