Halaman

My Alexa

Sabtu, 09 April 2016

Resep Membuat CHIFFON CAKE COKLAT Enak

Resep Membuat CHIFFON CAKE COKLAT Enak - Hallo sahabat Kumpulan Aneka Resep Makanan Lezat, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Membuat CHIFFON CAKE COKLAT Enak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Resep Kue, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Membuat CHIFFON CAKE COKLAT Enak
link : Resep Membuat CHIFFON CAKE COKLAT Enak

Baca juga


Resep Membuat CHIFFON CAKE COKLAT Enak



Kembali lagi ke chiffon cake yang "agak coklat" ini ya. Base resepnya saya memakai resep chiffon favorit saya yaitu chiffon cake pandan NCC. Udah pada tau kan resepnya karena resep ini mah udah kondang banget. Dulu saya juga sudah pernah posting juga. Saya tuliskan lagi yang sudah dimodifikasi menjadi chiffon cake coklat.




Bahan Adonan Pasta : 

·         50 gr gula pasir
·         20 gr susu bubuk full cream
·         20 gr maizena
·         140 gr tepung terigu protein sedang
·         1 sdt baking powder double acting (saya pakai baking powder biasa)
·         100 ml minyak sayur
·         100 ml susu cair
·         140 gr kuning telur (kurang lebih dari 9 kuning telur)
·         1 sdt pasta coklat

Bahan Adonan Putih Telur : 

·         300 ml putih telur (kurang lebih dari 9 putih telur)
·         150 gr gula pasir
·         1/2 sdt garam halus
·         1 sdt air perasan lemon / jeruk nipis

Cara Membuat : 

  1. Panaskan oven 150'C, siapkan loyang chiffon tanpa dioles apapun. Masukkan loyang chiffon ke dalam oven sementara oven dipanaskan. 
  2. Adonan Pasta : Campur dan ayak susu bubuk, maizena dan tepung terigu kemudian campur dengan gula pasir dan baking powder. Aduk hingga rata kemudian buat lubang di tengahnya, tuang kuning telur dan aduk searah dari arah dalam menggunakan hand whisk sambil dituangi minyak sayur dan susu cair
  3. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus kemudian masukkan pasta coklat. Aduk hingga rata. Sisihkan. 
  4. Adonan Putih Telur : Kocok putih telur, gula pasir, garam dan air lemon hingga soft peak (bila gagang mixer diangkat, akan membentuk jambul tumpul). 
  5. Tuang 1/3 bagian adonan putih telur ke adonan pasta, aduk balik menggunakan spatula hingga rata kemudian tuang kembali ke adonan putih telur. Aduk rata. 
  6. Keluarkan loyang chiffon dari oven, percikkan sedikit air ke dinding loyang kemudian tuang adonan. 
  7. Panggang selama kurang lebih 70-90 menit (tergantung masing-masing oven ya) hingga matang dan kokoh. Lakukan test tusuk dan tekan perlahan permukaan cake, apabila ketika ditekan permukaannya kembali membal berarti sudah matang. 
  8. Keluarkan loyang dari oven dan segera balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang. Apabila menggunakan loyang tulban biasa bisa disangga dengan menggunakan botol. Biarkan loyang dalam keadaan terbalik hingga benar-benar dingin. 
  9. Setelah dingin, keluarkan chiffon cake dari loyangnya. Sajikan. 

Note :  

  • Karena ukuran telur yang berbeda, lebih baik putih dan kuning telur yang dipakai ditimbang aja ya. 9 telur yang saya gunakan dalam chiffon cake ini adalah telur ukuran standar. - Loyang chiffon ikut dipanaskan dalam oven agar rapat di bagian bongkar pasangnya sehingga adonan tidak merembes keluar. Apabila memakai loyang tulban biasa tidak perlu dipanaskan ya


0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Kami