Cara Membuat Resep Empek Empek Palembang Lenjer Asli

Oleh:   Aksara Tanpa makna Aksara Tanpa makna   |   20.19.00


Dikesempatan ini saya akan mengajak teman teman remaja putri dan ibu ibu semua untuk membuat Resep Empek Empek Palembang yang Enak. Mungkin beberapa diantara kita berfikir kenapa harus membuat sendiri. Toh banyak sekali penjual makanan satu ini yang gampang kita jumpai. Tidak hanya di rumah makan dan restarurant yang ada di Mal. Disekita rumah pun dengan mudah bisa kita jumpai penjual Empek empek Kapal Selam, Empek empek Lenjer dan Empek empek Telur. Tetapi apabila teman teman mempunyai sedikit waktu luang, kenapa kita tidak membuatnya sendiri. Disamping lebih hemat, kita juga bisa memastikan bahwa bahan bahan yang digunakannya benar benar terjamin kualitas, kebersihan dan kandungan gizinya.



Bahan bahan Membuat Resep Empek Empek Palembang Asli
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ikang tengiri yang sudah bebas dari duri kurang lebih 500 gram. Bisa juga menggunakan ikan gabus atau ikan belida apabila tidak ada ikan tengiri.
  2. Tepung Sagu sebanyak 250 gram. Gunakan tepung sagu yang mempunyai kualitas paling bagus supaya hasilnya enak.
  3. Telur ayam. Pilih ukuran sedang besar dan gunakan setengah butir telur saja.
  4. Bawang putih lokal yang ukurannya sedang besar. Kupas kulitnya dan siapkan 80 gram untuk kuah nya dan 6 pcs dihaluskan lebut untuk campuran adonan empek empek.
  5. Gula merah aren sebanyak setengah kilogram.
  6. Cabe Rawit 100 gram atau tergantung selera dan tingkat kepedasan yang diinginkan.
  7. Garam dapur beryodium secukupnya.
  8. Asam Jawa kalau ada sedikit saja.
  9. Air bersih matang kurang lebih sebanyak setengah liter.
Cara Membuat Empek Empek Palembang
  1. Ambil wadah untuk adonan Resep Empek Empek nya. Masukkan Daging ikan tengiri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu supaya bisa tercampur sempurna dengan bahan bahan lainnya.
  2. Masukkan garam dan 6 pcs bawang putih nya kedalam wadah adonan. Campur dengan daging ikannya dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Masukkan setengah bagian telurnya dan campur dan aduk lagi dengan bahan bahan lainnya sampai tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  4. Masukkan 250 gram tepung sagunya. Campur dengan semua bahan bahan sebelumnya sampai benar benar rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  5. Ambil sedikit adonan diatas dan buat bentuk memanjang, pendek atau sesuai ide anda sendiri untuk bentuk empek empeknya. Lakukan sampai semua adonan habis.
  6. Siapkan satu tempat untuk merebus adonan yang sudah dibentuk di aras. Beri air secukupnya dan rebus semua adonan pempeknya dalam air yang mendidih sampai matang.
  7. Siapkan satu wadah lagi untuk membuat kuah cukanya.
  8. Masukkan air matang 0.5 liter, gula merah yang sudah dipotong kecil kecil dan asam jawa secukupnya. Rebus sampai mendidih sambil diaduk aduk supaya tercampur rata.
  9. Masukkan garam secukupnya, bawang putih yang sudah dipotong kecil kecil dan garam sesuai selera. Bisa juga ditambahkan cabai rawit sesuai selera. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur. Angkat kuahnya dan saring.
Sebenarnya sampai langkah membuat Resep Empek empek Palembang diatas sudah bisa dinikmati. Tetapi kalau teman teman ingin senasi yang lebih renyah dan gurih, pempek yang sudah direbus tersebut bisa digoreng dengan api sedang sampai matang agak kecoklatan. Sumber http://resepcaramemasak.info/cara-membuat-resep-empek-empek-palembang-lenjer-asli/


Tampilkan Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.

Laman

SPACE IKLAN

Space iklan DISINI
Silahkan hubungi PASANG IKLAN Atau email ke lombahebat@gmail.com Atau wa ke 085759333756

Google+ Badge

Archive

Label

Aneka Ayam Aneka Bubur ANEKA AYAM Aneka Bebek ANEKA BUBUR KOLAK ANEKA CAKE ANEKA CAMILAN Aneka Cemilan Kue ANEKA DAGING Aneka Es Aneka Es Segar ANEKA GORENGAN ANEKA IKAN SEAFOOD ANEKA JAJANAN Aneka Kerupuk Aneka Kue Aneka Kue Basah Aneka Kue Kering ANEKA MAKANAN BAYI Aneka Masakan Daging Aneka Masakan Indonesia Aneka Masakan Padang Aneka Masakan Udang ANEKA MIE PASTA ANEKA MINUMAN ANEKA NASI Aneka Puding Aneka Resep Masakan Indonesia ANEKA ROTI Aneka Salad Aneka Sambal ANEKA SAYUR MAYUR Aneka Soto ANEKA SUP SOTO Aneka Tahu ANEKA TAHU TEMPE ANEKA TELUR Aneka Udang Apple asinan Ayam ayam bakar Ayan Baso Bekal Sekolah bento beras/nasi Birthday blog Bolu Bread Bread Pudding bread/buns brownies Brownies Kukus buah buncis Burger cake Cemilan Cheese Chinese Food chocolate Cilok Bandung coklat Cookies cookies/kue kering Cumi cupcake Daging / Jerohan / Iga daging sapi Daily Menu Dessert donat Education Es Es buah family fillet Fish Free Article Cooking Friendship fruit salad gorengan greentea/matcha Humor Ikan Ikan laut Iklan Info Kuliner Jajanan jajanan indonesia Jajanan Tradisional jualan Juice jus Kaldu kambing keju kentang kepiting Kesehatan Khas Bangka Belitung Khas Betawi Khas Jawa Barat Khas Jawa Tengah Khas Jawa Timur Khas Lampung Khas Makasar Khas Masakan Sayuran Khas Medan Khas Palembang Khas Pati Khas Yogyakarta Kids Meal Klappertaart Kontes SEO kue kue bolu Kue Cubit KUE KUKUS KUE LAINNYA Kue Lebaran KUE PANGGANG Kumpulan Resep Kue labu kuning lauk Lauk Pauk lebaran Lemon Lomba lontong macaroni Makanan Makanan Bandung Makanan Ringan martabak masakan Masakan Daerah Masakan Nusantara Masakan Tradisional Menu Buka Puasa Mie Minuman Mochi molen muffin Nasi Nasi goreng Nasi timbel nasi uduk Nastar Nugget nutella Oats Omelet oseng panggang/bakar pasta pempek Pepes pindang pisang Pisang goreng pizza Puding Ramadhan 2016 Rawon Resep Bolu Resep Cake Resep Gorengan Resep Kue Resep Kue Apam Resep Kue Basah Resep Kue Kering Resep Kue Kukus Resep Kue Panggang Resep Kue Praktis Resep Kue Tradisional Resep Kue untuk Lebaran Resep Luar Negeri Resep Masakan Resep Minuman Review Review Blog roti Salad Sambal Sapi sate Sayur seafood Selada Selai Serba serbi Simple Breakfast siomay snack sosis Soto sour cream Steak Sup tahu Tahu / Tempe teflon telur tempe Teriyaki terong Tim Tips TIPS DAN INFO tips dan trik Tumis tumpeng Tuna ubi udang Waffle water-roux

Translate