Halaman

My Alexa

Rabu, 04 Mei 2016

RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS

RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka Kue Basah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS
link : RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS

Baca juga


RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS

Resep kue talam ubi ungu
Kue kukus tradisional resep kue talam ubi ungu yang lembut bisa menjadi cemilan enak hingga hidangan menu buka puasa favorit. Adapun cara membuat kue talam kukus cukup mudah dan praktis, kue basah yang umumnya terbuat dari bahan baku aneka tepung-tepungan, kali ini menggunakan tepung beras dan tapioka yang dipadukan dengan ubi jalar ungu.
Resep membuat kue talam mawar dan bintang
Kue talam juga termasuk dalam aneka kue jajanan pasar yang masih populer di Indonesia, sehingga cukup mudah ditemukan. Pilihan bahan ubi ungu, selain menambah variasi juga akan membuatnya tampil menarik dengan warna alami yang selaras dengan kelezatan cita rasanya.

Ubi ungu banyak dimanfaatkan untuk makanan sehat karena super kaya kandungan gizi, termasuk anti kanker dan kaya vitamin A. Selain itu, juga menjadi sumber pewarna alami dalam sistem pangan karena pigmen beta karoten dan antosianin yang terkandung tahan terhadap panas dan cahaya.

Takaran resep dapat menghasilkan cukup banyak kue talam ubi ungu, jika menggunakan bermacam bentuk cetakan, pakai mangkuk kecil serta sebagian lagi berbentuk mawar dan bintang menjadi 40 buah kue talam yang enak, manis dan gurih, serta halus dan lembut.
Proses cara membuat kue talam

Resep kue talam ubi ungu

Bahan kue talam ubi ungu :
  • 500 gram (1/2 kg) ubi ungu, rebus hingga matang lalu kupas kulit dan haluskan
  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka (sagu tani)
  • 700 ml santan dari 1 butir kelapa (dibagi dua, sisihkan setengahnya untuk lapisan atas)
  • 150 ml air biasa
  • 250 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
Bahan kue lapisan atas :
  • setengah bagian santan (350 ml)
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung tapioka (sagu tani)
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat kue talam ubi ungu

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir dan garam. Aduk rata, lalu tuang 350 ml santan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan (pakai sarung tangan plastik) agar rata dan tidak bergerindil. Setelah itu, masukkan ubi ungu, remas-remas hingga larut dengan adonan, baru kemudian tuang air dan aduk rata, saring adonan agar tekstur kue menjadi halus dan lembut.
  2. Panaskan kukusan, sambil menunggu kukusan panas, tuang adonan ke dalam cetakan sebanyak 3/4 isi cetakan, selanjutnya kukus selama 15 menit.
  3. Sambil menunggu lagi, kita buat adonan lapisan atas. Siapkan wadah, tuang 350 ml santan, tepung beras, tepung tapioka dan garam, lalu aduk hingga rata.
  4. Setelah 15 menit berlalu, angkat cetakan lalu tuang adonan santan tadi di atasnya hingga penuh atau sekitar 2 sdm. Kukus lagi selama 10 menit atau hingga matang, angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu agar mudah dikeluarkan dari cetakan.

Tambahan tips membuat kue talam

  • Kita bisa memakai aneka cetakan dengan bermacam bentuk, namun sebelum menuangkan adonan basahi dulu cetakan agar kue talam tidak lengket sehingga mudah dikeluarkan.
  • Lapisi tutup kukusan dengan kain serbet supaya tidak ada uap air yang menetes ke adonan saat mengukus.
  • Pastikan kukusan sudah benar-benar panas sebelum memasukkan cetakan berisi adonan kue talam.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami