Halaman

My Alexa

Jumat, 29 April 2016

TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

TAHU GEJROT BELIMBING WULUH - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TAHU GEJROT BELIMBING WULUH, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jajanan Tradisional, Artikel Tahu / Tempe, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TAHU GEJROT BELIMBING WULUH
link : TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

Baca juga


TAHU GEJROT BELIMBING WULUH



Bismillahirrohmanirrohim

Yang selalu jadi favorit saya dan pak suami adalah tahu gejrot. Tahu gejrot adalah makanan khas dari Cirebon. Berupa potongan tahu yang disiram dengan kuah gula merah yang diberi asam jawa dengan bumbu-bumbu yang diuleg kasar. Bumbu-bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Rasanya manis, pedas dan asam...enaaak deh. 

Di daerah tempat tinggal saya kayanya gak ada deh yang jual tahu gejrot, padahal Kediri adalah kota tahu ya. Yang populer tentu saja adalah tahu petis yang memang jadi salah satu makanan khas Kediri. Jadinya kalau pengen tahu gejrot, ya harus bikin sendiri.

Biasanya kalau membuat tahu gejrot saya hanya memakai asam jawa. Naaah kebetulan di tukang sayur ada belimbing wuluh, langsung deh saya kebayang masak garang asem dan tahu gejrot ini. Walaupun sudah memakai belimbing wuluh, saya tetap memakai sedikit asam jawa. 






TAHU GEJROT BELIMBING WULUH

Bahan :
4 kotak tahu, rendam dengan air garam dan goreng dengan minyak yang banyak agar kopong bagian dalamnya, potong-potong
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
300 ml air
3 belimbing wuluh, iris-iris
1 sdt asam jawa, siram dengan  2 sdm air panas, tekan-tekan dan ambil airnya
11/2 sdt garam
1 sdm kecap manis

Bumbu Uleg Kasar :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 cabe rawit (saya pakai yang merah dan hijau)

Cara Membuat :
1. Rebus air, gula merah dan gula pasir, masukkan bumbu uleg kasar.
2. Tambahkan air asam jawa, garam dan kecap manis. Masak hingga mendidih kemudian masukkan belimbing wuluh. Test rasa hingga sesuai selera. Matikan api.
3. Siapkan piring saji, letakkan potongan tahu dan siram dengan kuah gula merah beserta bumbunya. Sajikan

Pedasnya disesuaikan dengan selera aja ya, demikian juga dengan asam manisnya. Yang jelas tahu gejrot enaknya tuh pedaaaas.

Selamat mencoba...semoga bermanfaat ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami